alat musik maluku

10 Alat Musik Maluku Lengkap Gambar, Penjelasan & Fungsinya

Alat musik Maluku – Maluku menjadi salah satu daerah di Indonesia bagian Timur yang kaya akan kesenian tradisionalnya, salah satunya tercermin dari alat musik Maluku yang sangat banyak, bahkan mampu menghasilkan suara ritmis sangat indah. Kesenian yang paling terkenal yaitu Tifa yang memiliki cara penggunaannya yaitu dengan dipukul, kemudian juga terdapat alat musik toto buang dan gong.

Ternyata masyarakat Malaku sangat dikenal dengan kepintarannya dalam bernyanyi seperti penyanyi legend dari Maluku yang sangat terkenal yaitu Ruth Sahanaya. Ketika berkunjung ke kota Maluku maka dapat melihat berbagai kesenian yang ada disana, seperti tarian Cakalele. Kemudian bisa melihat tumah Baileo. Lagu tradisinal yang paling dikenal di Maluku yaitu  Rasa Sayange.

Penggunaan alat musik tradisional di Maluku juga masih bisa dijumpai setiap hari, hal tersebut dikarenakan masyarakat disana masih sangat menggunakan berbagai adat istiadat dan kebudayaan yang ada. Maluku juga pernah menjadi kota yang mendapatkan penghargaan Gong Perdamaian Dunia di Ambon City Center karena memiliki keunikan tersendiri.

Alat Musik Tradisional Maluku

alat musik maluku

adatnusantara.web.id

Kenali beberapa contoh alat musik yang ada di Maluku sebagai sebuah ilmu pengetahuan tentang kesenian, ini dia penjelasan lebih detailnya.

Alat Musik Arababu

Alat Musik Arababu

indonesiakaya.com

Arababu dikenal sebagai alat musik Maluku yang memiliki bentuk hampir sama dengan yang ada di Sulawesi Utara, tetapi bagian bawahnya lebih panjang sedikit. Untuk cara penggunaannya yaitu di gesek sehingga memiliki hasil suara yang sangatlah ritmis. Arababu terbuat dari bambu atau kayu yang hampir mirip seperti Rebab.

Alat musik ini ternyata mulai ada sejak penyebaran agama Islam yang ada di Maluku. Saat ini alat musik Maluku Arababu dapat diperdengarkan alunan suaranya dalam acara-acara tertentu karena keberadaannya sudah digantukan untuk musik modern.

Baca juga » Alat Musik Ritmis

Alat Musik Maluku Hawaiian / Ukulele

Alat Musik Ukulele

romadecade.com

Alat musik hawaiian/ukulele memiliki bentuk sangat mirip dengan gitar, bahkan cara menggunakannya juga sama seperti gitar. Ketahuilah bahwa Ukulele terkenal di kalangan masyarakat di Indonesia karena sering digunakan dalam musik keroncong. Tidak hanya di maluku, tetapi sekarang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Hwaiian memang sudah tidak tergolong sebagai alat musik tradisional karena memiliki cara penggunaan yang cukup modern. Untuk jumlah senar dalam alat musik ukulele yaitu berjumlah sekitar 6 senar.

Alat Musik Maluku Idiokordo

Alat Musik Maluku Idiokordo

budayanusantara.web.id

Untuk jenis alat musik Idiokordo ternyata memiliki bentuk seperti siter yang cara menggunakannya sangatlah mudah yaitu dipetik. Alat musik Idiokordoterbuat dari kayu yang bagian tengahnya terdapat senar atau dawai dari ujung bawah hingga atas. Nah, alat musik tradisional dari Maluku ini masih sering dijumpai pada acara adat.

Sebagian besar orang banyak pula yang mengenali Idiokordo sebagai alat musik Tatabuhan yang mampu menghasilkan suara ritmis dengan alunan nada sangatlah indah.

Alat Musik Maluku Rumba

Alat Musik Maluku Rumba

rebanas.com

Kenalilah bahwa Rumba juga menjadi salah satu jenis alat musik yang bentuknya hampir mirip seperti Markas. Untuk cara memainkannya juga sangatlah mudah yaitu digoyang-goyang. Rumba merupakan jenis alat musik perkusi yang juga memiliki bentuk ujungnya bulat yang dapat diisi dengan batu kerikil dan pasir.

Nah, Rumba juga dapat digunakan sebagai alat musik tradisional untuk mengiringi lagu berirama gembira atau digunakan sebagai pengiring lagu dansa. Nah, alat musik Rumba juga sangat pas ketika dipasangkan dengan ukulele yang suaranya memang saling mengisi.

Baca juga » Alat Musik Betawi

Suling Melintang (Floit)

Suling Melintang merupakan alat musik Maluku tradisional yang cara kerjanya dapat dilakukan dengan ditiup. Nah, suling melintang biasanya dimainkan oleh 5 orang atau lebih yang dikelompokkan dalam satu susunan akrod 1 sampai 4. Ketahui bahwa floit terbuat dari bambu yang memiliki penyekat pada ujungnya.

Nah, ternyata alat musik yang satu ini sering digunakan untuk penyambutan tamu, pengiring tarian tradisional, dan acara adat. Dalam acara pertunjukkan ternyata floit juga dapat dikombinasikan dengan alat musik lainnya untuk menghasilkan suara ritmis yang sangat bagus. Cara memainkan suling flooit sedikit berbeda denga jenis suling lainnya.

Tahuri / Korno

Alat Musik Maluku Tahuri Korno

indonesiakaya.com

Tahuri atau korno dikenal sebagai alat musik Maluku yang memiliki bentuk hampir mirip dengan terompet. Nah, alat musik yang satu ini memang sangat mudah dijumpai di daerah pesisir pantai. Ketahuilah bahwa Tahuri terbuat dari cangkang kerang sehingga memang sangat terkesan unik dan menarik.

Ciri khas yang dimiliki oleh alat musik yang satu ini yaitu memiliki ukuran yang bervarian dari kecil hingga besar. Nah, untuk yang berukuran kecil tetapi mampu menghasilkan suara yang sangat melengking. Sedangkan semakin besar ukurannya maka suara yang dihasilkan akan bernada rendah.

Dengan cara penggunaan ditiup ternyata untuk menggunakan alat musik yang satu ini harus membuat lubang terlebih dahulu menggunakan bor kemudian tiup berulang kali agar mampu menghasilkan nada sesuai yang diinginkan. Dulunya Tahuri merupakan alat komunikasi di Maluku agar dapat berkumpul bersama.

Alat Musik Tifa Totobuang

Alat Musik Tifa Totobuang

kamerabudaya.com

Berbeda dengan alat musik Maluku yang lainnya Tifa dari Maluku memiliki cara penggunaan ditabuh atau dipukul. Perbedaan dengan Tifa di daerah lainnya yaitu memiliki ukuran yang besar kemudian memiliki alat pukul berupa kayu ataupun bisa juga menggunakan tangan. Totoboang menjadi salah satu jenis alat musik yang menghasilkan suara melodis, seperti Bonang.

Kolaborasi Tifa dengan totobuang memang sangat mampu menyatukan dunia kesenian dan kebudayaan di daerah Maluku. Oleh karena itu, Anda masih bisa sering melihat penggunaan Tifa Totobuang yang ada di Maluku.

Baca juga » Alat Musik Papua

Alat Musik Bambu Hitada

Bambu Hitada

negerikuindonesia.com

Sebagai alat musik tradisional bambu hitada Maluku Utara sering digunakan dalam berbagai acara adat. Nah, sesuai dengan namanya Bambu Hitada terbuat dari bambu-bambu, kemudian ruas bambunya yang digunakan untuk dimainkan untuk menghasilkan suara dari alat musik tersebut.

Bambu Hitada berukuran panjang yang berbeda-beda untuk menghasilkan suara yang juga sangatlah bervariasi. Cara memainkan Hitada yaitu menghentakannya ke arah tanah kemudian pemainnya memegang masing-masing bambu untuk dimainkan sesuai irama yang diinginkan.

Alat Musik Cikir

Cikir

nusantaraindonesia.com

nusantaraindonesia.comCikir menjadi jenis alat musik Maluku tradisional yang memiliki bentuk hampir mirip dengan marakas, cara menggunakannya juga sangatlah mudah yaitu digoyang-goyangkan. Alat musik yang satu ini terbuat dari batok kelapa masih utuh kemudian bagian dalamnya diisi dengan batu kerikil dan pasir.

Ketahui pula bahwa cikir dapat dimainkan bersamaan dengan alat musik bambu hitada untuk menghasilkan kombinasi suara yang sangat ramai sehingga akan membuat suasana menjadi semakin meriah dan menyenangkan.

Baca juga » Alat Musik Harmonis

Leko Boko / Juk / Bijol

alat musik Leko Boko

alatmusiki.org

Leko Boko juga menjadi alat musik Maluku tradisional yang cara menggunakannya yaitu dengan cara dipetik. Alat musik ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan gitar, di bagian bawahnya memiliki wadah resonasi yang dibuat dari labu hutan yang dijadikan sebagai wadah dawainya yang berjumlah 4.

Nah, leko boko seringkali digunakan untuk berbagai acara adat ataupun hiburan pribadi sehingga masih cukup mudah menjumpainya di daerah Maluku.

Leave a Reply