ayam cemani darah hitam

√ Fakta Ayam Cemani yang Mengejutkan (Lengkap Penjelasan, Gambar dan Harga)

Ayam cemani Merupakan ayam asli dari Indonesia, faktanya ayam ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari ayam pada umumnya karena ayam ini memiliki warna yang sangat hitam legam. Dan kata hitam legam itu sendiri di ambil dari sebuah bahasa Sansekerta yang hampir seluruh badanya berwarna hitam legam.

ayam-cemani

Sumber : jogja.tribunnews.com

Setelah dilakukanya sebuah penelitian oleh para ahli / dokter hewan, warna hitam yang dimiliki oleh ayam tersebut di sebabkan karena adanya kondisi genetik atau biasa di kenal fibromelanosis, sebuah situasi yang menyebabkan termutasinya sel-sel tubuh pada ayam.

Ayam ini bisa dikatakan sebuah “aset perusahaan”, bagaimana tidak, ayam jenis ini sudah termasuk ayam yang dilindungi dan bisa kitakan langka (punah). Dan jika kita pasarkan harganya cukup mahal sekitar 25 – 40 juta per ekornya.

Selain di kategorikan sebagai spesies langka, ayam jenis ini pun mempunyai fakta-fakta yang sangat mengejutkan yang jarang kita ketahui, mungkin inilah salah satu penyebab ayam ini di bandrol dengan harga yang sangat mahal. Berikut fakta mengejutkan tentang ayam tersebut!!

Baca juga » Jenis Ayam Hias

6 Fakta Ayam Cemani yang Mengejutkan

6 fakta ayam cemani

Sumber : thehappychickencoop.com

Sudah ada pada zaman kerajaan majapahit

Ayam yang memiliki ciri yang sangat khas ini merpukan ayam yang berasat dari Jawa Tengah, tepatnya di kota Temanggung. Ayam yang satu ini ialah salah satu ayam yang sudah melegenda karena sudah terkenal sejak abad ke 15, dimana pada zaman itu adalah masa kejayaan kerjaan majapahit.

Ayam jenis ini pertama kali di miliki oleh seorang petapa yang sudah cukup tua yaitu Ki Agen Mangkuhan. Alkisah dulu konon katanya ayam jenis ini berwarna putih dan pernah di gunakaan sebagai sebuah obat untuk seorang anak pejabat yang sedang sakit dan tak kunjung sembuh.

Dengan keajaiban dari tuhan penyakit yang dideritapun sembuh, dan akhirnya ayam tersebut di kembangbiakan dan dikawinkan dengan jenis ayam berwana hitam, yang bertujuan untuk melestarikan ayam tersebut yang bisa menjadi obat bagi orang yang sedang sakit.

Namun alhasil anak ayam yang dihasilkan justru berwarna hitam legam dan hampir pada keseluruh badan. Itu sedikit sejarah kenapa ayam tersebut di beri nama ayam cemani.

Digunakan sebagai tumbal upacara adat

Karane ayam ini memiliki ke anehan tersendiri, hingga pada akhirnya ayam tersebut sering di jadikan sebagai tumbal pelengkap adat upacara ritual seperti saketan, bersih desa,  grebeg maulud, tedak siten dan lain lain.

Karena konon di percaya mempunyai kekuatan magis yang sangat kuat untuk penolak bala dari sebuah kejahatan seperti santet, teluh, dan guna-guna.

Dan tradisi ini hingga sekarang masih kerap di lakukan oleh sebegian masyarakat Indonesia.

Memberikan keberuntungan

Selain memilik keistimewaan dan keunikan tersendiri, ayam ini sangat di percaya oleh sebagian masyarakat untuk di jadikan sarana pemberi keberuntungan, entah itu keberuntangan hidup, rezeki, jodoh dan lain sebagainya.

Tapi mungkin juga bukan hanya dari segi mistis saja, namun dengan harga jual ayam tersebut yang sangat mahal tentunya akan menjadi ladang emas buat seorang peternak ayam tersebut.

Mempunyai kekuatan mistis / magis yang kuat

Sekilas mungkin terlihat sama di mata kita tentang ayam cemani, namu perlu anda tahu ayam cemani yang memiliki kekuatan magis itu Cuma ada 3 yaitu Cemani Widitra, Warastratama, dan Kaikayi.

  • Cemani Widitra

adalah cemani yang mempunyai ciri sapuan garis dileher, dan paruh dan selangkangan, ayam jenis seperti ini yakini mempunyai kekuatan tersendiri yaitu Gendam Asrama dan penolak bala dari segala kejahatan.

  • Cemani Warastratama

adalah jenis cemani yang sering di gunakan sebagai tumbal atau pelengkap upacara adat

  • Cemani Kaikayi

adalah biasanya ayam jenis ini memiliki ciri bulu yang berwarna hitam kebiru-biruan, dan di percaya untuk menghilangkan santet pada seseorang.

Ayam ini sudah hampir punah

Kepunahan ini tak lepas dari kepercayaan masyarakat yang berangapan jika berternak jenis ayam ini makan akan bertentangan dengan syariat atau ajaran islam.

Karena yang seperti kita ketahui bahwa ayam jenis ini kerap di gunakan sebagai sesajen upacara ataupun ritual kuno lainya.

Maka tidak heran jika ayam cemani harganyapun bisa mencapai puluhan juta per ekornya, karena jenis ayam ini semakin berjalanya waktu semakin sulit untuk kita temui, di Indonesiapun sebagai habitat asli ayam ini sudah termasuk cukup langka.

