alat musik biola

10 Alat Musik Harmonis Lengkap Gambar, Penjelasan dan Fungsinya

Alat Musik Harmonis – Alat musik merupakan jenis intrumen yang menghasilkan nada. Nada yang dihasilkanpun berbeda-beda mulai dari nada yang keras, pelan maupun yang menggambarkan suasana yang harmonis ataupun yang lainnya. Banyak orang yang mencari alat musik yang bisa membuat suasana harmonis yang cocok untuk pesta ataupun yang lain.

Setiap daerah memiliki berbagai macam alat musik dan namanyapun berbeda-beda. Indonesia sendiri merupakan negara yang terdiri dari tiga puluh empat wilayah yang hampir di setiap daerah memiliki alat musik yang khas. Bahkan terkadang ada wilayah yang memiliki alat musik lebih dari satu jenisnya.

Alat musik juga dibedakan menjadi dua yaitu alat musik tradisional dan alat musik modern. Perkembangan dan kemajuan teknologi sekarang ini menuntut masyarakat harus lebih kreatif, salah satunya dengan menciptakan alat musik yang modern namun tidak meninggalkan aspek tradisional dan kekhasan daerah tersebut.

Maca-Macam Alat Musik Harmonis Modern

Pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa alat musik harmonis yang terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat dengan nilai keindahan yang berbeda-beda. Penasaran apa saja ? yuk, simak berikut ini.

Alat Musik Gitar

gitar

mydukkan.com

Siapa yang tidak tahu jenis alat musik yang satu ini. yah, pasti sudah sering melihat bahkan menggunakannya kan. Gitar merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dan juga menghasilkan nada yang melodis. Banyak juga kaum perempuan yang bisa menggunakan alat musik yang satu ini.

Pada sebuah band biasanya akan ada dua orang yang memainkan gitar, nah dua orang tersebut akan dibagi pembagian nada yang harmonis dan melodis. Fungsi kedua gitar inipun berbeda, jika nada harmonis untuk pengiring lagu dan nada melodis untuk pengisi lagu.

Cara memainkan kedua gitar tersebut juga berbeda. Jika gitar harmonis dimainkan dengan cara menekan sejumlah senar kemudian memetiknya secara bersamaan sedangkan gitar melodis dimainkan dengan cara memetik sinar gitar satu persatu. Semuanya mudah untuk dilakukan jika kita mau belajar.

Baca juga » Alat Musik Ritmis

Alat Musik Harpa

harpa

dictio.com

Alat musik yang satu ini menghasilkan suara yang halus dan menenangkan sehingga harpa disebut sebagai alat musik harmonis yang modern. Harpa harusnya dimainkan secara individu namun tidak sedikit sekarang ini banyak yang memainkan harpa untuk mengiringi lagu.

Cara memainkan alat musik yang satu ini dengan memetik dawainya satu persatu atau juga bisa langsung memetik tiga dawainya secara bersamaan. Anda boleh memilih teknik mana yang akan digunakan untuk memainkan harpa karena sama-sama akan menghasilkan alat musik yang indah.

Alat Musik Sasando

sasando

romadecade.ord

Sasando merupakan alat musik yang berasal dari Suku Rote teptnya di Nusa Tenggara Timur dan termasuk jenis alat musik yang harmonis tradisional. Tidak seidikit orang yang ingin belajar menggunakan alat musik yang satu ini, namun perlu kesabaran agar bisa memainkan alat musik yang stau ini.

Cara memainkan sasando ini hampir sama dengan gitar maupun harpa yaitu dengan memetik senar atau dawainya. Untuk menghasilkan nada yang indah, anda bisa melakukannya dengan memetik senar atau dawai sasando bertiga atau lebih secara bersamaan.

Sebagai masyarakat Indonesia kita harus membudayakan dan menggunakan alat-alat musik yang ada di daerah kita. Jika generasi muda tidak mau melakukannya maka tidak akan ada lagi penerusnya dan akan mengakibatkan lama-kelamaan alat musik tersebut hilang.

Saxophone

Alat Musik Saxophone

amazon.com

Jika tadi kita sudah membahas alat musik yang dimainkan secara dipetik sekarang kita akan membahas alat musik yang dimainkan dengan ditiup. Alat musik yang satu ini biasanya digunakan dalam pertunjukan musik jazz sehingga lebih sedikit susah untuk dimainkan.

Saxophone merupakan jenis alat musik harmonis yang modern. Nada yang dihasilkan akan sangat indah jika kita memainkannya dengan menekan beberapa tuts secara bersamaan menggunakan jari. Jadi tidak hanya ditiup saja cara memainkannya itulah yang membuat alat ini lebih susah dimainkan dari pada yang lain.

Alat Musik Sampek

Alat Musik Sampek

carabermainmusik.com

Alat musik yang selanjutnya adalah alat musik Sampek. Yah, Sampek merupakan jenis alat musik yang berasal dari Suku Dayak tepatnya di wilayah Kalimantan. Alat musik ini termasuk jenis alat musik harmonis tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik.

Alat musik ini akan menghasilkan nada yang indah apabila dimainkan dengan cara memetik tiga dawainya secara bersamaan. Sampek juga dimainkan secara melodis yaitu dengan diaminkan secara satu persatu memetik dawainya. Biasanya alat musik ini dimainkan pada saat pergelaran kesenian tradisional.

Cemplung dan Siter

Cemplung dan Siter

kotamanusia.wordpress.com

Cemplung dan siter ini merupakan alat musik yang berasal dari daerah Jawa. Biasanya alat musik ini dimainkan pada saat pertunjukan gamelan Jawa. Bentuk kedua instrumen alat musik ini hampir mirip dengan alat musik kecapi.

Perbedaannya dengan alat musik kecapi yaitu senar cemplung dan siter ini lebih sedikit dibandingkan dengan kecapi. Nada harmonis yang dihasilkan dari alat musik cemplung dan siter ini tergantung dari bagaimana seseorang memainkannya dengan baik.

Alat Musik Piano

alat musik piano

dictio.com

Alat musik yang satu ini sudah sering kita lihat bukan ? yah, piano merupakan alat musik modern yang juga sudah banyak digunakan. Piano biasanya dimainkan untuk mengiringi lagu seperti acara perpisahan, perlombaan ataupun yang lainnya dan juga dimainkan pada saat pertunjukan musik klasik.

Jika tune piano dimainkan satu persatu maka akan menghasilkan nada melodis namun jika dimainkan secara bersamaan akan menghasilkan nada yang harmonis. Jika kita bisa memainkan piano dengan baik dan benar maka nada yang dihasilkan akan sangat indah.

Alat Musik Pianika

alat musik pianika

tokopedia.com

Banyak yang mengatakan kalau pianika merupakan alat musik yang hampir sama dengan piano. Perbedaannya adalah cara memainkan pianika yaitu dengan menekan pipa pada ujung pianika. Hal tersebut dilakukan agar ada bantuan dorongan udara dari tiupan pianika.

Pianika ini merupakan jenis alat musik harmonis modern. Untuk dapat menghasilkan nada yang indah dan tepat, pemain pianika harus berlatih pernapasan agar bisa menghasilkan tone yang panjang.

Alat Musik Bonang

alat musik bonang

kamerabudaya.com

Jika tadi kita sudah membahas alat musik yang dimainkan dengan dipetik dan ditiup sekarang kita akan membahas alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Bonang merupakan alat musik yang berasal dari daerah Jawa dan Bali. Alat musik ini termasuk alat musik tradisional.

Alat musik ini baisa dimainkan pada saat pertunjukan pergelaran gamelan. Pemain akan memukul gong-gong menggunakan alat pemukul yang berbalut kain dan karet. Tiap suara yang dihasilkan dari pukulan gong-gong akan terdengar sangat rapi.

Biola

alat musik biola

carabermnainmusik.com

Biola merupakan alat musik harmonis yang biasanya dimainkan pada saat pergelaran orkestra, genre pop, genre jazz dan juga musik klasik. Kebanyakan pemain biola adala wanita jika ada yang pria itu sedikit. Pemain biola dinamakan sebagai violinist. Biola dimainkan dengan cara digesek dan terdiri dari empat senar.

Sekian, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply