Alat Musik Ritmis Kastanyet

10 Alat Musik Ritmis Tradisional Lengkap Penjelasan, Gambar & Fungsinya

Alat Musik Ritmis – Seperti apa alat musik bernada ritmis itu? Ciri khasnya terletak pada tinggi bunyi yang dikeluarkan untuk memperolah irama yang sangatlah indah. Kegunaan dari alat musik ritmis tersebut yaitu bisa menjadi pengiring musik, pengatur tempo hingga membentuk irama sehingga dapat menghasilkan nada musik dengan suara yang sangat stabil sesuai dengan yang harapkan.

Tetapi, alat musik ritmis tidak bisa berperan sebagai perangkat melodisnya. Di Indonesia terdapat lima jenis alat musik yaitu gendang, ketipung, rebanda, kendang, dan tifa. Hal yang harus diperhatikan dalam memainkan alat musik ritmis yaitu ketepatan dan keteraturan dari pengambilan nda dengan ketukan yang mengikuti ritme lagu.

Apabila Anda memainkan lagu beritme cepat maka harus mengimbanginya dengan ketukan yang juga sangat cepat sehingga suaranya tidak akan menjadi berantakan karena ketukan setiap lagu dengan musiknya semakin stabil.

Alat Musik Ritmis Tradisional

alat musik ritmis

duniaq.com

Belum mengetahui apa saja yang termasuk ke dalam jenis alat musik ritmis? Untuk lebih mengetahui secara detailnya maka simak penjelasan yang terdapat di bawah ini.

Alat Musik Drum

alat musik ritmis drum

alatmusikritmis.blogspot.com

Drum menjadi alat musik ritmis jenis membranofan yang memiliki hasil alunan nada ritmis modern yang juga termasuk ke dalam jenis musik perkusi yang terdiri dari kerangka drum yang juga mampu menutupinya dengan lapisan yang berfungsi sebagai tempat untuk dipukul kemudian menghasilkan suara apabila memukulnya dengan ketukan yang tepat.

Tetapi, ketahuilah bahwa drum yang memiliki hasil suara bernada ritmis adalah yang mampu dimainkan menggunakan tangan dan alat pemukul. Contohnya yaitu, penggunaan ketipung yang menggunakan tangan tetapi untuk snar drum membutuhkan alat untuk menghasilkan suara yang pas.

Berbeda dengan drum set ternyata penyusunannya terdiri dari bass drum, simbal, tom-tom,  simbal, dan snare drum yang digunakan untuk mengiringi segala jenis musik berjenis modern.

Baca juga » Alat Musik Bali

Alat Musik Gendang

Alat Musik Ritmis Gendang

mondoggiesmusic.com

 

Gendang atau yang dikenal dengan istilah kendang yang digunakan sebagai alat musik ritmis yang terbuat dari kayu agar membuatnya tidak terlalu berat ketika dibawa. Biasanya, kulit khendang juga terbuat dari kulit hewan ternak yang memiliki suara sangat maksimal sehingga cocok digunakan sebagai alat musik ritmis untuk acara besar.

Nah, cara memainkan kendangnya dapat dilakukan dengan cara dipukul dengan berbagai tehnik yang berbeda-beda dari pemainnya itu sendiri. Seorang pemain kendhang yang ahli pastinya akan semakin rumit cara bermainnya karena cara mainnya tidak asal-asalan sehingga suaranya juga tidak akan sumbang.

Terkadang banyak pemain kendang yang memainkannya dengan tangan kosong tanpa menggunakan alat pukul.

Alat Musik Kastanyet

Alat Musik Ritmis Kastanyet

santaidamai.com

Kastanyet menjadi alat musik yang sangat sederhana tetapi memiliki banyak kegunaannya. Cara memainkan alat musik satu ini dapat dilakukan dengan menghentakkan kemudian mengadu antar sisinya dengan satu tangan. Alat musik ini memiliki bentukseperti kerang, terkadang banyak orang yang mengiranya sebuah mainan.

Ketahui juga bahwa kastanyet terbuat dari kayu yang sangat keras yang dibentuk sedemikian rupa untuk menyerupai bentuk cangkang kerang sehingga bentuknya cekung. Kemudian alat musik ini digunakan di Spanyol sebagai iring-iringan alat musik gitar.

Alat Musik Ketipung

Alat Musik Ritmis Ketipung

romadecade.com

Selanjutnya, contoh alat musik ritmis tradisional yaitu ketipung yang memberikan suara alunan musik dangdut. Bentuk ketipung sangatlah mirip dengan gendang hanya saja ukurannya lebih kecil. Tentunya, alat musik ketipung ini memang masih sangat banyak digunakan oleh banyak orang di Indonesia.

Ketipung terbuat dari kayu yang yang tengahnya dilubangi untuk membuat ketipung dari paralon. Nah, bunyi yang dihasilkan dari alat musik ketipung yaitu memberikan nada bernuansa keroncong yang sangatlah indah dan cukup merdu.

Alat Musik Konga

Alat Musik Ritmis Konga

dictio.id

Konga merupakan alat musik yang berasal dari negara Afrika yang juga dikenal sebagai alat musik Tumbadora. Alat musik konga memiliki bentuk yang  bentuknya berubah-ubah baik dari segi bahan atau bentuk sesuai dengan waktu yang berbeda-beda. Nah, alat musik konga hampir mirip dengan kendang.

Cara memainkannya juga sangat mirip dengan alat musik kendang yaitu melalui cara dipukul untuk menghasilkan suara yang sangat merdu dan bernuansa ritmis. Konga sebagai alat musik dengan bentuk bulat dan mengerucut memiliki desain  modern dengan tambahan bahan fiberglass.

Marakas

Alat Musik Ritmis Marakas

joebillyguitars.com

Alat musik marakas memiliki cara bermain yang dapat dikatakan cukup unik yaitu dengan memasukan biji-bijian atau beras ke dalam alat musik tersebut agar dapat menghasilka suara yang sangat merdu dengan iramanya yang sangatlah khas. Nah, seperti mainan anak-anak bukan?

Marakas memang jarang sekali dijumpai bentuk aslinya di Indonesia, tetapi di luar negeri biasanya alat musik marakas sebagai pelangkap alat musik dalam sebuah parade tarian karena suara ritmisnya memang sangatlah indah.

Rebana

Alat Musik Ritmis Rebana

moondoggiesmusic.com

Rebana menjadi salah satu jenis alat musik ritmis pukul yang berwujud kecil yang biasanya dimainkan secara beregu dan berkelompok seperti dalam acara musik marawis dan hadroh. Bentuk dari alat musik yang satu ini yaitu gendang bulat pipih yang dapat menghasilkan suara khas melayu.

Perlu diketahui cara memainkan rebana yakni dipukul menggunakan tangan. Kini penggunaan alat musik rebana semakin luas yaitu pada acara khitan, pernikahan, adat, dan acara pengajian. Suara ritmesnya yang sangat merdu memang sangat mampu menghangatkan suasana.

Alat Musik Simbal

Alat Musik Ritmis Simbal

oddav.com

Simbal berbentuk pipih dengan diameter bermacam-macam tetapi mampu menghasilkan suara sangat keras saat diadukan. Simbal memiliki dua jenis yaitu simbang tangan dan simbal drum.

Simbal dapat digunakan oleh kedua tangan yang saling diadukan kemudian jenis alat musik yang satu ini juga mempunyai tali dan pegangan yang bisa digunakan untuk berjaga-jaga apabila alat musik itu terjatuh. Berbeda dengan simbal drum yang sudah terkunci dan dipasang dengan kuat. Untuk memainkannya maka bisa menggunakan alat pukul, seperti stik drum.

Tamborin

Alat Musik Ritmis Tamborin

inspirilo.com

Tamborin menjadi salah satu jenis alat musik tradisional yang memiliki cara penggunaan digoyang dan ditabuh. Selain itu, tamborin juga masih satu kerabat dengan angklung dan juga marakas apabila dilihat dari cara memainkannya. Tamborin sebagai alat perkusi tradisional memiliki suara dan nada yang sangat gemrincing sehingga cocok untuk tabuhan.

Tamborin memiliki bingkai kayu yang sangat bundar yang dilengkapi dengan membran pelapis yang terbuat dari kulit plastik dan ternak. Suara gemrincing tamborin memang berupa kepingan logam yang menghiasi disekitar bingkainya, ketika digoyangkan maka tamborin akan meghasilkan suara sangat ramai.

Alat Musik Tifa

Alat Musik Tifa

negerikuindonesia.com

Tifa merupakan alat musik ritmis yang berasal dari Maluku dan Papua dengan bentuknya yang sangat kecil sehingga mudah diletakan dimana saja. Tetapi, tifa juga berukuran sangat panjang yang mampu memiliki hasil suara ritmis dari pukulannya. Ketahuilah bahwa tifa sering digunakan dalam acara hiburan, seperti nikahan ataupun acara besar lainnya

Untuk cara memainkan tifa yaitu dapat dilakukan dengan melakukan pukulan menggunakan tangan ataupun alat pukul lainnya pada bagian membrannya. Suara khas dari tifa akan sangat mudah dikenali.

Leave a Reply