alat musik lampung

8 Alat Musik Lampung Lengkap Gambar, Penjelasan dan Fungsinya

Alat Musik Lampung – Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau yang luas dan juga terkenal dengan suku dan budaya yang beragam. Keberagaman itulah yang membuat setiap wilayah juga memiliki kesenian dan kekhasan tersendiri yang pastinya berbeda. Apakah ada sudah melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada di sekitar ?

Sumatera merupakan salah satu pulau terluas di Indonesia yang Ibu Kotanya terletak di Bandar Lampung. Kali ini kita akan membahas alat musik yang ada di daerah Lampung karena pulau Lampung merupakan pulau yang memiliki banyak kesenian dan tentunya dilengkapi dengan alat-alat yang mengiringinya.

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Lampung

alat musik lampung

malahayati.ac.id

Alat-alat musik sekarang ini sudah tidak hanya tradisional saja tetapi juga modern hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin maju. Biasanya alat musik ini akan dimainkan untuk mengiringi tarian, nyanyian ataupun tradisi lain yang termasuk acara besar dan sudah menjadi adatnya.

Baca juga » Alat Musik Ritmis

Berikut ini beberapa alat musik lampung baik yang tradisional maupun yang modern. Yuk, cari tahu bagaimana bentuknya, dari apa dibuat dan dimainkan pada situasi yang seperti apa.

  1. Alat Musik Gambus

Alat Musik Gambus Lampung

zemerl.com

Gambus merupakan salah satu alat musik di Lampung yang termasuk alat musik tradisional dan jika alat ini digunakan biasanya dikaitkan dengan ajaran agama Islam. Syair yang digunakan dalam alat musik ini adalah bahasa Melayu yang dilengkapi dengan instrumennya. Alat musik ini dimainkan dengan cara di petik.

  1. Alat Musik Gamolan

Alat Musik Gamolan

deskgram.net

Gamolan ini merupakan alat musik yang hampir mirip dengan gamelan yang ada di daerah Jawa, biasanya di daerah Jawa namanya adalah gamelan. Gamolan yang dari Lampung ini terbuat dari bambu yang disusun kemudian diikat dan dibuat dengan rancangan khusus sehingga akan menjadi gambus yang sesuai dengan aturannya.

Gamolan di Lampung dikenal dengan dua yaitu gamolan pekhing atau gamolan cetik. Alat musik ini dimainkan dengan cara di pukul. Biasanya alat musik ini dimainkan ketika ada upacara adat ataupun tradisi lain yang biasa dilakukan di Lampung.

Gamolan sekarang ini sudah ada gamolan modern, perbedaannya dengan gamelan tradisional atau gamolan kuno yaitu pada bilah bambu yang ada di dalamnya.  Jika gamolan kuno terdiri dari delapan bilah bambu yang besarnya hampir lengan orang dewasa. Masing-masing bilah bambu mewakili tangga nada.

Alat musik ini termasuk alat musik yang sulit dipelajari ketika pertama kali memainkannya karena tidak ada peraturan pasti tentang permainan nada-nadanya. Alat musik ini sudah ada sejak tahun 1990-an yang digunakan ketika akan ada penyambutan tamu penting atau upacara-upacara tertentu.

Namun, dengan perkembangan teknologi sekrang ini sudah ada yang membuat alat musik gamolan atau cetik yang modern sehingga mudah untuk dimainkan ataupun dipeajari. Sehingga tidak heran jika sekarang ini banyak yang menggunakan alat musik ini untuk mengiringi tarian-tarian tradisional.

  1. Alat Musik Kompang

Alat Musik Kompang

wadaya.rey1024.com

Kompang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul karena hampir menyerupai gendang. Alat musik ini terbuat dari bahan kulit kambing dan dulunya dipercayai berasal dari Parsi yang digunakan untuk menyambut datangnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam.

Alat musik kompang terdiri dari beberapa jenis ukuran mulai dari ukuran 22,5 cm, 25 cm, 27 cm sampai dengan 35 cm. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan berkelompok bisa dengan cara duduk, berdiri maupun sambil berjalan. Kompang juga merupakan alat musik membranofon karena ketika dipukul akan beregetar.

Kompang tidak hanya ada di daerah Lampung tetapi juga banyak ditemukan di daerah Riau. Cara memasang kulit binatang ternaknya yaitu dikeringkan terlebih dahulu baru kemudian dipasangkan dan bagian yang ada kulit hewannya itulah yang akan digunakan untuk dipukul oleh pemain.

  1. Alat Musik Kerenceng

Alat Musik Kerenceng

semuatentangprovinsi.blogspot.com

Kerenceng merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Lampung terbuat dari kayu dan kulit kambing dan biasa di sebut juga terbangan.  Agar suara yang dihasilkan lebih nyaring alat musik ini dilengkapi dengan helaian rotan dengan tujuan untuk mengencangkan kulit kambingnya.

Alat musik ini biasa digunakan untuk mengiringi huruf vokal dan dimainkan di acara-acara atau tradisi tertentu. Banyak juga yang menggunakan alat musik ini untuk mengiringi nyanyian baik yang menyanyikan lagu lama ataupun lagu baru. Kerenceng juga sering disebut sebagai terbangan.

  1. Alat Musik Bende

Alat Musik Bende

metif.blogspot.com

Bende merupakan alat musik sejenis gong yang dahulu biasanya digunakan untuk memberikan tanda sebelum informasi yang akan di sampaikan. Atau bisa juga digunakan sebagai tanda sebelum tradisi atau pesta rakyat dimulai. Alat musik ini termasuk alat musik yang dimainkan dengan cara di pukul.

Cara memukul alat musik ini juga tidak mudah dan tidak sembarangan, ada alat khusus yang harus digunakan agar tidak merusak badan alat musik ini. Bende juga pernah digunakan pada saat pertunjukan topeng monyet.

  1. Serdam

Alat Musik Serdam

hanyaberbagi.com

Serdam merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup hampir mirip dengan suling dan juga bentuknya mirip suling. Ada lima lubang yang akan menghasilkan nada di = sol dan suara yang dihasilkan bernada dasar G. Alat ini dimainkan sebagai alat musik tradisional dan juga untuk pengiring Solis.

Alat musik ini (serdam) terbuat dari bahan bambu dengan lubang tipis yang berukuran 4,3 di atas dan 1 di bawah. Anda bisa memainkan alat ini dengan duduk ataupun berdiri namun kebanyakan memainkan dengan berdiri. Pada saat di tiup akan ada proses persilangan udara pada kulit bambu.

  1. Membling

Alat Musik Membling

gpswisataindonesia.wordpress.com

Alat musik yang satu ini terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipetik. Bentuk membling ini hampir sama dengan hasapi. Pada ujungnya di hiasi dengan fitur manusia yaitu memakai kopiah dan biasanya dimainkan secara sendiri sebagai sarana untuk mengungkapkan perasaan hati seseorang.

  1. Sekhdap

Alat Musik Sekhdap

semuatentangprovinsi.blogspot.com

Alat musik serdhap atau yang biasa dikenal dengan bekhdah merupakan alat musik yang bentuknya hampir sama dengan kerenceng. Perbedaanya adalah alat musik ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kerenceng yaitu ukuran diameternya mencapai 100 cm.

Nah, berikut merupakan beberapa alat musik yang ada di Lampung baik yang tradisional maupun yang modern. Banyak juga alat musik Lampung yang sekarang ini sudah tidak dimainkan lagi oleh masyarakat. Alat musik yang masih banyak dijumpai adalah gambus dan juga gitar akustik.

Jangan lupa di kota Lampung juga banyak sekali senjata-senjata tradisional yang dahulu banyak digunakan ketika sedang peperangan oleh bangsa Indonesia. Setidaknya kita menyimpan dan mengenalkan senjata tersebut kepada anak-anak kita sehingga mereka akan mengenalnya dan tidak akan hilang begitu saja karena itu adalah sejarah yang wajib kita jaga dan kita lestarikan di masyarakat.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan kita semua serta semoga kami juga bisa terus  membagikan informasi lain yang bermanfaat bagi kita semua. Aamiiiin.

Sekian, terimakasih.

Leave a Reply