murai batu nias

√ Jenis Burung Murai yang Bagus dan Tepopuler (Gambar, Ciri Fisik dan Penjelasan)

Siapa sih yang tidak kenal dengan burung murai batu? Yups jenis burung murai batu ini sangat terkenal serta familiar sekali namanya di Indonesia bahkan sampai keluar negara.

Karena burung murai batu ini mempunyai suara yang sangat merdu sekali sehingga menjadikan orang yang mendengarnya merasa tertarik untuk memilikinya sebagai penghias rumah maupun untuk ajang perlombaan burng kicau.

Jenis Burung Murai Batu yang Bagus

Di Indonsesia dan negara tetangga kita, ada banyak sekali jenis murai batu yang memiliki suara bagu nan merdu yang menjadi dambaan para penghobi burung kicau. Seperti murai batu medan, murai batu lampung, murai batu nisa dan masih banyak yang lainya.

Jadi ketika sahabat kicau mania binggung ingin memilih jenis burung murai batu apa yang bagus untuk di pelihara maupun di ikut sertakan dalam ajang perlombaan. Alangkah baiknya anda mengetahui ciri-ciri serta karakter burung murai batu tersebut.

Berikut di bawah ini ciri khas suara, karakter, fisik, serta kelemahan dari burung murai batu lengkap dengan harganya.

Baca juga » Jenis Burung Hantu

Jenis Burung Murai Batu Medan

Murai Batu Medan

jualo.com

Jenis burung murai batu medan merupakan salah satu jenis burung yang paling diminati dikalangan para kicau mania di tanah air.

Karena burung ini mempunyai suara, fisik, karakter dan gaya tarung yang sangat baik dan jauh lebih unggul di bandingkan burung murai batu dari daerah lain.

Banyak orang yang salah mengartikan kalau burung ini berasa dari kota Medan, pada dasarnya burung yang memiliki ekor panjang ini berasal dari Sumatra utara tepatnya di daerah Bahorok, Bukit lawang, gunung leuser dan populasinya bisa mencapai wailayah Aceh.

Namun sebelum di perjual belikan burung ini di tampung terlebih dahulu di kota medan. Ciri khas yang sangat menonjol dari burung ini ialah memiliki suara yang sangat merdu dan panjang ekornya biasa mencapai 19 cm hingga 26 cm.

Harga dari burung murai batu medan ini sangat lah fantastic bisa mencapai ratusan juta rupiah tergantung dengan kualiats kicauanya, serta panjang ekornya.

Jenis Burung Murai Batu Lampung

Murai Batu Lampung

kicaumania373.wordpress.com

Murai batu lampung ialah salah satu jenis burung murai yang tidak kalah pengemarnya dengan murai batu medan, karena burung ini sangat mudah sekali untuk dimasterkan sehingga tak heran jika para penghobi burung kicau lebih memilih murai batu lampung sebagai andalanya.

Selain itu perawatanyapun sedikit lebih mudah di bandingkan murai batu lainya. Namun sangat di sayangkan jenis burung ini mempunyai kualitas bunyi suara yang lebih rendah di bandingkan dengan jenis murai batu lainya.

Namun hal ini tidak mengurangi minat para kicau mania untuk tidak memilih burung murai batu lampung sebagai andalanya.

Pada dasarnya burung murai batu lampung ini mempunyai beberapa karakter yang hampir sama dengan murai batu lainya, hanya saja yang membedakan jeni murai batu lampung ini memiliki ekor yang lebih pendek.

Baca juga » Jenis Burung Kolibri

Jenis Burung Murai Batu Nias

Murai Batu Nias

jualo.com

Murai batu nias merupakan salah satu burung murai yang memiliki keistimewaan menirukan berbagai macam jenis suara burung selain burung cendet dan burung jalak. Sehingga burung murai batu nias ini sempat menjadi primadona dikalangan para pencinta burung kicau.

Ciri khas dari murai batu nias ini ialah

memiliki ekor panjang  serta berwarna hitam pekat sehingga sangat mudah di bedakan dengan sohib dekatnya yaitu murai batu medan.

Memiliki postur tubuh yang lebih kecil dibandingkan murai batu medan, namun kualitas kicauanya pun sudah tidak bisa diragukan lagi bahkan jauh lebih merdu dan berkualitas di bandingkan murai batu lainya.

Namun sayangnya keberadaan dari burung ini sangatlah jarang kita temukan, karena adanya beberapa faktor diantaranya pemburuan liar dan minimnya para penghobi kicau yang menangkarkan burung murai batu nias ini.

Karena keberadaanya yang sulit di temukan, harga dari burung ini pun biasanya di bandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu kisaran harga 2 juta hingga 3 jutaan per ekornya, bahkan bisa jauh lebih mahal tergantung kualitas bulu dan kicauanya.

Jenis Burung Murai Batu Aceh

Murai Batu Aceh

youtube.com

Mungkin orang awam yang baru mengenal burung murai batu sekilas terlihat sama antara burung murai batu aceh dan burung murai batu medan, ya karena kedua burung ini memiliki kesamaan yang sangat sulit di bedakan yaitu keduanya memiliki warna bulu serta corak ekor yang hampir sama persis. Di tambah lagi keduanya memiliki suara yang sama-sama merdu dan sangat unik.

Hanya yang mebedakan, burung murai batu aceh memiliki ukuran tubuh yang lebih keci di bandingkan dengan murai batu medan. Serta bentuk tubuhnya yang menyerupai botol dan sedikit agak panjang/lonjong.

Dan burung murai batu aceh cenderung memiliki suara/kicauan yang sangat variatif, panjang serta di imbangi dengan ngerol atau tembakan.

Burung murai batu aceh juga memiliki ekor yang sangat panjang kisaran 20 hingga 30 cm.

Untuk harga burung murai batu aceh pun sangat berfariasi, 750 ribu – 2 juta untuk murai batu aceh jantan (biasa), 650 ribu – 1,9 juta untuk murai batu aceh betina (biasa), 850 ribu – 2,5 juta untuk murai batu aceh jantan (super) dan 800 ribu – 2,4 juta untuk murai batu aceh betina (super).

Murai Batu Lahat

murai batu lahat

jalaksuren.net

Murai batu lahat adalah salah satu jenis murai yang populer dan banyak sekali di pelihara oleh para pecinta burung kicau se Indonesia. Karena burung ini sangat familiar sekali akan suarnaya yang sangat unik dan juga terdengar sangat merdu.

Selain itu burung ini juga mempunyai kemampuan untuk melakuan roll dengan sangat baik dan juga mampu menguasai lagu yang indah dan bervariasi.

Jadi wajar saja jika burung ini memiliki harga yang paling mahal di bandingkan dengan burung murai batu lainya.

Ciri khas dari burung murai batu lahat ini memiliki tubuh yang cenderung lebih kecil di bandingkan dengan murai batu umumnya. Serta memiliki ekor yang cukup unik, ada yang memiliki bentuk ekor yang panjang hingga 30 cm dan ada juga yang pendek.

Namun sangat di sayangkan, burung murai batu lahat saat ini jumlahnya semakin sedikit dan sangat sulit sekali untuk di temukan karena banyaknya pemburuan liar terhadap burung murai batu ini.

Murai Batu Jambi

murai batu jambi

muraibatujambi.blogspot.com

Yups sesuai dengan namanya burung ini merupakan burung murai asli dari wilayah Jambi, Sumatera. Dan burung murai batu ini merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh kota Jambi.

Tidak kalah dengan burung murai batu lainya, murai batu jambi pun memiliki kualitas yang bisa dikatakan cukup tinggi bahkan hampi setara dengan murai batu medan.

Ciri khas dari burung ini memiliki ekor yang cukup pendek berkisar 10 hingga 16 cm. Namun burung ini juga mempunyai keistimewan tersendiri yaitu membuka serta mengembang kan ekornya layaknya seorang penari handal.

Warna bulu dari murai jambi ini identik dengan warna hitam, dengan bagian dada yang berwarna kecoklatakan yang di kombinasikan dengan warna emas, mempunyai warna putih pada bagian ujung ekornya dan pada bagian ekor memiliki warna yang hitam pekat.

Murai Batu Kalimantan

murai batu borneo

kicaumania373.wordpress.com

Nama murai batu kalimantan di ambil tidak jauh dari daerah asalnya yaitu kalimantan. Pada dasarnya burung ini memiliki ke unggulan di bandingkan murai batu aceh, medan dan nias.

Yang mana ciri khas dari burung ini ialah memiliki bulu ekor yang dominan berwarna hitam dan di sekitar dada memiliki warna coklat muda.

Selain itu murai batu kalimantan ini memiliki ekor yang cenderung lebih pendek di bandingkan dengan jenis murai lainya, ekornya hanya bisa mencapai panjang sekitar 15 cm saja.

Kelebihan dari murai batu kalimantan ini ialah mampu menjaga stamina, tenaga serta suara yang sangat stabil, sehingga hal ini akan sangat membantu saat perlombaan agar tetap bertahan lama dan tidak mudah lemas.

Namun sangat di sayangkan burung ini memiliki suara yang cenderung lebih kecil atau kurang lantang di bandingkan murai batu lainya, sehingga pada saat perlomba burung ini pun kalah bersaing. Dan hal ini telah di akui oleh banyak pengemar burung kicau.

Akibatnya harga dari burung murai batu kalimantan pun tergolong cukup murah jika di bandingkan dengan harga jenis murai lainya.

Murai Batu Jawa atau Larwo

murai batu jawa

omkicau.com

Murai batu jawa merupakan murai batu yang dulunya banyak sekali kita jumpai di kepulauan jawa tepatnya di Jawa Timur.

Namun sekarang ini burung murai batu jawa sangat sulit sekali kita temukan di tempat asalnya, bahkan di pasaran pun burung murai jawa ini sudah cukup langka di perjual belikan. Karena adanya pemburuan liar dan di sertai penebangan hutan.

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari murai asal pulau jawa ini yaitu mempunyai gaya yang khas saat berkicau dengan cara mengembungkan bulu-bulu di sekitar kepalanya.

Secara fisik burung ini memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar di bandingkan murai batu lainya, warna bulu pada bagian dada memilik warna hitam dan memiliki garis yang berakhir di perut.

Serta memiliki ekor yang jauh lebih pendik yaitu sekita 10 hingga 15 cm di bandingkan murai batu lainya, suara dari burung murai batu jawa ini pun sangat rendah dan menurut saya suaranyapun kurang berfariasi.

Sehingga saat ini peminat dari burung murai batu jawa pun sudah mulai berkurang. Untuk masalah harga dari murai jawa ini berkisar di angka 1,3 juta hingga 1,7 juta rupiah ini pun untuk burung yang sudah siap gantang ataupun sudah jadi.

Baca juga » Harga Burung Murai

Murai Batu Malaysia

murai batu malaysia

omkicau.com

Murai batu malaysia adalah jenis murai yang berasal dari negara Malaysia yang tersebar di sekitar benua asia seperti Thailanf, filiphina dan juga Indonesia.

Ciri khas dari murai malaysia ini ialah memiliki ekor yang sangat lentur dan tipis, bentuk ekor yang sangat mirip seperti murai batu medan serta ada juga yang berekor pendek seperti murai batu kalimantan, panjang ekornyapun bisa mencapai 29 hingga 36 cm.

Selain itu ukuran badan dari murai batu malaysia ini juga lebih besar di bandingkan murai batu medan.

Murai ini sangat gampang sekali untuk kita temukan di semenanjung malaysia, murai malaysia ini juga mempunyai suara yang begitu lantang, dan dia juga temasuk salah satu murai yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi serta bisa menirukan kicauan burung jenis lainya.

Namun sangat di sayangkan murai batu malaysia ini mempunyai kelemahan tersendiri, karena memiliki ekor yang panjang. Sehingga murai jenis ini sangat mudah sekali untuk kehabisan tenaga saat mengikuti ajang perlombaan kontes dan juga terkadang berhenti beberapa detik saat berkicau.

Untuk harga murai malaysia ini sendiri yang saya jumpai di sejumlah komunitas para kicau mania yaitu berkisar di antara 1 juta hingga 4 juta rupiah. Harganyapun akan semakin mahal tergantung kualitas kicauan dan panjang ekornya.

Biasanya semakin panjang ekornya semakin mahal pula harganya.

Murai Batu Thailand

Murai Batu Thailand

jalaksuren.net

Murai batu thailand adalah salah satu murai yang sangat terkenal karena mempunyai bentuk serta ekornya yang sangat panjang.

Apakah kalian tahu, bahwa sanya ekor dari burung murai batu thailand bisa melebihi ekor murai batu medan yang saat ini masih memegang gelar predikat sebagai murai batu yang meiliki ekor terpanjang di Indonesia berkisar 17 hingga 32 cm.

Sedangkan ekor dari murai batu asal thailand ini bisa mencapai 35 cm.

Ciri khas dari murai batu thailand ini tergolong cukup unik serta tergolong sangat langka, hal ini sangat bagus jika di kawin silangkan dengan jenis burung murai batu asli Indonesia.

Burung ini mempunyai warna hitam sedikit kebiru-biruan, serta mempunyai bentuk tubuh yang cukup kecil dibandingkan dengan murai batu medan.

Untuk ciri khas selanjutnya yaitu murai thailand ini memiliki bentuk tubuh yang lonjong seperti botol, selain itu juga mempunyai suara kicauan yang cukup nyaring,lantang dan keras ketika berkicau.

Karna langkanya burung thailand yang masuk ke Indonesia sehingga mempbuat harga dari burung murai thailand ini meroket drastis, untuk anakanya saja di bandrol dengan kisaran harga 3 juta rupiah per ekornya wow.

Oke, itu dia tadi beberapa jenis burung murai batu yang sangat bagus serta terpopuler di Indoensia. Semoga artikel ini bisa membantu buat kalian yang masih bingung untuk mencari burung murai batu yang berkualitas bagus itu seperti apa! Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply