Alat Musik Akordeon

10 Alat Musik Jambi Lengkap Gambar, Penjelasa dan Fungsinya

Alat Musik Jambi – Kali ini kita akan membahas alat musik yang ada di daerah Sumatera tepatnya di kota Jambi, Indonesia. Yah, Jambi merupakan kota yang terkenal dengan budaya kunonya dan juga daerah yang memiliki kemajuan dalam bidang perekonomian baik dari sumber daya manusiannya maupun sumber daya alamnya.

Dahulu Jambi merupakan bagian dari kerajaan melayu yang berpusat di sepanjang sungai Batang. Seiring dengan berjalannya waktu, kesenian tradisional banyak dilupakan oleh sebagian masyarakat dengan datangnya budaya dari luar. Padahal kita tahu seni di Indoensia sangat banyak dan beragam.

Ketidakmauan masyarakat untuk melestariakan kesenian budaya mereka membuat mereka juga minim pengetahuan akan budaya yang da di lingkungan mereka. Nah, berikut ini kita akan mencoba mengulas alat musik Jambi baik yang tradisional maupun yang modern.yuk, simak berikut ini.

Baca juga » Alat Musik Ritmis

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Jambi

Alat Musik Kompangan

Alat Musik Jambi Kompangan

ibnuasmara.com

Kompangan merupakan alat musik yang dimainkan bersama dengan orang yang sedang memainkan rebana. Bisanya orang yang memainkan alat musik ini berkisar 8 sampai dengan 15 orang. Alat musik ini juga dimainkan dengan diikuti syair-syair islami.

Alat musik ini terbuat dari bahan kulit kambing dn merupakan alat musik yang dulunya berasal dari Arab yang dibawa oleh kawasan tanah melayu pada saat kerajaan kesultanan Malaka. Kompangan ini hampir sama dengan rebana hanya ukuran kompangan lebih kecil dan pipih.

Selain itu,kata kompang juga diyakini berasal dari Parsi yang digunakan untuk menyambut kedatangan Rasululloh SAW dan juga untuk memberi semangat kepada tentara-tentara islam yang sedang berperang. Itulah mengala alat musik ini dikenal dengan alat musik yang islami.

Alat Musik Sekdu

Alat-Musik-Sekdu

alatmusik.org

Seksu merupakan alat musik tradisional yamng dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini dibuat dari bahan bambu dengan diameter berkisar 1 sampai dengan 2 cm. Pada bagian peniup sekdu juga terbuat dari bahan kayu yang disebut dengan kleep.

Nada yang dihasilkan dari alat musik sekdu adalah nada do, re, mi, sol dan la. Inilah yang disebut sekdu menjadi alat musik selendro. Alat musik ini biasanya dimainkan oleh masyarakat melayu pada saat pelaksanaan upacara adat. Sekdu biasanya dimainkan oleh masyrakat Melayu Tua ketika upacara adat.

Alat Musik Serangko

Alat Musik Serangko

mepow.net

Serangko merupakan alat musik tradisional yang hampir sama dengan alat musik gambus dari Jambi. Alat musik ini dibuat dari bahan tanduk kerbau yang panjangnya mencapai 1 hingga 1,5 meter. Bisa dibayangkan kan seberapa panjang alat musik yang satu ini ?

Pada zaman dahulu serangko biasanya digunakan oleh komandan perang untuk memebrikan sinyal atau arahan pada prajuritnya. Selain itu, alat musik ini juga biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk memberitahukan ada bahaya di sekitar seperti orang meninggal dan lainnya.

Alat Musik Serdam

Alat Musik Serdam

majalahlampung.com

Alat musik yang satu ini akan menghasilkan suara yang sendu dan juga berirama. Biaasanya alat musik ini dimainkan ketika pemain serdam sedang merasa sendiri dalam keadaan sedih untuk menghibur dirinya sendiri. Serdam juga biasa dimainkan sebagai pengiring solis. Serdam memiliki bunyi yang unik dan indah dan biasa dimainkan pada saat tradisional Melayu.

Serdam etrbuat dari bahan bambu yang berbentuk bulat dengan diameter 1 sampai dnegan 1,5 cm dengan panjang mencapai 25-26 cm. Alat musik ini juga memiliki lubang yang jarak masing-masing lubangnya berkisar 2 cm dan juga jarak antara klep pertama dan klep kedua 2 cm.

Alat Musik Akordeon

Alat Musik Akordeon

citraintirama.com

Akordeon merupakan alat musik yang bentuknya kecil dan dimainkan dengan cara digantungkan di badan. Alat musik ini merupakan sejenis alat musik organ yang ditemukan oleh Buschmaan dan Berlin. Alhamdulillah, alat musik ini masih banyak dimainkan oleh masyarakat Jambi.

Cara memainkan alat musik yang satu ini adalah dengan menekan tombol-tombol akor dengan jari kiri sedangkan jari tangan kanannya untuk menekan melodi lagu yang dibawakan. Biasanya pemain yang sudah profesional memainkan alat musik ini akan bergantian jari-jarinya dalam memainkannya.

Alat Musik Cangor

Alat Musik Cangor

semuatentangprovinsi.blogspot.com

Cangor merupakan alat musik yang berasal dari Jambi yang dimainkan dengan cara di pukul. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu dan merupakan alat musik tradisional. Alat musik ini biasa dimainkan oleh para petani ketika melepas lelahnya di sawah ketika selesai melakukan pekerjaannya.

Alat Musk Gambus

Alat Musik Gambus

silontong.com

Gambus merupakan alat musik yang bentuknya menyerupai gitar dengan bagian belakang yang agak cembung. Pada bagian badan gambus akan ada sembilan senar yang diikatkan pada penampang bagian ujung gagang serta lubangnya ada tiga buah lubang.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik seperti mandolin. Biasanya suku Melayu memainkan alat musik ini untuk bersenandung dengan cara memainkan tali senarnya. Ada juga gambus yang memiliki tiga senar yang paling banyak adalah sembilan senar.

Alat Musik Marawis

Alat Musik Marawis Jambi

sentra-rebana.com

Jika tadi kita sudah membahas alat musik yang lebih kecil dengan rebana sekarang kita akan membahas alat musik yang bentuknya hampir sama dengan rebana namun ukurannya lebih besar. Biasanya alat musik dimainkan dengan cara berkelompok bahkan sudah ada band marawis.

Musik yang dihasilkan dari alat musik ini merupakan gabungan dari kesenian Timut Tengah dan betawi. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan lagu yang islami karena kebanyakan lirik lagu yang dibawakan memiliki arti pujian kita kepada Alloh Subhanahu Wata’ala.

Alat musik Marawis ini memiliki unsur keagamaan yang sangat kental ketika dimainkan. Jadi jika kita dahulu hanya mengenal bentuk marawis yang sederhana sekaramg sudah ada bentuk marawis yang dibuat dengan modern dan unik yang biasanya digunakan oleh band marawis.

Rebana Sike

Alat Musik Rebana Sike

alatmusikindonesia.web.id

Rebana, yah pasti kita sudah tidak asing lagi mendengar kata ini. Hampir semua daerah khususnya Jawa di Indonesia yang terdapat alat musik rebana. Namun, berebda dengan rebana yang berasal dari Jambi yatu bernama rebana sike. Alat musik ini terbuat dari kayu dan juga kulit.

Sike sendiri diambil dari kata zikir. Biasanya masyarakat Kerinci menggunakan rebana sike ini untuk ditampilkan pada saat acara pernikahan, kenduri, syukuran ataupun yang lainnya. Bentuk rebana sike hampir sama dengan rebana pada umumnya yang berbeda adalah cara dan pada saat memainkan alat musik ini.

Puput Kayu

Alat Musik Puput Kayu

tradisikita.my.id

Puput kayu merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini hampir sama dengan alat musik serunai yang dilengkapi dengan lidah-lidah sebagai alat bantu tiup. Alat musik ini baiasa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu ataupun tarian pada saat tampil.

Berikut 10 alat musik yang ada di Jambi baik yang masih sering dimainkan maupun yang sudah jarang dimainkan. Semoga kita bisa menjaga dan melestarikan seni dan budaya yang ada di wilayah kita sehingga generasi yang akan datang masih bisa melihat, menikmati bahkan memainkan alat musik tersebut.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian terimakasih.

Leave a Reply