Telur berwarna putih

Para peneliti sudah melakukan beberapa kali penelitian namun hasilnyapun sama, telur ayam cemani yang di haslikan berwarna putih dan sebagian dari tulang berbintik merah muda.

Tentunya hal ini sangat menyimpang dari dari warna tubuhnya yang hampir keseluruhan hitam legam. Dan ini masih menjadi hal yang sangat misterius dikalangan para ilmuan.

Namun telur ayam ini akan berubah menjadi warna hitam jika embrio pada ayam tersebut muncul, hal seperti ini menjadikan sebuah pertanda jika telur ayam cemani itu normal seperti telur pada umunya dan bisa menetas.

Menurut para ilmuan, warna telur yang semula putih itu di sebabkan akibat adanya proses mutasi fibromelanosi yan terbentuk pada sel ayam tersebut. Dan tidak berakibat ke cangkang telurnya.

Karena mungkin cangkang telor memiliki kristal kalsium kabonat yang pada dasarnya sama seperti jenis telur ayam pada umumnya.

sebenanya masih banyak sekali fakta dari ayam cemani, namun ke 6 fakta di atas merupakan fakta yang telah di akui oleh dunia, dan tidak bisa kita pungkiri bahwa di luar negri ayam ini sangatlah mahal harganya.

Harga Ayam Cemani Asli

ayam cemani asli

Sumber : farmbos.com

Kekayaan indonesia tentunya semakin bertambah dan beragam dengan adanya jenis ayam cemani ini tepatnya yang berasal dari Jawa Tengah di daerah Temanggung. Apakah anda tahu bahwa harga ayam tersebut sangat berfariasi, dan di lihat dari macam dan jenis-jenisnya.

Mungkin yang paling mahal adalah ayam cemani yang mempunyai kekuatan sebagai gendam asrama, penolak bala, dan ayam yang sering di gunakan sebagai sesaji upacara adat kuno. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini

Jenis ayam cemani darah hitam

ayam cemani darah hitam

Sumber : dewisundari.com

Tidak cuma dagingnya saja yang berwarna hitam, namun ada beberapa dari ayam jenis ini yang mempunyai darah berwana hitam pekat. Dan ayam ini dipasarkan dengar harga yang cukup fantasik yaitu sekisar 30 juta per ekornya.

Jenis ayam cemani putih

ayam aycemani putih

Sumber : cemanipati.blogspot.com

Ayam jenis ini memiliki warna yang sama dengan ayam cemani pada umunya, namun yang membedakan adalah ayam ini memiliki bulu berwarna abu-abu di sekitar area dada ayam tersebut. Harga ayam jenis seperti ini yang sudah dewasa bisa mencapai 2 juta per ekornya.

Jenis Ayam cemani kedu

ayam cemani kedu

Sumber : cara-memelihara.blogspot.com

Ayam jenis yang satu ini harga jualnya biasanya dilihat dari umur ayam tersbut, semakin dewasa dan tua umurnya maka harganyapun akan semakin meloncat berkali-kalilipat. Untuk anda para peternak ayam jenis ini hendaknya berhati-hati dalam mengembangbiakanya.

karena tidak boleh dikawinkan silang dengan jenis ayam lainya, hal ini bisa mengakibatkan bulu dari ayam tersebut tidak 100 % berwarna hitam, dan tentunya akan menurunkan kualitas harga ayam tersubut

Jenis ayam cemani walik

ayam cemani walik

Sumber : hobiternak.com

Yang menjadi keunikan dari ayam jenis ini adalah memiliki bentuk bulu yang kebalik hampir diseluruh tubuhnya. Harga ayam ini di bandrol dengan harga 2 juta per pasangnya untuk ayam ukuran dewasa, dan 300 ribu untuk ayam yag masih kecil.

Mungkin ada sebagian dari anda mempunyai ayam jenis ini, tentunya itu merupakan suatu keindahan yang dimilikinya karena adanya keunikan tersendiri yang di miliki dari ayam tersebut, dari pada jenis ayam lainya.

Harga ayam ini sendiri di perpasaran indonesia memang cukup tinggi, tapi hal ini akan seimbang dengan khasiat dan manfaat yang bisa berguna untuk kesehatan seperti dapat menurunkan kolesterol dan juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Berikut prediksi kami tentang harga ayam cemani di pasar, yang sudah kami kumpulkan informasinya dari berbagai pasar-pasar di indonesia dan jual beli ayam online.

Harga Ayam Cemani di Pasaran

harga ayam cemani

Sumber : mongabay.co.id

Umur Ayam

Harga di Pasaran

Telur ayam cemani asliRp. 80. 000
Anak ayam cemani umur 1 bulanRp. 110.000
Ayam cemani umur 2 bulanRp. 150.000
Ayam cemani umur 3 bulanRp. 200.000
Ayam cemani umur 4 bulanRp. 300.000
Ayam cemani umur 5 bulanRp. 500.000
Betina ayam cemani dewasaRp. 2.000.000
Jantan ayam cemani dewasaRp. 3.500.000 – Rp. 4.500.000

Nah itulah sedikit penjelas tentang seputar ayam cemani, semoga apa yang saya sampaikan di atas bisa bermanfaat dan juga bisa kita ambil pelajaran, bahwa ayam ini sekarang ini sudah sangat jarang sekali kita temui di Indonesia bahkan hampir punah.

Tetapi tidak ada salahnya kita untuk membudidayakan ayam tersebut, sampai benar-benar ada suatu hal yang sangat menguatkan bahwa jika merawatnya itu bertentangan dengan ajaran islam.

Leave a Reply