ciri-cir ayam saigon

√ Ciri Ciri Ayam Saigon Asli (Lengkap Gambar dan Penjelasanya)

Ayam saigon merupakan jenis ayam petarung yang berasal dari Vietnam, hampir seluruh pecinta sambung ayam pasti tau dengan si ayam yang memiliki struktur otot yang sangat kuat ini.

Ketika kita ingin mempunyai ayam petarung ini, terlebih dahulu anda harus tahu ciri dari ayam saigon asli itu seperti apa.

Karena ayam saigon ini memiliki ciri yang sangat khas dan mudah untuk kita kenali, selain itu ayam ini juga sangat bagus untuk di cros atau di silangkan dengan berbagai jenis ayam lainya seperti ayam bangkok, birma, thailand dan masih banyak yang lainya.

ayam saigon

Sumber : ternaku.net

Ciri fisik dari ayam saigon asli yang sangat menonjol yaitu terlihat dengan jelas dari kepala hingga leher tidak di tumbuh bulu atau pun botak.

Kebotakan ini di sebabkan akibat minyak yang di gunakan sebagai perawatan yang mengakibatkan hilangnya bulu secara perlahan.

Sejatinya ayam saigon  asli memiliki keistimewan bertarung yang tidak dimiliki oleh ayam petarung lainya, yaitu dari fisik yang kuat, sturuktur otot yang kuat, dan struktur tulang yang sangat kokoh. Sehingga ayam ini akan lebih kuat jika di bandingkan dengan ayam lainya.

Oleh karena itu anda jangan kaget ketika melihat orang rela merogokocek puluhan juta bahkan miliyaran hanya demi ayam saigon ini.

Ciri Ciri Ayam Saigon yang Asli

ayam saigon vietnam asli

Sumber : sukaayam.id

Pada umumnya para pecinta sambung ayam pasti akan memilih ayam saigon unutuk di jadikan petarung yang handal, karena sejatinya ayam ini adalah ayam yang sangat perfect untuk di gunakan sebagai ayam petarung.

Namun setiap ada kelebihan pasti di situ ada kekurangan begitupun dengan ayam saigon ini entah itu dalam hal fisik maupun bertarung.

Dengan kekuatanya ayam saigon ini hampir tidak pernah terkalahkan di setiap laga, sehingga ayam ini sangat sulit mendapatkan lawan yang seimbang jika tidak dengan sesama jeninya.

Walaupun demikian ayam ini mempunyai kelemahan yaitu dia tidak mempunyai kecepatan atau kelincahan saat bertarung.

Tapi tenang saja ya gaess, ayam saigon yang asli atau original ini juga memiliki ciri khas atau khusus yang bagus untuk di jadikan sebagai petarung yang lincah.

Ciri Khas Ayam Saigon Asli dan Super

ciri-ciri ayam saigon asli

Sumber : Pinterest.com

Adapun beberapa ciri khas ayam saigon asli dan super yang wajib juragan ketahuin diantaranya :

1. Carilah ayam saigon yang asli dari Vietnam yang tidak memiliki bulu di bagian kepala dan di bagian leher, karena hal ini akan sangat berpengaruh sekali dengan kecepatan atau kelincahan saat memukul bahkan menghindar dari lawan.

2. Carilah ayam saigon yang berbulu tipis atau jarang dan carilah bulu ekor yang pendek.

3. Agar ayam ini tahan banting dan pukulan, pilihlah bentuk badan yang tinggi kekar, tegap, dan juga kokoh. Sehingga hal ini akan sangat berpengaruh terhadap gaya pertarungan dan yang pasti akan membuat fisiknya menjadi tak terkalahkan.

4. Dan yang terakhir yaitu selain dengan kelincahanya ayam ini juga memilik postur tubuh yang tinggi, dan tegap hal ini bisa di pastikan akan memiliki berat badan yang melebihi dari ayam-ayam lainya.

Sehingga anda harus rutin menjemur dan melatih fisiknya, agar memiliki kelincahan tersendiri.

Akan tetapi dengan demikian sejatinya ayam ini memiliki keunggulan lain yang jarang dimiliki oleh ayam petarung lainya.

Namun dengan berjalanya waktu, banyak para pakar atau pemacek yang handal yang membuat perubahan pada genetika atau melakuakn persilangan kepada ayam tersebut.

Sehingga yang tadinya memiliki banyak kekurangan itu akan tertupi oleh persilangan yang sempurna dengan jenis ayam yang lainya.

Berikut akan saya kasih tahu bagai mana cara melakukan persilangan ayam saigon yang baik dan benar.

Cara Melakukan Persilangan yang Baik

ternak ayam saigon

Sumber : stemedcaucus2.org

Sebelum kita melakukan persilangan ayam aduan, kita perlu tahu terlebih dahulu apa kekurangan dan kelebihanya.

Dan apa yang mendasarkan tujuan kita untuk melakukanya, apa ingin memiliki kelebihan dalam hal pukulan, teknik, ketahanan, kelincahan dan lain-lain.

Sama halnya dengan manusia, ada gen yang kuat adalah bangsa negro dan ada juga gen yang lemah adalah bangsa asia.

Di dunia binatangpun sama terutama di dunia ayam aduan, urutan gen terkuat hingga terlemah adalah ayam saigon, burma, dan bangkok.

Dengan dasar persilangan yang telah kita ketahui, maka kita bisa memulai persilangan ayam dengan berbagai tujuan.

Tujuan Persilangan

  • Ayam tahan pukul dan teknik bertarung yang perfect.

Jika anda ingin karakter yang seperti ini, bisa disilangkan  dengan ayam bangkok. Karena sang ayam junior kelak akan mempunyai sifat dominan seperti bapaknya (indukanya) yang akan mempunyai pukulan yang keras dan tahan pukul.

  • Ayam yang mempunyai pukulan super dan tempel pukul.

Jika anda ingin karakter seperti ini, bisa di silangkan dengan ayam burma. Karena kemungkinana besar anakanya akan mempunyai pukulan super dan tahan pukul.

Dapatkan Juga Info-Info Menarik Lainya

anakan ayam saigon asli

Sumber : takimzone.com

Namun jika anda ingin mempunyai persilangan saigon dengan burma yang mempunyai pukulan nyawat itu kemungkinanya sangat kecil sekali.

Hal seperti ini di sebabkan karena gen dari saigon yang lebih kuat dari indukanya itu sendiri, walaupun ada yang mengeluarkan pukulan nyawat  itu prosesnya akan memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan kesabaran.

Kemungkinan anda bisa mendapatkanya di generasi F4 atau bahkan F5 dengan cara selalu terus menyilang-yilang indukan mulai dari F1 sampai F3 dengan pure burma.

 

2 Comments

  1. Jupri 23 March 2019
    • andromeda 23 March 2019

Leave a Reply