jenis-sablon

19 Jenis Sablon Terbaik & Paling Laris 2019 (Awet & Tahan Lama)

Jenis Sablon – Memilih jenis sablon yang baik merupakan suatu hal penting dalam membuat sebuah kaos agar terbentuk sablonan yang bagus, awet dan tahan lama.

Namun hal ini bukanlah perkara yang mudah karena banyak sekali pilihan dan raga jenis sablon yang sedikit akan membingunkan.

Adanya sablonan pada kaos akan memberikan makna tersendiri kepada sipemakainya, serta dapat menunjukan ekspresi diri kepada sipemakai kaos tersebut. Terutama pada kaos T-shirt yang sangat amat krusial dengan bentuk sablonanya.

Usaha Kaos Sablon

usaha-sablon-digital
kimkentongan.blogspot.com

Di Indonesia sendiri banyak sekali peminat kaos sablon yang makin tahun semakin ramai peminatnnya. Tentunya hal ini akan menjadi sebuah ladang bisnis besar bagi para pengusaha sablon yang ingin memulai usahanya.

Kalian bisa membuka konveksi kaos dikota kota besar seperti konveksi kaos jogja contohnya, dengan menentukan titik awal usaha dikota kota yang ramai akan peminat kaos sablon.

Tentunya akan membuat kalian lebih mudah untuk menentukan target pemsaranya contohnya saja anak kuliahan yang hampi setipa harinya memakai kaos bebas saat kuliah.

Cara Memilih Bahan Kaos untuk Sablon

jenis-sablon
travelstothewest.org

Hal dalam memilih bahan kaos untuk disablon juga tidak kalah pentingnya. Karena sedikit saja kita melakukan ketidak cocokan dalam pemilihan kaos dan juga tinta ini akan membuat suatu hal yang sangat fatal.

Sehingga kalian harus benar-benar memahami apa saja bahan kaos yang cocok dan memiliki kualitas yang bagus untuk menghasilkan sebuah karya sablon yang maksimal dan berkualitas.

Berikut beberapa bahan kaos yang paling tepat untuk disablon yaitu :

  • Katun Combed (apapun gramisnya
  • Katun Kardet (Catton Carded)
  • Bahan Spandex dan
  • katun Bambu

Jenis-Jenis Sablon Berkualitas & Tahan Lama

Kali ini kami akan memberika 19 daftar jenis tinta sablon yang memiliki kualitas bagus untuk kalian gunakan pada kaos sehingga aka menimbulkan hasil yang tahan lama, awet serta tikda mudah retak, lepas ataupun rusak.

Jenis Sablon Rubber

jenis-sablon-rubber
bengkelsablon.com

Jenis sablon yang utama akan dibahas yaitu sablon rubber dimana sablon ini memiliki kualitas yang sangat baik dimana tintanya akan melekat dengan sangat kuat pada kaos.

Selain itu sablon rubeer juga memiliki sifat yang lentur dan elestis sehingga sablon ini menjadi salah satu sablon yang sangat sering digunakan serta salah satu jenis sablon terbaik dengan harga yang murah namun kualitas bukan murahan.

Jenis Sablon Plastisol

Jenis-Sablon-Plastisol
alatsablonmedan.com

Sablon plastisol akan menimbulkan efek cerah pada kaos dan sipemakainya, serta memiliki banyak farian warna tinta sehingga akan lebih mudah dalam menyesuaikan warna dasar kaos yang aka disablon.

Dengan kualitasnya ini sablon plastisol adalah salah satu sablon yang sebagian besar sudah digunakan dikanca dunia penyablonan internasional. Sehingga wajib sekali untuk Anda coba.

Jenis Sablon DTG

Jenis-Sablon-DTG
pipate.com

Sablon DTG atau biasa kita kenal dengan metode Print DTG merupakan salah satu sablon yang pada saat digunakan harus mengunakan printer selayaknya melakukan print pada kertas pada umumnya.

Kelebihan dari sablon DTG ini yaitu tidak ada batasan warna untuk semua bahan kaos yang akan dibuat tidak seperti metode sablon pada umumnya.

Selain itu prosesnyapun sangat cepat untuk mencerak kaos dalam jumlah ratusan, sehingga tidak meminimum orderan yang akan masuk.

Jenis Sablon Flocking

Jenis-Sablon-Flocking
berkaos.com

Sablon Flocking merupakan sablon yang akan menimbulkan sedikit bulu-bulu halus pada sablonanya (flock), pada permukaanya jika diperhatikan akan sedikit berudul, dan juga sablon jenis ini tidak menggunakan tinta sama sekali akan tetapi menggunakan serbut atau bubuk pewarna.

Sablon Glow In The Dark

Sablon-Glow-In-The-Dark
tokopedia.com

Persisi dengan namanya, sablon ini memiliki kelebihan khusus yang dapat menyala dalam kegelapan malam, dan bahan utama yang digunakan untuk sablon ini yaitu fosfor sebagai bahan utama dari tinta.

Serta sablon ini memiliki keawetan yang sangat baik, sehingga sablon glow in the dark ini menjadi salah satu sablon terbaik dan paling sering digunakan.

Sablon Discharge

Sablon-Discharge-1
konveksi.me

Sablon discharge merupakan salah satu bentuk sablon yang memiliki keunikan tersendiri serta keawetan yang cukup lama. Karena sablon discharge ini akan meresap kedalam kain sehingga akan membuat warna benang yang menyerupai kaos tersebut.

Namun ada beberapa hal yang wajib diketahui sebelum mengunakan jenis sablon ini, yaitu kualitas warnanya akan sedikit pudar ketika sablon sudah mulai meresap kedalam kaos, warnanya akan tidak kontras jika disatukan dengan warna biru, unggu dan hijau, serta ada beberapa kaos yang tidak cocok jika memakai sablon ini.

Sablon High Density

Sablon-High-Density
sablonkaos-bandung.com

sebuah sablon yang terbentuk karena adanya kombinasi antara tinta sablon transparan (Straight Up Gloss) dengan tinta sablon jenis Pastisol yang akan ditimpa diatas kaos agar mendapatkan efek timbulan yang berkualitas serta keawetanya yang tahan lama.

Sablon Foil

Sablon-Foil
andalasclothing.co.id

Sablon foam / puff merupakan sablon yang dapat menghasilkan efek berwarna keemasan atau perak yang mengkilat, karena dalam proses penyablonanya mengunakan lapisan dari kertas logam / foil.

Sehingga sangat cocok sekali bagi Anda yang suka dengan baju nglamor, serta sablon ini juga memiliki keawetan warna yang tahan lama.

Sablon Foam / Puff

Sablon-Foam-atau-puff
vendorpedia.co.id

Sedikit terlihat sama dengan sablon High Density yang dapat memberikan efek timbulan, namun yang membedakan yaitu kaos yang disablon dengan sabloan foam / puff akan menimbulkan permukaan yang halus dan lembut seperti busa. Serta sangat cocok digunakan untuk semua bahan yang berjenis katun.

Namun ada satu kelemahan dari sablon ini yaitu tidak boleh untuk disetrika secara langsung dan tidak bisa digunakan untuk mencetak warna gradasi.

Sablon Pigmen

Sablon-Pigmen
retingkanan12.blogspot.com

Walaupun sablon ini sekarang sudah mulai sedikit turun pamornya, namun sebagian masih banyak dipakai dan digunakan, terkhusus jika dikolaborasikan denga kaos yang berwarna terang maka akan sangat terlihat kualitasnya.

Namum kekurangan dari sablon ini yaitu memiliki tekstur tidak begitu lentur dan lembut bahkan cenderung lebih kaku, serta dapat menyisakan bekas warna pada saat kaos itu luntur.

Sablon Glitter

Sablon-Glitter
rhinoflex.co.id

Jenis sablon glitter ini merupakan salah satu jenis sablon yang terbaik karena memiliki tingkat kualitas sablon yang baik dan juga tahan lama.

kelebih bihandari sablon glitter ini yaitu dapat menimbulkan efek glitter atau gemerlap pada warnan yang akan ditimbulkan.

Sablon Kaviar (caviar)

Sablon-Kaviar-caviar
blog.porinto.com

Ciri yang sangat menonjol dari sablon kaviar ini yaitu menghasilkan sablonan yang memiliki efek timbul yang tidak beraturan pada area permukaanya ataupun bercak-bercak.

walaupun tidak beraturan, jika sablon ini dikolaborasikan dengan desain yang serasi (pas) maka akan menghasilkan sebuah karya seni kaos yang akan terlihat menawan saat digunakan.

Sablon Chromicolor

Sablon-Chromicolor
m.money.id

Selain harganya murah kualitas dari sablon chromicolor juga sangat berkualitas, karena dapat memberikan efek warna yang terang/cerah dan apabila warna itu kita usap makan maka dengan seketika kembali lagi.

Jadi wajar saja jika sablon ini menjadi salah satu pilihan para pengusaha kaos sablon serta menjadi salah satu sablon terbaik.

Sablon Thermoflex

Sablon-Thermoflex
ditzbrand.co.id

Jenis sablon thermoflex merupakan media sablon yang mengunakan material cutting serta thermo transfer paper yang dapat menghasilkan warna yang cerah/bening dan lebih berkualitas dibandingkan tinta sablon yang lainya. Serta bisa kita modifikasi menjadi sablon timbul sesuai dengan yang kita inginkan.

Sablon Photopia

Sablon-Photopia
teespro.id

Sablon photopia pada dasarnya memiliki konsep dasar yang sama dengan Glow in The Dark, hanya yang dapat kita bedakan yaitu apabila warnanya terkena cahaya maka warnanya sekita akan berubah-ubah tergantung tingkat dari cahaya itu sendiri.

Tentunya dengan kualitas yang seperti itu membuat harga dari sablon ini cukup mahal ditambah lagi sangat jarang sablon jenis ini tersedia di Indonesia.

Sablon Polyflex

Sablon-Polyflex
alatsablonmedan.com

Jenis sablon ini memiliki tingkat kecerahan yang cukup bagus dan lengkap serta sangat awet dan juga tahan lama. Karena dari sablon ini mengunakan material sticker vinyl.

Akan tetapi sangat disayangkan jenis sablon ini tidak bisa untuk mencetak warna yang gradasi serta akan rusak jika disetrika secara langsung.

Sablon Reflektif

Sablon-Reflektif-1
tokopedia.com

Sekilas hampir sama dengan sablon Glow in The Dark dan Photopia, namun yang membedakan sablon jenis ini akan mampu memberikan efek kilauan yang menyala-nyala jika terkena cahaya matahari ataupun cahaya lampu serta keawetanya yang tahan lama.

Dengan kelebihanya diatas sablon ini sangat digemari dan menjadi salah satu sablon terbaik yang ada di Indonesia.

Sablon Aspal (Asphalt)

Sablon-Aspal-Asphalt
blog.porinto.com

Sesuai dengan namanya jenis sablon ini memang mirip sekali dengan tekstur aspal terutama dari segi warnanya yang sangat mirip. Ditambah lagi dengan kombinasi efek timbulan yang akan memperindah bentuknya.

walaupun awet dan tahan lama sablon ini sangat kecil peminatnya dikarenakan warnanya yang monoton yang hanya bisa satu warna saja.

Sablon Plasticharge

Sablon-Plasticharge
abyadscreenprinting.com

Kualitas dari sablon ini mampu menimbulkan warna yang sangat tajam serta tahan lama, karena sablon ini menggunakan perpaduan antara minyak campuran, plastisol, dan juga discharge yang nantinya akan menghasilkan warna yang sangat berkualitas.

Leave a Reply