alat musik bali

8 Alat Musik Bali Tradisional Lengkap Gambar, Penjelasan & Fungsinya

Alat Musik Bali – Tidak hanya populer dengan keindahan tempat wisatanya saja, tetapi juga mempunyai sejarah menarik mengenai alat musik Bali yang tradisional. Sebagai pulau yang identik dengan nuansa hindu ditambah kebudayaan yang sangat kental ternyata memiliki jenis alat musik yang dapat dikatakan cukup langka. Seni musik sangatlah integral dalam kehidupan di Denpasar, terutama untuk umat Hindu.

Sebagian besar wisatwan yang mengunjungi Bali untuk melihat instrumen tradisional, kemudian mengetahui cara menggunakannya. Musik di Bali menjadi salah satu bentuk tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya yang memiliki sifat fungsional berkaitan dengan pandangan hidup dan falsafah kehidupan di Bali.

Nah, contoh alat musik yang paling tua di kota Denpasar yaitu Angklung, Gambang, Gong Bhari, Gender Wayang, dan Genggong Bali dengan suara khas tersendiri dari setiap alat musik tradisionalnya. Alat musik tersebut memiliki kesamaan dengan alat musik tradisional lainnya yang memiliki tekhnik khas dalam cara penggunaannya.

Macam-Macam Alat Musik Bali

alat musik bali

thegolfclub.info

Sudahkah Anda mengetahui macam-macam alat musik tradisional yang ada di Bali? Untuk mengetahui lebih detailnya maka simak beberapa contoh alat musiknya di bawah ini.

Alat Musik Genggong

Alat Musik Genggong Bali

bobo.gird.id

 

Kenalilah jenis alat musik Bali yang pertama yaitu Genggong yang memiliki suara getaran cukup unik dan menarik. Jadi, keunikan dari alat musik tradisional ini tidak hanya dari hasil suaranya saja, tetapi cara memainkannya juga cukup unik. Nah, cara memainkannya yaitu dapat dilakukan dengan memanfaatkan rongga mulut orang agar Genggong dapat berbunyi, jadi hampir mirim seperti resonator.

Alat musing genggong dapat dibunyikan dengan cara yanggem atau mengulum yaitu meletakkan jari tangan kiri dengan memegang ujung alat di sebelah kirinya kemudian menggunakan tangan kanan untuk menggenggam tangkai bambbu kecil yang sudah terhubung dengan tali benang dengan ujung alat yang ada di sebelah kanan.

Kegunaan dari alat musik Genggong ini yaitu dapat digunakan sebagai sarana hiburan dalam acara pernikahan dan yang lainnya.

Baca juga » Maca-Macam Alat Musik Ritmis

Alat Musik Pereret

 

Alat Musik Pereret Bali

nasabamedia.com

Untuk jenis alat musik Bali yang kedua memiliki nama Pereret yaitu sejenis dengan alat musik modern yang dibuat dari bahan kayu dengan bentuk cukup menarik. Alat musik ini dikenal sebagai alat musik pengasih asih karena digunakan oleh perjaka untuk memikat hati wanita.

Kegunaan pereret Bali hingga sekarang ini digunakan untuk mengiringi kesenian Sewo Gati yang masih dilestarikan. Apabila ingin menjumpai jenis dari alat musik yang satu ini maka bisa mengunjungi daerah Jembrana.

Untuk cara penggunaannya juga sangatlah mudah yaitu sama dengan penggunaan alat musik terompet yaitu hanya dilakukan dengan meniupnya maka akan menghasilkan suara yang sangat ritmes. Alat musik tradisional yang satu ini masih sangat mudah dijumpai di berbagai daerah di Bali.

Baca juga » Alat Musik Maluku

Alat Musik Ceng-Ceng

 

Alat Musik Ceng-Ceng Bali

dictio.id

Kenali alat musik Ceng-Ceng Bali yang menjadi bagian paling utama untuk jenis alat musik gamelan di Bali. Nah, ceng-ceng ini terbuat dari enam buah logam bundar yang terdapat di bagian bawah dan juga ada dua logam bundar yang berada diatasnya. Sebagai jenis alat musik petik ternyata banyak yang menyebut ceng-ceng Bali, seperti kura-kura.

Tetapi bentuk alat musik ini yang menyerupai kura-kura tersebut memang memiliki nilai magis yang sangatlah kuat. Tak perlu khawatir alat musik tradisional ini dapat dimainkan secara mudah yaitu dengan memukulkan bagian logam bundar di atas dengan bagian logam bundar yang ada di bawah.

Logam atas dengan bawah ketika dipukul secara bersamaan pastinya memang akan menghasilkan suara yang sangat ritmis sebagai alat musik tradisional.

Baca juga » Alat Musik Betawi

Rindik Bali

Rindik Bali

negerikuindonesia.com

Rindik Bali menjadi salah satu jenis alat musik terbuat dari bambu yang memiliki alunan nada Selendro. Untuk cara memainkannya bisa dilakukan dengan cara dipukul. Banyak yang menyebutkan rindik Bali merupakan angklung. Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang hampir mirip dengan angklungi.

Nah, untuk jenis alat musik Bali ini ternyata dapat dimainkan oleh pemain yang berjumlah 2 sampai 5 orang dengan peran yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang menabuh rindik yang berfungsi sebagai seruling atau gong pulu.

Banyak yang mengenal rindik Bali sebagai alat musik penghibur para petani yang ada di sawah. Seiring berjalannya waktu sekarang ini alat musik rindik digunakan sebagai alat musik untuk pengiring hiburan rakyat ‘Joget Bumbung’. Dengan begitu rindik juga digunakan sebagai alat musik pelengkap dalam hiburan acar pernikahan ataupun resepsi lainnya untuk menyambut tamu.

Gamelan Bali

Gamelan Bali

romadecade.org

Gamelan merupakan alat musik tradisional khas Denpasar, yang memiliki banyak perbedaan dengan alat musik gamelan lainnya yang ada di berbagai daerah. Nah, gamelan biasanya digunakan sebagai pengiring untuk pertunjukan kesenian yang ada di Bali, bahkan untuk berbagai acara yang sifatnya sangat sakral.

Walaupun, perkembangan zaman semakin modern tetapi Gamelan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat karena fungsi dari alat musik Gamelan digunakan untuk mengiringi upacara keagamaan dan digunakan untuk acara hiburan lainnya.

Dari dulu hingga sekarang ini penggunaan gamelan Bali memang sangat banyak dengan fungsi ketradisionalannya yang tidak pernah bisa dihilangkan.

Gong Bali

Gong Bali

tribunnews.com

Kenali pula jenis alat musik yang sudah ada sejak abad ke 13 dan 14 yaitu Gong Bali yang memiliki keterikatan antara sejarah. Jenis alat musik yang satu ini dapat dijumpai di berbagai kuil-kuil kerajaan Hindu. Sebagai jenis alat musik pukul yang terbuat dari logam ternyata bisa dibunyikan dengan cara  memukul tepat di bagian tengahnya yang ada benjolannya.

Bentuk dari jenis alat musik gong juga sangatlah bervariasi sehingga dapat menghasilkan suara yang juga sangat bervarian.

Alat Musik Gerantang

Gerantang Bali

instazu.com

Gerantang menjadi salah satu jenis alat musik tradisional yang memiliki bilah bambu mendatar yang dapat dimainkan oleh dua buah perangkat pemukul seperti Gambang tradisional dari Jawa. Biasanya alat musik tradisional Gerantang digunakan dalam kegiatan Gamelan Kelentang dan Angklung. Banyak yang menyamakan gerantang dengan alat musik Rindik.

Alat musik tradisional ini juga seringkali digunakan untuk mengiringi kesenian Cupak Gerantang yang menceritakan dua tokoh kakak beradik dengan cupak yang memiliki sifat buruk, sedangkan gerantang menjadi tokoh dengan sifat yang baik.

Baca juga » Alat Musik Papua

Alat Musik Seruling

Seruling Bali

dapurethnic.com

Seruling juga menjadi salah satu jenis alat musik yang bentuknya hampir sama dengan seruling dari daerah lainnya yang dibuat dari bambu dengan 6 buah lubang untuk mengatur nada. Hasil suara ritmisnya juga sama seperti seruling pada umumnya sehingga alat musik tradisional ini sudah hampir dikenal orang dari semua daerah.

Tentunya cara memainkan seruling juga sangatlah mudah, hampir sama untuk semua jenis seruling dari daerah yang ada di Indonesia yaitu dengan cara ditiup yang dapat dilakukan dengan bernafas melalui hidung secara bersamaan kemudian mengeluarkannya lewat mulut untuk menyimpan udara yang tersimpan di dalam pipi.

Leave a Reply