ciri ciri ayam birma asli

√ Ciri-Ciri Ayam Birma Asli Import (Penjelasan, Gambar dan Kelebihanya)

Ciri-Ciri Ayam Birma – Ciri-ciri ayam birma asli dan berkualitas berikut di bawah ini merupakan macam-macam ayam birma asli di lihat dari berapa aspek, di antaranya ayam birma di lihat dari fisik, tulangan, dan gaya tarung.

Secara umum, ayam birma memiliki ciri-ciri yang khas yang tidak dimiliki oleh ayam petarung lainya. Baik itu di lihat dari segi postur tubuh, warna bulu, pukulan dan cara mematukpun tidak sama dengan ayam aduan lainya.

ciri-ciri ayam birma asli

Sumber : rebanas.com

Untuk mengetahui selengkapnya kali ini saya akan membagikan ciri-ciri ayam birma asli yang bagus dan berkualitas, karena sekarang ini banyak sekali ayam yang mempunyai postur yang sama namun tidak memiliki khas ataupun pukulan sawat (pukulan mematikan).

Sebelum anda memilih atau membedakan mana ayam birma asli dengan ayam birma lokal maupun hasil silangan hendaknya anda juga harus mengetahui ciri-ciri ayam birma asli dan ayam birma impor.

Banyak misteri yang terjadi pada ayam birma ini, karena berbagai tanda tanya telah berdatangan pada ayam yang satu ini. Mengapa ayam birma asli impor mempunyai daya tahan pukul yang lebih baik dan mengapa ayam birma asli lokal tidak memilikinya.

bahkan banyak sekali penghobi ayam aduan yang meragukan ayam birma asli lokal ini, untuk di jadikan atlitnya padahal tanpa kita ketahui ayam birma asli lokal bisa mengatasi ayam yang berukuran satu tingkat di atasnya atau lebih besar darinya. ( Baca juga jenis-jenis ayam laga paling populer di dunia sambung disini )

Ayam birma asli impor memiliki kualitas yang lebih baik jika kita bandingankan dengan ayam burma asli lokal, hal itu bisa kita lihat akurasi pukulan dan daya tahan saat meniram pukulan dari lawan.

Hati-hati jika anda ingin memilih ayam birma, karena hasil kawin silang antara ayam birma asli dan ayam birma kampung memilik hasil yang bisa di katan mirip dengan ayam birma asli. Yang membedakan di antara keduanya adalah gaya tarung dari ayam itu sendiri.

Karena anakan dari hasil silang itu cenderung akan mempunyai gaya tarung atau seolah lari dari lima langkah. Untuk mengetahui lebih jelasnya berikut di bawah ini kreteria ayam birma asli impor.

Baca juga » Fakta Ayam Cemani

Ciri-ciri Ayam Birma Asli Impor dan Kelebihanya

  •  Tulangan Ayam Birma Asli Memiliki Tulangan yang Relatif Tipis

tulangan ayam birma asli

Sumber : curvetube.com

hal ini sangat berbeda dengan tulangan yang di miliki oleh ayam aduan lainya. Seperti halnya ayam bangkok ataupun saigon, keduanya meiliki tulangan yang sangat tebal dan kuat.

  •  Pukulan yang Tepat dan Akurat

ciri ciri ayam burma asli

Sumber : sabungayamsv388.hatenablog.com

Namun di balik tulangan yang tipis ayam birma asli impor memiliki pukulan yang cepat dan juga akurat hal itu tentunya membingungkan sekali karena tentunya tulangan dalam kategori sambung ayam merupakan aspek terpenting yang harus di penuhi.

karena akan berpengaruh oleh faktor pertahanan, kekokohan dan ketanguhan yang terletak pada tulangan yang dimiliknya. Selain tebal dan keras tulangan yang dimilikinya maka akan semakin kokoh dan tanguh.

Tulangan ayam birma dinilai kurang memenuhi kriteria sebagai ayam petarung yang tangguh. Karena mempunyai tulangan yang relatif tipis dan kurang kuat meneriam pukulan ke arah badan dan kepala.

  •  Daya Tahan Pukul yang Baik

gaya tarung ayam birma

Sumber : pinterest.com

Walaupun tulangan ayam burma mirip tulangan ayam kampung biasa, namun ayam birma asli memilik daya tahan pukul lebih baik di bandingkan dengan ayam birma lokal.

Secara umum ayam birma asli meiliki ukuran paling besar 5 atau kurang dari 6, ukuran ini tentunya di bawah rata-rata dari ukuran ayam bangkok

Namun yang sering mengejutkan itu ayam birma asli bisa menaklukan ayam bangkok, padahal ayam bangkok tersebut memiliki ukuran yang lebih besar. Mungkin itulah salah satu keistimewaan ayam burma asli yang kecerdasanya tidak dimiliki ayam aduan lainya.

Baca juga » Contoh Kandang Ayam Bangkok

  •  Ayam Birma juga Memilik Warna yang Sangat Unik

ayam birma mempunyai warna yang sangat unik

Sumber : rabanas.com

ayam burma asli memilik bulu yang berfariasi seperti halnya pada ayam kampuung dan takhanya itu bulu rawisnya pun hampir sama dengan bulu rawis ayam kampung

  •  Mempunyai Bentuk Kepala yang Relatif Kecil

ciri kepala ayam birma asli

Sumber : menorehbreeder.wordpress.com

Namun di balik semua itu ayam birma memiliki mental bertarung yang sangat bagus dan naluri menyerang yang sangat luar biasa. Gaya tarung ayam birma memiliki keunikan sendiri dalam bertarung yang akan selalu berubah buah demi mencari keamanan dan mencari titik leamah lawan.

  •  Memiliki Pukulan Nyawat / Taji

pukulan nyawat/taji

Sumber : ayamtaji.cc

Ayam birma asli memiliki gaya tarung yang dalam istilah jawa disebut “nyawat”  pukulan taji yang tepat dan akurat sesuai dengan sasaran.

Berbeda dengan ayam birma hasil perkawinan silang antara ayam birma dengan ayam bangkok atau saigon, yang rata-rata akan menghasilkan anakan yang kurang dalam itekhnik dan semakin berkurang dalam akurasi serangan dan pukulan.

  •  Gaya Tarung Anti Luk

ayam birma anti luk

Sumber : m303bet.net

Gaya tarung ayam burma asli sangat istimewa sekali dengan tekhnik menghindar anti luk atau anti di kunci lawan karena ayam birma ketika menghadapi lawan akan selalu menjaga jarak terhadap lawan dalam pertarungan.

Yang akan melancarkan pukulan taji ke arah telinga atau sekitar wajah lawan dengan tepat sekali, sehingga tak heran jika ayam birma asli bisa memenangkan dalam waktu sekejap atau kurang dari 1 airan dalam hitungan menit pertarungan.

Baca Juga » Jenis Ayam Hias

  •  Gaya Tarung yang Sangat Unik

gaya tarung ayam birma yang baik

Sumber : s1288.net

Ayam aduan birma yang bagus mempunyai ciri-ciri yang tidak jauh dari ayam birma asli yang berasal dari Myanmar, sejalan dengan perkembangan adu ayam bangkok jenis birma lebih mendominasi laga berkat pekerja keras dari Thailand.

Oleh peternak ayam aduan di Thailand ayam birma yang dulunya berasal dari Myanmar di kemabangkan hingga mempunyai hasil ternakan yang berkualitas sebagai ayam aduan terpopuler.

Ayam aduan birma memiliki gaya tarung yang tidak di miliki oleh ayam aduan bangkok, akibat keunikan gaya tarung tersebut juga banyak pula peternak Thailand yang menyilangkan ayam birma dengan ayam Thailand.

Namun bagai mana mengethaui ayam birma yang asli dan ayam birma yang campuran? Untuk mengetahui ciri ayam birma dari thailand yang bagus dan berkualitas dengan ayam birma campuran adalah

  • Mempunyai tulangan yang sangat kecil
  • Bentuk kepala model buah pinang dan kecil
  • Sayap rapat dan panjang
  • Matanya agak melotot
  • Di telingga terkadang masih ada warna putih
  • Warna kaki agak gelap
  • Warna mata kehitam-hitaman
  • Dan warna mata lebih jernih

Pada umumya, untuk ayam aduan myanmar dan ayam hibrida silangan, namun pada dasar perkawilan silang ayam hibrida tersebut mempunyai keuntungan dan keunggulan tersendiri yang mampu menutupi kelemahan ayam birma asli myanmar.

Adapun keungulan ayam hibrida dengan ayam birma myanmar dan ayam birma thailand adalah

  • Hibrida lebih lincah
  • Mempunyai kecepatan yang sempuran 100 % untuk
  • 75 % mempunyai tingkat kecerdasan yang luar biasa
  • 50 % mempunyai gaya dan taktik dalam bertaung yang sempurna
  • Gaya dan taktik dalam bertaung mendekati ayam myanmar

Baca juga » Ciri Ayam Bangkok Pukul Mati

Leave a Reply