alat musik tradisional papua

11 Alat Musik Papua Lengkap Gambar, Penjelasan & Fungsinya

Alat Musik Papua – Papua sebagai salah satu pulau besar di Indonesia dengan kekayaan hayati yang sangat berlimpah sehingga menarik perhatian banyak wisatawan  untuk mengunjungi keindahan alam disekitarnya.  Selain itu, Papua juga memiliki jumlah lebih dari 25 suku dengan kebudayaan, kesenian, dan alat musik Papua yang sangatlah beragam dari kesenian lokal dan kreativitas masyarakat sukunya.

Tentunya mengetahui beberapa contoh alat musik yang ada di daerah Papua dapat memberikan ilmu pengetahuan tersendiri. Dengan demikian pasti akan menjadi suatu hal menarik yang perlu diketahui sebagai salah satu bentuk kebudayaan ataupun kesenian yang ada di Indonesia. Kenyataannya alat musik Papua sangatlah banyak.

Hampir keseluruhan alat musik Papua juga memiliki perbedaan dari hasil nadanya yang sangat ritmis kemudian ditambah juga dengan bentuknya yang berbeda-beda ditambah dengan fungsi dan kegunaannya yang juga berbeda.

Macam-Maca Alat Musik Tradisional Papua

Apa saja sih alat musik yang ada di Papua yang memiliki nilai tersendiri yang mampu menciptakan kesenian dan kebudayaan tersendiri di daerah tersebut? Ini dia seputar penjelasannya untuk Anda.

Alat Musik Amyen

Amyen Papua

satujam.com

Kenalilah alat musik Papua Amyen yang cukup populer menjadi alat musik tradisional di Papua yang memiliki cara menggunakannya ditiup. Bentuk dari Amyen sangatlah mirip seperti alat musik seruling yang digunakan untuk mengiringi tarian di daerah tersebut, untuk memanggil dan memberikan pertanda bahaya saat perang di jaman dahulu.

Nah, ternyata alat musik Amyen terbuat dari kayu putih sehingga sangat memiliki kesan tradisional. Sekarang ini masih cukup mudah menjumpai alat musik Amyen di Papua dalam berbagai acara penting atau acara besar lainnya.

Baca juga » Alat Musik Ritmis

Alat Musik Atowo

Alat Musik Atowo Papua

alatmusik.org

Berikutnya, alat musik Papua yaitu Atoeo yang memiliki bentuk bulat panjang dengan ukuran kecil. Namun, sekarang ini sudah cukup sulit mencari keberadaan dari alat musik yang satu ini. Nah, Atowo dapat dimainkan menggunakan 2 tangan, untuk tangan satu memegang badan atowo kemudian tangan satunya lain melakukan pukulan.

Dengan teknik yang tepat maka memainkan alat musik atowo tersebut dapat menciptakan ataupun menghasilkan nuansa yang sangat indah. Biasanya, Atowo juga digunakan dalam acara untuk hiburan rakyat.

Alat Musik Butshake

Alat Musik Butshake Papua

semuatentangprovinsi.blogspot.com

 

Butshake juga merupakan alat musik dari Papua yang terbuat dari bambu dengan buah kenari. Nah, suara yang dihasilkan dari alat musik tradisional ini yaitu suara gemercik saat dikocok atau diayunkan menggunakan tangan. Ketahuilah bahwa alat musik ini diguanakan sebagai pengiring tarian adat.

Prinsipnya penggunaan alat musik Butshake ini hasil dari suara tabrakan antara kenari bambu. Banyak orang yang memahami butshake seperti alat musik marakas yang juga memiliki cara penggunaan dengan cara dikocok.

Baca juga » Alat Musik Bali

Alat Musik Fuu

Alat Musik Fuu Papua

indonesiakaya.com

 

Fuu juga menjadi salah satu alat musik yang terbuat dari bambu dan kayu. Fungsi dari menggunakan alat musik ini yaitu untuk memanggil penduduk suku, mengiringi tarian tradisional di asmat, dan juga untuk acara hiburan ataupun pernikahan. Bentuknya memang hampir mirip seperti suling yang bentuknya gempal ditambah adanya lubang di bagian ujung.

Penggunaan alat musik Fuu dapat  dikolaborasikan dengan alat musik Papua, seperti Tifa dan atau Kelambut. Sebagai alat musik tradisional pastinya memang harus dijaga keberadaannya.

Kecapi mulut

kecapi mulut

hanyaberbagi.,com

Kemudian alat musik Papua yang cukup populer yaitu kecapi mulut yang terbuat dari bambu wulu. Nah, cara memainkan kecapi mulut cukup sulit yaitu harus dijepit dengan menggunakan bibir kemudian meniupnya lalu menarik talinya. Ketahui juga bahwa kecapi mulut memang tidak menghasilkan suara yang terlalu keras.

Jadi, penggunaan kecapi mulut hanya untuk hiburan semata agar keberadaannya tetap dapat dilestarikan.

Krombi

Alat Musik Krombi

dictio.id

Krombi juga dikenal sebagai alat musi tradisional yang terbuat dari bambu yang digunakan oleh suku Tehit, Papua untuk mengiringi tarian pada setiap acara adat. Krombi ini biasanya dimainkan dengan menggunakan kayu kecil yang dipukul.

Biasanya Krombi ini sering dijumpai juga pada sebuah acara adat pernikahan. Nah, krombi bisa dijumpai di daerah kampung Sorong Selatan, Papua dan kampung Seremuk. Penggunaan alat musik tradisional yang satu ini bisa dikombinasikan dengan alat musik lainnya.

Baca juga » Alat Musik Maluku

Paar & Kee

Paar & Kee

backpackerjakarta.com

Kemudian Paar dan Kee juga menjadi alat musik yang terbuat dari Labu dan tulang burung kasuari. Nah, biasanya alat musik yang satu ini juga bisa dijumpai di berbagai pesta adat.  Hingga sampai saat ini memang masih mudah menjumpai jenis alat musik paar dan kee yanga ada di Papua.

Sebagian besar orang banyak yang menyatakan bahwa paar dan kee memang menjadi alat musik yang harus dilestarikan di daerah Papua.

Pikon Papua

Pikon Papua

rri.co.id

Pikon dikenal sebagai alat musik tradisional yang mayoritas dimainkan oleh kaum laki-laki di pedalaman suku Dani. Suara yang dihasilkan dari alat musik Pikon memang terdengar cukup Sumbang, tetapi sebagai alat musik tradisinal keberadaannya memang harus tetap dijaga agar dapat dilestarikan.

Nah, alat musik Pikon ini dapat dimainkan pada saat waktu senggang untuk mengisi kekosongan waktu, hiburan, dan bisa juga dijumpai dalam berbagai adat yang ada di daerah Papua.

Tifa Papua

Tifa Papua

negerikuindonesia.com

Di Papua juga terdapat alat musik Tifa yang memiliki cara paling mudah untuk dipukul, hampir sama seperti alat musik gendang. Nah, Tifa terbuat dari kayu yang kosong kemudian salah satu sisinya diberikan kulit rusa yang sudah dikeringkan untuk menghasilkan suara.

Alat musik tradisional Tifa memiliki berbagai macam jenis yaitu Tifa Potong, Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Bas , dan Tifa Jekir Potong. Nah, tifa ini digunakan sebagai alat musik untuk iring-iringan lagu, berdansa disertai api unggun dan alat musik tradisional untuk berbagai upacara adat, maupun acara pernikhan dan khitanan.

Ketahuilah bahwa Tifa awalnya digunakan sebagai alat musik untuk menyemangati saat perang. Sebagai alat musik tradisional maka keberadaannya memang harus tetap terjaga.

Triton Papua

 

Triton merupakan salah satu tempat yang ada di Raja Ampat, tentunya nama alat musik ini juga lebih mudah dijumpai di daerah tersebut. Ketahui untuk alat musik tritn memiliki cara penggunaaan yang sangat mudah yaitu ditiup. Alat musik tradisional yang satu ini dapat ditemukan di semua pesisir pantai yaitu Yapen, Biak, Nabire, Wondama, Waropen, dan Kep.

Triton dulunya dikenal sebagai alat komunikasi, tetapi karena sering digunakan maka kini banyak yang menggunakannya sebagai alat musik yang sangat mudah digunakan yaitu dengan cara ditiup.

Baca juga » Alat Musik Betawi

Alat Musik Yi

Alat Musik Yi

alatmusik.org

Yi merupakan alat musik yang memiliki bentuk hampir mirip seperti “suling” yang terbuat dari bambu-bambu. Ketahui bahwa Yi memiliki peran penting sebagai alat musik pengiring tarian daerah.  Hasil suara dari Yi memang sangat unik dan menarik sehingga irama ritmesnya sangatlah indah.

Nah, ketahuilah bahwa Yi hingga sampai saat ini memang cukup sulit dijumpai di berbagai daerah yang ada di Papua. Kecuali daerah yang benar-benar menjaga alat musik tradisional tersebut.

 

Leave a Reply