Eurasia Eagle Owl

11+ Jenis burung Hantu Lengkap Gambar, Harga dan Penjelasan (Terlengkap)

Sebagian orang awam mungkin tidak mengira kalau burung hantu itu bisa di pelihara, alasanya karena jenis burung ini memiliki ciri-ciri dan karakter yang menakutkan. Di tambah lagi adanya mitos yang beredar di masyarakat yaitu jika ada burung hantu pertanda akan ada orang yang meninggal.

Padahal kenyataanya tidaklah demikian, burung hantu merupakan jenis burung yang unik dan tidak sama seperti burung-burung lainya. Hanya saja burung hantu hanya aktif di malam hari dan bermata bulat sehingga terkesan menyeramkan.

Jenis Burung Hantu yang Cocok di Peliharaan

Di Indonesia sendiri banyak di pelihara dan di perjual belikan di pasar-pasar hewan. Menurut catatan sejara burung hantu memiliki 222 sepesies di seluruh penjuru dunia. Dan hanya ada beberapa jenis burung hantu yang kerap di pelihara oleh para penghobi.

Nah pada artikel kali ini saya akan membahas tentang harga burung hantu berdasarkan jenis-jenisnya. Dan semoga bisa di jadikan sebagai referensi buat kalian yang merawat burung hantu.

Jenis Burung Hantu Tyto Alba

Jenis yang pertama adalah burung hantu tyto alba, spesial ini termasuk yang banyak di cari oleh para penghobi. Burung ini memiliki tubuh sebesar 25 sampai dengan 50 cm dan lebar sayap sekisar 70 sampai dengan 110 cm.

Tyto alba merupakan burung yang tidak di memiliki kelebihan oleh burung hantu yang lainya. Yaitu dari segi berburu mangsa, ketika menangkap mangsa burung ini terbang dengan kecepatan yang sangat cepat  di tambah dengan penglihatan yang sangat tajam.

Hebatnya lagi tyto alba bisa meredam suara dari sayapnya, sehingga korban tidak mengetahui pergerakanya. Biansanya burung hantu ini di manfaatkan oleh petani untuk menjaga sawahnya dari serangan hama dan tikus.

Untuk harga terbaru burung ini kisaran harga 450 ribu hingga 600 ribu rupiah.

Baca juga » Jenis Burung Murai

Jenis Burung Hantu Celepuk

Burung Hantu Celepuk

Jalaksuren.net

Burung hantu celepuk merupakan jenis burung hantu yang paling banyak di temukan di Indoensia, terutama di pulau jawa. Sebab burung celepuk habitat aslinya dari Indonesia.

Ciri-cirinya adalah burung yang berwarna kecoklatan, memiliki jumbai di atas bagian kepala dan telinganya berwarna agak kemerahan.

Ukuranya sangat mini dan kecil di bandingakan burung hantu lainya, paling besarnya saja 19 hingga 25 cm dengan sayap maksimal 40 cm.

Di samping itu burung celepuk mudah di pelihara untuk para pemula, serta harganya yang murah berkisar 50 hingga 150 rupiah.

Jenis Burung Hantu White Owl

Burung Hantu White Owl

Burungnya.com

Burung hantu white owl atau burung hantu putih memiliki bentuk yang sangat elegan, dengan warna putihnya membuat dia terlihat menawan. Dan banyak pula pecinta burung hantu yang mengemarinya.

Ukuran tubuhnya bisa mencapai 35 cm lebar sayapnya berkisar sampai dengan 70 cm.

Untuk masalah harga mungkin sesuai dengan penampilanya, burung hantu yang indah ini di bandrol dengan harga sekitar 450 rupiah untuk ukuran dewasa bisa lebih dan bisa kurang, semua itu tergantung dengan kualitas si burung hantu itu sendiri.

Jenis Burung Hantu Snowy Owl

Burung Hantu Snowy Owl

pixabay.com

Burung hantu snowy owl atau burung hantu salju merupakan spesies yang sering di jumpai di pepohonan benua eropa, amerika dan asia.

Burung ini memiliki penampilan fisik yang tidak kalah menariknya dengan burung hantu putih lainya, tubuhnya nyaris berwarna putih salju seluruhnya.

Untuk yang betina umunya terdapat corak hitam di sisi dada, punggung dan sayapnya. Sedangkan besar badanya bisa mencapai 30 cm.

Bentuk muka tidak beda jauh dengan spesia burung hantu lainya, wajahnya berbentuk seperti love sehingga terlihat memakai topeng.

Adapun harganya juga relatif mahal kisaran 450 sampai 600 ribu rupiah.

Baca juga » Jenis Burung Kicau

Bubo Sumantranus

burung hantu bubo sumantranus

youtube.com

Burung hantu bubo bisa kalian temui di daerah Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Brunai darussalam.

Untuk harga jenis burung hantu ini bisa di katakan harga yang paling mahal di bandingkan dengan jenis-jenis lainya, yaitu sekita 1 juta ke atas.

Hal itu di sebabkan karena burung hantu bubo sumantranus agak susah untuk di dapatkan, selain itu burung ini juga memiliki perawakan tubuh yang besar sampai dengan 50 cm.

Bubo Ketupu / Buffy Fish Owl

Burung Hantu Buffy Fish Owl

hbw.com

Sama halnya seperti bubo sumantranus, burung hantu jenis ini juga memiliki perawakan tubuh yang besar. Burung ini memiliki jumbai telingga yang sangat jelas dan warna tubuhnya yang di dominasi oleh coklat crem dan corak hitam vertikal.

Harganya tidak jauh beda oleh bubo sumantranus yaitu sekitar 500 sampai 800 ribu rupiah.

Javan Owlet

burung hantu Javan Owlet

deviantart.com

Owl yang memiliki mata cincin kuning ini merupakan owl yang paling pendek, karena tingginya tidak lebih dari 18 cm dan postur tubuhnya juga cenderung bulat.

Meskipun kecil burung hantu y ang satu ini merupakan burung hantu yang langka, karena jarang sekali di temui dan beberapa orang biasanya sering kali tertukar antara javan owlet dengan brown hawk owl karenan memang keduanya memiliki kemiripan.

Namun perbedaanya ada pada postur tubuh dimana javan owl lebih kecil dan BHO lebih besar atau lebih tinggi.

Makan javan owl sendiri dominanya adalah serangga, kemudian dai juga mau makan mamalia kecil seperti tikus, hamster,tupai ataupun unggas-unggas kecil seperti cicak.

Untuk masalah harga hampir sama dengan jenis burung hantu lainya yaitu sekitar 300 ribu sampai 800 ribu rupiah.

Oriental bay/Obay

burng hantu oriental bay

duniaq.com

Dari namanya bisa kita ketahui yaitu oriental dimana ciri khas dari burung ini adalah matanya akan sipit apabila bertemu dengan lawanya atau sedang difence.

Kemudian burung hantu ini tingginya kurang lebih 20 hingga 22 cm, burung jenis owl ini merupakan burung yang sangat jarang sekali bergerak atau terbang, jadi jangan heran jika kalian menangkap burung ini dan di latih untuk skill itu biasanya agak lama karena memang karakternya yang pendiam.

Makan dari owl ini sendiri adalah mamalia kecil dan serangga-serangga kecil dan biasanya mereka bersarang di pohon yang mati kemudian dia membuat lubang di dalam pohon tersebut seperti di pohon aren.

Harga dari burung hantu oriental bay ini bisa kalian temukan di pasaran seharga 300 ribu hingga 600 ribu rupiah.

Baca juga » Harga Burung Murai

Ninox / Brown Hawk Owl

Brown Hawk Owl

indianbirds.thedynamicnature.com

Brown hawk ini sangat mirip dengan javan owlet namun perbedaanya ada pada warna bulu dan juga postur tubuh, untuk warna bulu javan owl yaitu garis-garis putih di depan namun klau untuk ninox ini biasanya lebih totol-totol di bagain dadanya.

Kemudian untuk tinggi badanya juga lebih panjang atau lebih tinggi di banding javan owlet sekitar 25 cm. Tapi untuk tubuhnya ini sendir lebih ramping jadi berbeda dengan ninoc/obay yang lebih bulat.

Maka dari itu beberapa orang yang mungkin masih owam tentang burung hantu mengira bahwa burung ini adalah burung alap-alap atau burung elang karena postur tubuhnya yang ramping.

Dan untuk matanya sendir itu cincin kuning dan makananya dominan serangga, mamalia kecil ataupun unggas-unggas kecil.

Untuk harganya sendiri burung hantu jenis ini tergolong cukup mahal sekitar 650 ribu hingga 800 ribu rupiah.

Jenis Burung Hantu Terbesar di Dunia

Burung hantu atau owl adalah burung keluarga Strigide yang terdapat banyak sekali spesies burung hantu di seluruh dunia, mulai dari Amerika, Eropa, Asia, Australia dan Afrik.

Di antara banyaknya spesies yang ada berikut adalah 5 jenis burung hantu yang terbesar

Eurasia Eagle Owl

Eurasia Eagle Owl

pioxabay.com

Burung ini memiliki nama ilmiyah “Bubo Bubo”

Keluarga : Strigidae

Marga : Bubo

Persebaran habitat : Hidup di daratan Eropa, Rusia dan Asia Tengah

burung jenis ini sering disebut sebagai burung hantu yang terberat dan terbesar, Eurasia Eadle Owl sangat kuat, sehingga dengan kekuatanya tersebut dia mampu menyerang dan membunuh Golden Eagle yang hampir dewasa.

burung ini memiliki ukuran panjang rata-rata sekitar 60-75 cm dan berat 1500-4200 kg.

Great Grey Owl

Great Grey Owl

altaboutbirds.org

burung ini memiliki nama ilmiyah “Strix Nebulusa”

Keluarga : Strigidae

Marga : Strix

Persebaran habitat : Ada dua ras yang tersebar di Amerika Utara dan Eurasia

  • S. N. Nebulosa : Amerika Utara
  • S. N. Lapponica : Eurasia Utara

Burung ini memiliki ukuran rata-rata panjang 59-69 cm, dengan berat 800-1700 kg. dalam hal panjangnya, great grey owl bersaing dengan eurasia eagle owl yang di kategorikan sebagai burung terbesar.

Snowy Owl

Snowy Owl

pixabay.com

burung ini memiliki nama ilmiyah “Bubo Scandiacus”

Keluarga : Strigidae

marga : bubo

Persebaran habitat burung ini sekitar arktik di bagian paling utara Alaska, Kanada Utara, dan Eurasia.

Awalnya burung ini di anggap berbeda dan di klarifikasikan sebagai satu-satunya spesies dari Genus Nyctea. tapi penelitian terbaru menunjukan bahwa snowy owl sangat erat kaitanya dengan dalam genuys bubo.

burung ini memiliki ukuran dengan panjang rata-rata 52-66 cm dan berat 700-2950 kg.

Great Horned Owl

Great Horned Owl

pixabay.com

Burung jenis ini mempunyai nama ilmiyah “Bubo Virginianus”

Keluarga : Strigidae

Marga : Bubo

Persebaran habitat burung ini mencangkup negara Amerika Serikat bagian Timur, jenis burung ini adalah burung hantu yang paling agresif dan kuat di bandingkan burung hantu lainya.

Tercatat burung ini sering membunuh elang ekor merah dan burng hantu abu-abu bahkan yang ukuranya lebih besar. Burung hantu ini juga sangup membunuh elang berukuran besar.

Burung ini memiliki ukuran rata-rata dengan panjang 51-60 cm denga nberat 680-25000 kg.

Baca juga » Jenis Burung Kolibri

Blakiston’s Fish Owl

Blakiston's Fish Owl

japanvisitor.com

Burung jenis ini ialah burung yang mempunyai nama ilmiyah “Bubo Blakistoni”

Keluarga : Strigidae

Marga : Bubo

persebaran habitat burung ini hanya ada di negara Hokkaido Jepang.

Blakiston’s fish owl adalah burung hantu terbesar besama dengan eurasia eagle owl. Burung hantu ini sekilas terlihat seperti eurasia eagle owl namun burung ini warnanya lebih pucat.

burung jenis ini memiliki ukuran rata-rata dengan panjang 60-75 cm dan berat 3-3,75 kg, ukuran betinanya lebih besar dan bisa mencapai 4,5 kg.

Nah itulah tadi jenis-jenis burung hantu yang banyak di minati masyarakat, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kalian yang membacanya. Terimakasih!!

Leave a Reply