Jenis Ayam Hias

Ayam hias adalah merupakan jenis ayam yang yang di pelihara dengan tujuan sebagai sarana penghias pekarangan rumah atau kandang. Jenis ayam hias tersebut banyak sekali diminati di kalangan masyarakat karena mempunyai keunikan tersendiri dari pada ayam pada umumnya.

Dari ayam hias inipun terdiri dari bermacam-macam jenis ayam hias. Jenis ini di percaya dapat menghibur suasana suntuk dirumah atau penghilang rasa stres karena kerjaan yang begitu numpuk.

merak putih
Sumber : pixabay.com

Namun sebelum anda memutuskan untuk memeliharanya, anda harus tahu terlebih dahulu jenis ayam apa yang akan anda pelihara nanti.

Di bawah ini ada 15 jenis ayam hias yang paling populer di indoesia dan juga paling banyak diminati karena jenis ayam hias ini memiliki postur tubuh yang unik, bulu yang cantik, langka atau bahkan suaranya yang khas.

15 Jenis Ayam Hias paling di Minati Tahun 2019

Ayam Bantam Chocin atau Brahma

ayam bantam chocin
Sumber : bursaunggashias.com

Jenis ayam bantam chocin ini merupakan salah satu ayam hias yang memiliki keunikan tersendiri yang terletak pada bulu dan postur tubuhnya.

Ciri khas dar ayam ini yaitu memiliki bulu yang sangat lebat sekilas hampir mirip dengan ayam brahma. Postur tubuh dari ayam ini berbentuk bulat dan berat badan dari ayam ini lumayan besar.

Jenis Ayam Hias Cemani

ayam cemani
Sumber : hipwee.com

Ayam cemani merupaka ayam asli dari tanah air kita, dimana nama cemani ini berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti hitam legam.

Ciri khas yang sangat menoncol dari ayam ini yaitu hampir seluruh badanya memiliki warna hitam. Bahkan sampai daging, tulang, darah dan jeroanyapun semuanya berwarna hitam legam.

Jenis Ayam Hias Merak

ayam merak
Sumber : pixabay.com

Siapa sih yang ng kenal tentang ayam atau burung merak yang memiliki warna dan bentuk ekor yang sangat indah, namun anda juga harus tahu bahwa burung merak terdapat dua jenis yaitu merak hijau dan merak putih.

Merak hijau merupakan jenis yang populasinya tersebar luas salah satunya yaitu di Indonesia. Namun di Indonesia sendiri merak hijau termasuk salah satu jenis hewan yang dilindungi karena kebradaanya yang bisa dikatakan amat langka.

Merak putih merupakan jenis merak yang berasal dari India yang memiliki bulu khas yang berwarna putih hampir disemua tubuhnya. Merak yang satu ini sudah cukup langka untuk ditemui, karena populsanya hanya tersebar di India dan Srilangka.

Keindihana burung atau ayam merak ini akan terlihat saat ekornya sedang mekar.

Jenis Ayam Hias Kate Ceper

ayam kate ceper
Sumber : youtube.com

Ayam kate ceper merupakan salah satu ayam hias yang berasal dari Indonesia, ayam yang satu ini paling banyak diminati untuk di jadikan sebagai penghias halaman rumah anda.

Keunikan dan daya tarik dari si ayam ini yaitu cara berjalanya, warnanya, bahkan kejantananya yang mampu mengawini ayam jenis lainya yang memiliki postur tubuhnya yang jauh lebih besar. Selain itu ayam ini juga sudah dijadikan sebagai ajang lomba atau event-event besar.

Jenis Ayam Hias Tukung

ayam tukung
blogternakayam.blogspot.com

Ayam tukung merupakan jenis ayam yang memiliki keistimewaan karena meruapakan salah satu dari ayam lokal yang pada salah satu bagian tubuhnya tidak tumbuh dengan sempurna.

Yakni tidak memiliki pangkal ekor sehingga tidak mempunyai bulu ekor seperti ayam pada umunya. Sehingga dengan keunikanya itu ayam ini sekarang sudah mulai banyak diminati untuk dijadikan sebagai ayam hias yang sangat langka.

Ayam Serama

ayam serama
Sumber : medanbisnisdaily.com

Ayam serama yang asli meruapakan ayam hasil dari persilangan dari berbagai jenis ayam yang memiliki postur tubuh yang unik. Spesies dari ayam ini terbilang cukup langka karena sangat jarang sekali untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Sekilas ayam ini mirip dengan ayam berkisar, yang juga bukan merupakan spesies melainka hasil persilangan dari ayam hutan jantan hijau dengan ayam kampung.

Yang membedakan ayam serama dengan ayam kate yaitu ayam serama meiliki postur tubuh yang lebih kecil di bandingakan dengan ayam kate, dan juga memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri.

Ayam Ketawa

ayam ketawa
Sumber : kabare.id

Ayam ketawa meruapakan ayam yang berasal dari Sidenren Rappang (sidrap) yang berlokasikan 184 kilometer dari Makassar, Sulawesi Selatan. Ayam ini di berinama ayam ketawa karena memiliki bunyi saat berkokok menyerupai bunyi ketawa manusia.

Ayam ketawa juga sering disebut sebagai ayam manugaga yang berarti ayam yang gagah saat berkokok (ketawa).

Karena dengan keunikanya ayam ini sekarang banyak sekali diminati sebagai masyarakat kita sebagai ayam hias dan juga banyak di jadikan sebagai ajang perlombaan.

Ayam Ekor Panjang

ayam ekor panjang
Sumber : hobiternak.com

Ayam ekor panjang atau ayam onagadori adalah salah satu jenis ayam yang memiliki ke unikan dan termasukk hewan yang langkan. Ayam ini merupakan ayam asli dari jepang yang memiliki ekor sangat panjang yang bisa mencapai 20 meter.

Ayam ekor panjang ini merupakan salah satu dari 17 spesies ayam hias asli dari negara Jepang yang banyak di kembangbiakan di Indonesia.

Ayam Pelung

ayam pelung
Sumber : agcmp3.com

Ayam pelung meruapak ayam asli ras ayam lokal yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Ayam pelung ini sangat lah berbeda dengan ayam pada umunya karena ayam pelung ini memiliki ciri khas dengan kokokanya yang sangat panjang dan juga berirama seperti lagu.

Dan ayam ini sekilas hampir mirip dengan ayam ketawa dan juga ayam berg. Karena keunikanya itu banyak orang yang ingin menjadikan ayam pelung sebagai ayam hias dan bahkan ada yang ingin dijadikan sebagai ayam kontes.

Ayam Modern Game Bantam

Ayam Modern Game Bantam
Sumber : omkicau.com

Ayam modern game bantam merupakan ayam yang berasal dari Britania Raya. Ayam ini memiliki keunikan yang sangat signifikan yaitu mempunyai kakai yang sangat panjang sehingga ayam ini juga terkenal dengan julukan ayam jangkung.

Apa lagi ketika berjalan, gaya lenggak-lenggoknya sangat mirip dengan model yang sedang pose di catwalk hehe.

Dulu ayam ini kerap di jadikan sebagai ayam aduan namun setelah muncul peraturan akan dilarangnya adu ayam pada tahun 1849. Para peternak kemudian memanfaatkanya untuk di jadikan sebagai salah satu jenis ayam hias yang unik.

Ayam Ringneck Pheasant

Ayam Ringneck Pheasant
Sumber : jualayamhias.com

Ayam ringneck pheasant adalah salah satu jenis ayam hias yang keberadanya berkembang dengan pesat di Indonesia. Jenis ayam ini merupakan ayam yang berasal dari negeri tirai bambu Tiongkok, Cina.

Di indonesia sangat jarang sekali peternak yang menernakan ayam pheasant ini, sehingga ayam ini tergolong sangat langka di Indonesia. Bahkan karena ke unikan dan kelangkaanya ini harga dari ayam ini cukup mahal.

Namun kebanyakan para kolektor sangat menyukai jenis ayam hias yang satu ini karena selain untuk menyalurkan hobi, bulu dari ayam inipun sangat lah indah dan tidak kalah bagusnya dengan burung ayam merak.

Ayam Polandia

Ayam Polandia
Sumber : floradanfauna.com

Ayam polandia atau biasa dikenal dengan ayam jambul meruapak ayam yang memiliki mahkota di kepalanya. Walaupun namanya ayam polandia namun ayam ini sebenarnya berasal negara Belanda.

Jenis ayam polandia terdiri dari 3 jenis yaitu ayam poland galur murni meruapak jenis ayam yang hanya memiliki warna abu-abu atau hitam dan jambulnya berwarna putih.

Yang kedua yaitu ayam poland three colour meruapak ayam yang warna bulunya terdiri dari 3 farian warna. Dan yang ketiga yaitu ayam poland tanduk merupakan ayam yang memiliki jengger menyerupai tanduk.

Ayam Brahma

Ayam Brahma
Sumber : pixabay.com

Ayam brahma adalah salah satu jenis unggas yang mempunyai ciri khas postur tubuhnya yang sangat besar dan tinggi. Pada zaman dahulu ayam brahma banyak di manfaatkan untuk di ambil dagin ataupun telurnya,.

Karena postur tubuhnya yang besar dan tinggi tentu ayam ini sangat produktif untuk di jadikan sebagai ayam petelur dan di ambil dagingnya. Namun seiring perkembangan zaman saat ini, masyarakat sudah mulai menyadari tentang keindahan dari ayam burma.

Ke indahan ayam burma ini terletak pada bulunya yang sangat lebat dan juga bentuk bulunya yang unik. Sehingga di beberapa negara termasuk Indonesia sudah mulai menjadikan ayam burma sebagai ayam hias.

Ayam Hutan Hijau

Ayam Hutan Hijau
Sumber : bp4kgresik.wordpress.com

Ayam ini memiliki nama latin gallus varius, ayam jenis ini merupakan ayam yang termasuk kedalam golongan sejenis burung atau unggas dari suku Phasianidae. Yang masih ada satu keturunan dari keluarga ayam, puyuh, merak dan sempidan.

Di Indonesia sendiri ayam jenis ini banyak sekali bisa kita temukan di Pulau Jawa, Gugusan pulau Madura, Bali, Lombok, Sumba, Sumbawa, Flores dan Kepulauan Alor.

Ayam hutan hijau ini mempunyai warna bulu yang sangat menarik sehingga banyak orang yang mencari dan di jadikanya sebagai ayam hias yang akan mewarnai pekarangan rumah anda.

Ayam Kalkun

Ayam Kalkun
Sumber : pixabay.com

Kalkun atau burung kalkun merupakan salah satu spesies burung yang berukaran besar yang berasa dari ordo Galliformes genus Meleagris. Ayam ini sangat banyak diminati untuk dijadikan sebagai ayam hias karena memiliki warna-warni pada bulunya yang sangat indah.

Namun jika kalkun yang betina warnanya akan cenderung lebih sedikit dan postur tubuhnyapun lebih kecil di bandingkan ayam kalkun yang jantan.

yuk baca juga artikel terkait lainya disini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *