cara belajar bahasa jepang dasar

√ Belajar Bahasa Jepang Dasar Sampai Mahir (Cepat & Lengkap)

Belajar Bahasa Jepang Dasar – Bagi anda yang ingin belajar bahasa jepang dan merasa kesulitan dari mana memulainya? Cara yang paling efektif adalah anda harus memulainya dari hal-hal yang paling dasar terlebih dahulu.

belajar bahasa jepang dasar

Sumber : squline.com

Karena kunci dasar belajar bahasa jepang adalah dengan diperlukanya penekanan dalam proses belajar dalam kemampuan berbicara, mendengar, membaca, dan meulis dengan baik.

Masalah yang paling sering di hadapi untuk pemula dalam ilmu dasar belajar bahasa jepang yaitu huruf latin yang digunakan dalam Bahasa Jepang, sangat berbeda jauh dengan huruf latin yang digunakan dalam Bahasa Indonesia.

Selain itu juga struktur Bahasa Jepang dengan Bahasa inggris sangatlah berbeda. Maka dari itu, dasar-dasar dalam belajar Bahasa Jepang sangatlah penting. Berikut dibawah ini cara cepat belajar bahasa jepang dari hal yang paling dasar dan berikut artinya.

Bahasa Jepang Untuk Pemula

Agar nantinya kalian dapat dengan mudah merangkai kata dan kalimat dengan baik, mulailah mempelajari bahasa jepang dimulai dari mengenal dan memahami semua jenis-jenis huruf dalam bahasa jepang.

Karena pada dasarnya huruf bahasa jepang itu bagi menjadi 3 yaitu : Hiragana, Katakana dan Kanji.

Huruf Dasar Bahasa Jepang

  • Hiragana

Huruf hiragana adalah salah satu cara penulisan dalam bahasa jepang yang mewakili sebutan pada sukukata. Dan pada masa lalu huruf di kenal dengan sebutan Onna De (女手) yang beratikan tulisan wanita.

Karena pada masa itu para kaum laki-laki memakai cara penulisan dalam bentuk Kanji dan Katakana. Berikut di bawah ini adalah contoh tabel dari huruf Hiragana.

belajar bahasa jepang dasar hiragana

Sumber : japanesia.id

Contoh penulisan hiragana

わたし         =  Watashi   = saya,

けっこん      =  Kekkon    = menikah

おかあさん  = Ookasan   = ibu

おねえさん  = Oneesan   = kakak perempuan,dll.

Baca juga » Cara Cepat Belajar Bahasa Jawa

  • Katakana

Katakana merupakan salah satu faktor pendukung dalam belajar bahasa jepang untuk pemula. Selain itu katakana juga merupakan huruf yang digunakan untuk menulis istilah kata-kata asing dalam bahasa jepang, seperti istilah Bahasa Inggris yang telah diubah ke dalam bahasa jepang.

belajar bahasa jepang dasar katakana

Sumber : weihomegakuen.com

Contoh pengunaan penulisan Katakana

タニア アリニ    dibaca    : Anita Arini
デイアン プトラ   dibaca     : Dian Putora (Dian Putra)
ラブレータ           dibaca    : Rabu Reeta  = Love Letter
インドネシア          dibaca    : Indonesia
バリ                   dibaca    : Bali

  • Kanji

Pada zaman dulu kanji di kenal dengan sebutan mana (真名) atau shinji (真字), hal ini dilakukan untuk membedakannya dari kana. Selain itu huruf kanji ini juga merupakan huruf yang pertama kali di buat oleh bangsa Cina.

Huruf kanji pada zaman modern ini telah dimodifikasi sedemikian rupa oleh bangasa Cina dengan maksud dan tujuan untuk mempermudah proses pembelajaran. Namun berbeda dengan bangsa jepang yang mebudidayakan dan melestarikan huruf kanji dalam bentuk aslinya.

Satu aksara kanji akan memiliki cara membaca yang berbeda dan memiliki arti yang berbeda pula, tergantung kegunaan kalimat tersebut. Maka dari itu kalian jangan heran, jika mendengar suatu bunyi namun bisa dilambangkan dengan makna dan arti yang berbeda oleh aksara kanji.

Pada dasarnya aksara kanji memiliki dua cara dalam penguncapan suatu kalimat, yaitu ucapan tionghoa (on’yomi) dan ucapan jepang (kun’yomi).

Yang membedakan diantara keduanya yaitu “on’yomi” merupakan kalimat yang sering diucapakan oleh bangsa Cina, sedangkan “kun’yomi” merupakan kalimat yang sering diucapkan oleh bangsa Jepang. Dan bahsanyapun bisa dicampur dengan huruf hiragana.

huruf kanji dasar

Sumber : indojapanese.com

contok penulisan kanji

お母さん dibaca : Okaasan (ibu)

お父さん   dibaca : Otousan (ayah)

雨              dibaca  : Ame (hujan)

日本語      dibaca  :  Nihon Go (Bahasa Jepang)

桜              dibaca  : Sakura (bunga sakura)

楽しい      dibaca  : Tanoshii (menyenangkan/senang)

愛してる   dibaca  : aishiteru   (mencintai)

Setelah kalian paham akan hal diatas, tahap selanjutnya yang harus dilakukan untuk belajar bahasa jepang untuk pemula adalah kosakata serta tata cara dalam bahasa jepang.

Untuk lebih mudah mempelajarinya lakukan dan praktekan pembelajaran bahasa jepang ini dalam perkataan sehari-hari. Selaini itu kita juga bisa membuka kamus bahasa jepang online sebagai sarana penunjang dalam mempelajari bahasa jepang.

Langkah awal yang harus dilakukan untuk pembelajaran yaitu mencari kosakata yang menurut kita paling gampang untuk diingat dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh anda bisa menghafal kosakata tanggal, hari, benda-benda yang ada di sekelilingmu, ataupun angka dan lain sebagainya.

Baca juga » Cara Cepat Belajar Bahasa Bali Dasar

Angka Dalam Bahasa Jepang

Apakah anda masih ingat ketika kita pertama masuk sekolah? Hal yang paling pertama akan di ajarkan pasti sesuatu yang sangata mudah kita ingat seperti belajar huruf, kata per kata, angaka, tanda baca serta cara pengejaan yang benar.

Nah di dalam bahasa jepang pun sama, kita haru mempelajari sesuatu yang kita gampang untuk diingat. karena notabenya bahasa jepang memiliki tatanan huruf yang berbeda dengan huruf yang biasa kita gunakan.

Di artikel kali ini, kita akan mencoba belajar tentang angka serta cara penulisan yang baik dalam bentuk Kana (Hiragana + Katakana), Kanji dan juga Romaji.

Angka ( 0-10)

KanaKanji

Romaji

0ゼロ/れいZero/Rei
1いちIchi
2Ni
3さんSan
4し/よんShi/Yon
5Go
6ろくRoku
7しち/ななShichi/Nana
8はちHachi
9きゅう/く」Kyuu/Ku
10じゅうJuu

Dalam bilangan belasan orang jepang biasa membacanya dengan menambahkan kalimat “Juu” artinya sepuluh yang di letakan di depan satuan katanya. Contohnya angka 15 yang terbentuk dari penjumlahan “10+5” sehingga kalimat ini dibaca “Juu-go”.

Angka (11-20)

KanaKanji

Romaji

11じゅういち十一Juu-ichi
12じゅうに十二Juu-ni
13じゅうさん十三Juu-san
14じゅうよん十四Juu-yon
15じゅうご十五Juu-go
16じゅうろく十六Juu-roku
17じゅうなな十七Juu-nana
18じゅうはち十八Juu-hachi
19じゅうきゅう十九Juu-kyuu
20にじゅう二十Ni-juu

Dalam bilangan ratusan sebenarnya hampir sama dengan angka belasan diatas, biasanya di negara Jepang penyebutan bilangan angka, ratusan, ribuan, dan bahakan puluhan ribu hanya ditambahkan imbuhan di depan angka dasar. seperti “Hyaku” untuk bilangan ratusan, “Sen” untuk bilangan ribuan, dan “Man” untuk bilangan puluhan ribu.

  • Bilangan Ratusan

Angka (100-900)

KanaKanji

Romaji

100ひゃくHyaku
200にひゃく二百Ni-hyaku
300さんびゃく三百San-byaku
400よんひゃく四百Yon-hyaku
500ごひゃく五百Go-hyaku
600ろっぴゃく六百Rop-pyaku
700ななひゃく七百Nana-hyaku
800はっぴゃく八百Hap-pyaku
900きゅうひゃく九百Kyuu-hyaku
  • Bilangan Ribuan

Angka (1000-9000)

KanaKanji

Romaji

1,000いっせん一千Issen
2,000にせん二千Ni-sen
3,000さんぜん三千San-zen
4,000よんせん四千Yon-sen
5,000ごせん五千Go-sen
6,000ろくせん六千Roku-sen
7,000ななせん七千Nana-sen
8,000はっせん八千Hassen
9,000きゅうせん九千Kyuu-sen
  • Bilangan 10.000 – 100.000

Angka (10.000-100.000)

KanaKanji

Romaji

10000いちまん一万Ichi-man
20000にまん二万Ni-man
30000さんまん三万San-man
40000よんまん四万Yon-man
50000ごまん五万Go-man
60000ろくまん六万Roku-man
70000しちまん七万Shichi-man
80000はちまん八万Hachi-man
90000きゅうまん九万Kyuu-man
100,000じゅうまん十万Juu-man

Oke, itulah tadi sedikit penjelasan tentang cara belajar bahasa jepang untuk pemula. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa memberikan pandang bahwa pada dasarnya belajar bahasa jepang tidak sesulit dan serumit apa yang kita bayangkan sebelumnya.

Perlu kita ingat bahwasanya belajar bahasa jepang akan sangatlah mudah jika kita selalu mempraktekanya di bahasa sehari-hari kita, dan saya yakin pastinya anda akan cepat lancar dalam berbahasa jepang.

Baca juga » Arti dan Makna Huruf Hanacaraka

Leave a Reply