Sukong Betawi

9 Alat Musik Betawi Lengkap Gambar, Penjelasan & Fungsinya

Alat Musik Betawi – Masyarakat Betawi merupakan salah satu suku di Indonesia yang penduduknya asli orang Jakarta yang memiliki kebudayaan dan kesenian yang masih terjaga hingga sekarang ini. Salah satunya yaitu penggunaan alat musik Betawi yang masih banyak digunakan untuk berbagai acara adat yang ada di Betawi ataupun digunakan dalam acara hiburan pernikahan dan yang lainnya.

Penggunaan alat musik Betawi tersebut ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Jakarta. Hal tersebut tentunya dikarenakan alat musik yang ada di sana memang belum modern, dengan sifatnya yang masih tradisional justru malah sangat menarik bagi orang yang belum mengetahuinya.

Apabila tertarik untuk mengetahui alat musik Betawi maka sebaiknya kunjungilah daerah di DKI Jakarta yang memang masih sangat kental dengan  adat istiadat sehingga alat musik tradisionalnya masih digunakan untuk berbagai acara. Dengan begitu maka akan menambahkan ilmu pengetahuan tersendiri untuk Anda.

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Betawi

Sudahkah mengenali berbagai macam-macam alat musik Betawi? Ini dia seputar informasinya untuk Anda yang dapat digunakan informasi tambahan untuk mengatahui seputar kesenian di DKI Jakarta.

Baca juga » Alat Musik Ritmis

Alat Musik Gambang Kromong

Gambang Kromong

budayajawa.id

Gambang Kromong merupakan salah satu orkes alat musik betawi yang merupakan perpaduan dari dua benda Gambang dan Kromong yang sering ditunjukkan dalam sebuah pementasan kesenian musik Betawi. Alat musik ini dianggap sebagai bukti toleransi untuk sesama yang bernuansa Tionghoa seperti Sukong, Kongahyan, dan Tehyan.

Nah, kesenian musik Betawi ini sudah merata ke seluruh daerah di DKI Jakarta yang masih kental dengan unsur kebudayaan Cina dan Betawi. Gambang Kromong ini terdiri dari berbagai jenis alat musik seperti gambang, bonang, panerus, dan perangkat lainnya yang mampu menghasilkan suara ritmis.

Alat Musik Marawis

Alat Musik Marawis

sentra-rebana.com

Marawis menjadi salah satu alat musik Betawi yang juga masih dilestarikan Betawi ataupun kalangan masyarakat DKI Jakarta. Nah, alat musik yang satu ini dapat digunakan untuk memperingati berbagai acara untuk keagamaan ataupun perayaan hari besar tentu dalam jumlah pemain yang cukup banyak.

Bahkan, marawis juga seringkali digunakan untuk mengiringi proses perkawinan untuk suku Betawi. Marawis memang hampir sama dengan alat musik rebana, bahkan cara penggunaannya juga tak jauh berbeda yaitu dipukul menggunakan tangan tangan.

Dalam pertunjukan marawis biasanya diiringi dengan nyanyian oleh para pemainnya. Nah, penggunaan atribut untuk para pemainnya terdapat peci, ondel-ondel, dan seragam sehingga membuat pertunjukkannya semakin menarik dan meriah.

Alat Musik Tanjidor

Alat Musik Tanjidor Betawi

twitter.com

Tanjidor merupakan alat musik tradisional Betawi yang berjenis orkes, hampir sama dengan alat musik Grambang Kromong sejak abad ke-19 oleh usulan Mayor Jantje di daerah Citeureup. Selain di Jakarta, ternyata Anda juga dapat menjumpai alat musik Tanjidor di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.

Awalnya Tanjidor merupakan sebuah grup musik Tangsi yang dimainkan penduduk Jakarta sebagai alat musik hiburan pribadi. Nah, kini memang cukup sulit menjumpai alat musik orker Tanjidor di kota DKI Jakarta. Jadi, penggunaannya hanya di sekitar daerah yang masih kental dengan adat dan tradisi betawi.

Ketahui pula bahwa Tanjidor juga dijadikan sebagai alat musik pengiring ondel-ondel yang juga dikenal sebagai kesenian betawi.

Baca juga » Alat Musik Bali

Alat Musik Kemong

Alat Musik Kemong Betawi

budayajawa.id

Kemong juga menjadi alat musik betawi yang masih sering digunakan. Bentuk alat musik ini yaitu hampir mirip dengan gong. Perbedaannya hanya terletak pada ukurang kemong yang lebih kecil, tetapi mempunyai jumlah yang cukup banyak dari setiap barisnya. Nah, ketahuilah bahwa Kemong memiliki umur yang cukup lama sebagai salah satu jenis orkes dalam kesenian Gambang Kromong.

Untuk cara memainkan alat musik yang satu ini juga sangat mudah yaitu dengan cara dipukul menggunakan tongkat yang dibagian ujungnya sudah dilapisi dengan kain dan karet yang memiliki suara berbeda dalam setiap baris dan rangkaiannya. Nah, selalu dapat digunakan dalam pertunjukan musik untuk perayaan khusus masyarakat Betawi.

Alat Musik Gendang

Alat Musik Gendang Betawi

nasebamedia.com

Gendang dikenal sebagai alat musik yang sangat populer, perannya menjadi alat musik tradisional ternyata mampu menghasilkan suara ritmis untuk berbagai acara besar sebagai media hibuean ataupun kesenian tradisional. Tak banyak yang mengetahui bahwa gendang juga merupakan alat musik tradisional asal betawi.

Cara memainkan gendang juga sangatlah mudah yaitu memukul di setiap ujung sisi dari alat musik tersebut. Ketika melihat orang memainkan gendang memang terkesan cukup mudah, tetapi sebenarnya untuk menyeimbangkan ritmes suaranya membutuhkan cara khusus. Hal tersebut dikarenakan pemukulan gendang harus menghasilkan ketukan yang seirama.

Dari cara permainanyang cukup sulit tersebut ternyata memang memberikan kesan estetika tersendiri pada alat musik gendang sehingga hampir secara mayoritas banyak sekali kesenian bernuansa adat yang menggunakan alat musik gendang.

Alat Musik Gender

Gong betawi

silontong.com

Kenali pula bahwa Gender merupakan salah satu perangkat dari alat musik gamelan yang juga memiliki cara dipukul. Alat musik yang satu ini terdiri dari 10 hingga 14 bilah dalam satu baris sehingga dapat menghasilkan suara yang sangatlah bervariasi. Banyak yang menyatakan fungsi utama alat musik ini untuk memberikan isyarat kepada penyanyi.

Ketika ketukan gender sudah dimulai berarti hal tersebut menandakan penyanyi untuk bernyanyi. Gender juga dapat dijadikan sebagai iringan musik rebab yang bisa menghasilkan suara ritmes sangat indah. Nah, alat musik yang satu ini juga dapat memimpin jalannya lagu yang akan dibawakan oleh penyanyinya.

Baca juga » Alat Musik Maluku

Gong Betawi

Gong betawi

silontong.com

Gong dikenal sebagai alat musik yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Jawa, termasuk Betawi. Nah, sebagai alat musik tradisional Gong juga memiliki cara penggunaan yang sangatlah mudah yaitu dipukul pada bagian dua sisi yang menonjol di bagian permukaan depannya.

Gong juga digunakan untuk mengiringi orkes musik yang bisa juga dimainkan dalam upacara kematian. Ketahui juga bahwa Gong dapat menghasilkan bunyi yang khas sehingga dapat memberikan nilai tersendiri untuk para pendengarnya. Tak hanya itu, alat musik tradisional ini juga bisa digunakan sebagai pengiring pada acara perkawinan yang menggunakan tema adat Jawa.

Gambus Betawi

gambus betawi

malahayati.ac.id

Gambus merupakan salah satu jenis alat musik orkes di Betawi yang biasanya memang ditampilkan dalam sebuah acara pesta perkawinan dengan penyanyi perempuan ataupun laki-laki. Nah, orkes gambus pada umumnya memang memainkan lagu-lagu gambus dengan nuansa lirik religus.

Sampai saat ini memang sangat banyak pertunjukkan gambus di sekitar daerah Betawi. Dengan demikian pastinya akan semakin memudahkan generasi muda jaman sekarang lebih mengenal alat musik gambus.

Sukong Betawi

Sukong Betawi

budayajawa.id

Sukong dikenal sebagai alat musik betawi melodi dalam sebuah pementasan, bentuk sukong hampir mirip seperti rebab dari Arab yang memiliki ukuran lebih kecil. Cara menggunakan sukong sangatlah mudah yaitu bisa dilakukan dengan digesek dan dipetik. Nah, alat musik dengan dawai ini memiliki jumlah 2 buah.

Ketahui juga bahwa Sukong dalam kesenian gambang kromong memiliki fungsi sebagai Bass karena dapat menghasilkan suara yang sangatlah unik dengan tambahan nada dasar G. Penggunaan dari alat musik ini termasuk dalam gambang kromong.

 

Leave a Reply