Cara Memilih dan Melatih Burung Dara Kolongan

Burung Dara Kolongan – Apakah anda tahu di tahun-tahun ini hobi yang satu ini sedang sangat diminati di kalangan masyarakat Indonesia. Terutama di Warta Bumi  Pantura dari mulai usai 15 tahun ke atas bahkan ada sampai umur 80 tahun masih bermain burung dara kolongan.

burung dara kolongan
Sumber : tribunnews.com

Ini di karenakan adanya lomba besar-besar yang di adakan di setiap kolongan terutama di kolongan Padel (Tegal), Rembun (Pekalongan),  BAH (Bekasi), Kodim (Karawang), Pondok Rangon (Jakarta), R2 (Tanggerang), BIP PPMB (Serang Banten) dan masih banyak yang lainya.

Dan perstuan ini kita semua sebut, Pesatuan Pengemar Merpati Kolongan Nusantara (PPMKN)

Hadiah yang di tawarkan pun tidak tangung-tangung, dari mulai Rumah Tipe 36, New Mobil Ayla, New Motor N-max, New Motor Vixion, New Motor Beat dan masih banyak lainya.

Dan pendaftaranya pun tergolong murah dari mulai 70 ribu untuk hadiah 10 jt, 90 untuk hadiah 15 jt, 120 ribu untuk hadiah motor vixion, 175 ribu untuk motor N-max, dan 250 – 350 untuk hadiah mobil New ayla dan rumah tipe 36.

Dengan adanya lomba yang kian semakin menarik hadiah nya, ini lah yang menjadi faktor utama kenapa semua orang kini hampir mencintai hoby burung dara kolongan.

Selain itu ini juga menjadi faktor naik ya harga burung kolongan, apalagi jika burung itu sudah pernah meraih hadiah mobil berkali-kali pastinya harganya akan fanstastis.

Dan berikut beberapa nama burung kolongan serta harga yang sangat Fantastis di Indonesai :

burung kolongan jendral
Sumber : youtube.com

Jendaral adalah salah satu burung milik Team Fatin Alam Indah (FAI) Brebes, yang di beli oleh bos besar Jakarta seharga 350 juta, dan jendral ini sudah berkali-kali meboyong mobil kepada majikanya.

  • Qiu-Qiu

burung dara kolongan termahal
Sumber : youtube.com

Qiu-Qiu dari Team Halilintar Pekalongan di kenal sebagai burung legendaris pantura, karena di setiap lomba bisa di pastikan juaranya hampir di borong oleh burung ini.

Burung ini di beli oleh Koh Tjan Billy Tanggerang seharga setengah M atau 500 juta.

  • Dori

burung dara kolongan juara
Sumber : youtube.com

Dori adalah burung baru yang muncul karena ketenaranya pada saat lomba Akbar di Padel, karena burung ini bisa mengalah kan Qiu-Qiu dan juga Jendral maka burung ini di beli oleh bos besar Jakarta seharga 570 juta.

Walaupun burung ini terbilang baru dan belum terlalu banyak memboyong hadiah mobil, namun burung ini mempunya prospek dan bakat yang sangat baik.

Dan ini adalah salah satu vidio duel merpati termahal di Indonesia

langsung saja tanpa basa-basi saya akan sedikit berbagi pengalaman cara memilih dan melatih burung kolongan yang baik dan benar!

Baca Juga : Hewan peliharaan yang Lucu dan Unik

Cara Memilih Burung Dara Kolong

ciri burung dara kolongan
Sumber : youtube.com
  1. Mata

Carilah mata yang jernis sepeti kristal, karena ini akan sangat berpengaruh kepada penglihatan burung nantinya ketika terbang tinggi.

  1. Kepala

Carilah tipe kepala burung hampir sama seperti kepala curut agak lancip dan kecil, karena biasnya burung seperti ini jiwa tempurnya akan lebih kuat mental.

  1. Sayap

Cari lah sayap yang rapet dan ujung sayapnya berbentuk bulat dan lidinya agak tipis janga terlalu tebal, ini akan bepengaruh saat burung ini terbang nantinya.

  1. Dada

Burug yang ketika jatuh bisa seperti batu itu rata-rata burung dadanya seperti jantung pisang, jadi carilah burung yang seperti itu ya.

  1. Ekor

Ketika anda memilih burung usahakan carilah burung yang memiliki ekor seperti bentuk sendok, karena identik dengan ekor seperti ini burung itu berani turun setinggi apapun burung itu terbang.

  1. Capit udang

Untuk capit udang ini sendiri pilih lah yang tebal dan keras, ini akan berpengaruh saat burung ini ngelos dari atas biasanaya dengan capit udang seperti ini burung ngelos 1 2 nya kenceng seperti pesawat jet hehehe.

Nah itu dia beberepa cara untuk memilih burung dara kolongan yang bagus, usahakan penuhi beberapa kriteria tadi agar burung yang anda pilih bisa membangakan dan tentunya bisa mendapatkan juara di event-event besar aminn.

Cara Melatih / Merawat Burung Dara Kolongan

cara merawat burung dara kolongan
Sumber : youtube.com

1. Latihan Fisik, usahakan semaksimal mungkin burung untuk lomba harus mempunyai fisik yang    bagus dengan cara :

  • Di jemur setiap pagi dari jam 07.00 – 11.00
  • Push up setiap pagi selama beberpa menit dengan cara di basahkan bulunya.

Fisik ini bertujuan agar merpati tidak cepat kelelahan pada saat lomba, karena ketika merpati bisa terbang kurang lebih 11 kali lepas dengan jarak 1,2 kilo meter.

2. Ketika burung itu giring usahakan melatihnya harus di kolongan, karena apa itu akan membantu otak si burung agar cepat hafal bendera kolong dan cepat hafal jalur / trek dari kolongan tersebut.

3. Ketika sampai di kolongan jangan terlalu nafsu untuk terus menjauh kan burung dari titik satu ke titik selanjutnya.

Bertahaplah karena ini bisa menjadi penyebab mapan atau tidak burung terhadap kolongan, dan berpengaruh juga nanti pada saat lomba.

4. Identiknya burung hafal / mapan dengan kolongan itu 3 hari, mulai dari hari rabu kamis jum’at dan mafaat kan waktu 3 hari itu untuk kemapanan burung dan lakukanlah step by step.

Misalnya burung keluar hari rabu dan untuk lepasan hari pertama cukup 300 meter saja dan hari kamis bertambah menjadi 700 meter dan lakukan itu secara terus menerus sampai burung itu mapan kolongan.

5. Ketika burung ini terbang tinggi di kolongan baru jangan terlalu nafsu untuk langsung di kolongkan karena biasanya burung ini tidak akan kuat turun, tarik lah secara perlahan dari jam 10 atau jam 11 untuk membiasakanya terlebih dahulu.

Carilah gandengan atau untulan yang bisa membawa dia sampai atas kolongan, jangan cari gandengan yang galak karena ini bisa membentuk karakter si burung tersebut.

6. Usahakan ketika melatih pakai baju dengan satu warna / pake jaket team kalian, ini bertujuan agar si burung lebih mudah mengenal majikanya dan betinya.

Ohw ya ada satu lagi yang hampir saya lupa, agar siburung ini selalu vit dan sehat kita harus selalu mengasihkan Suplemen / vitaminin tamabahan untuk si burung.

Karena burung ini udah kita anggap seperti atlet, yang namanya atlet itu nomer satu itu tenaga dan tenga itu dari mana sumbernya ya dari otot, otot pake apa suplemenya ya bermacam-macam salah satunya yaitu protein.

Dan salah satu suplemen yang saya sarankan adalah B-Trex karena efek suplemen ini sangat enak di badan siburung dan ini udah di uji oleh Team Baron Tegal dari tahun 2016.

burung merpati kolongan juara nasional
Sumber : bukalapak.com

Manfaat B-Trex yaitu :

  • Mendongrak stamina ke level pucak
  • Meningkatkan ke stabilan terbang
  • Meningkatkan kecepatan (sprint) terbang
  • Menambahkan semangat
  • Melindungi sel-sel otak dari kerusakan
  • Memperbaiki sel-sel otot yang rusak saat latihan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit

Cara pemakaian :

1 kapsul sebulum latihan (minimal 3 jam) dan 1 kapsul segera setelah latihan campurkan 1 kapsul dengan 50ml air untuk minuman saat lomba.

B-Trek ini bisa anda beli di Team Baron tegal atau sudah banyak agenya hampir di setiap kota ada  dan di bukalapak juga ada lho, dengan harga 170 ribu untuk isi 50 butir dan 300 ribu untuk isi 100 butir.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *