jenis tanaman hias

Jenis Tanaman Hias Terpopuler 2019 Lengkap Penjelasan dan Gambar

Tanaman hias umumnya merujuk pada semua tanaman yang ditanam secara sengaja dengan tujuan untuk memperindah ruangan rumah atau gedung, halaman rumah, kebun atau sebagai bunga potong (buket). Banyak sekali macam-macam jenis tanaman hias, berikut kami paparkan.

Jenis Tanaman Hias Bunga

Tanaman ini merupakan, tanaman yang tentunya mempunyai bunga yang cantik, bunga satu warna ataupun banyak warna. Berikut beberapa contoh tanaman hias bunga:

  • Bunga Mawar

jenis tanaman hias

pixabay.com

Sudah tak asing lagi ketika mendengar bunga ini, selain memiliki keindahan dan keunikan yang sangat disukai setiap orang, bunga ini juga memiliki warna yang bermacam-macam diantaranya warna merah, pink, dan ungu.

Bunga ini juga didukung oleh aromanya yang sangat harum, sehingga sangat digemari. Bunga mawar juga mempunyai beberapa jenis berdasarkan tempat tumbuhnya, diantaranya ada Climbing Rose, Grandiflora, Hybrid Tea, Polyntha, dan Floribunda.

Keindahan dan keunikan yang dimiliki bunga mawar ini menjadikannya mendapat julukan sebagai “Rabu Bunga”. Hal ini tentu saja membuat bunga mawar termasuk dalam daftar tanaman hias yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Harga bunga mawar dari per satu set tanaman, atau bunga potongnya mampu mencapai hingga angka jutaan rupiah.

  • Bunga Anggrek

jenis tanaman hias dan harganya

pixabay.com

Bunga anggrek ini termasuk bunga yang sangat popular di Indonesia Bunga ini termasuk dalam suku Orchidaceae, memiliki banyak sekali variasi keindahan yang dimiliki oleh masing-masing anggrek.

Di Indonesia sendiri ada sekitar kurang lebih 5000-6000 jenis anggrek yang sengaja dibudidayakan atau pun tumbuh secara liar. Bunga ini mudah ditemukan di took-toko bunga, karena bunga ini pun digemari oleh orang-orang.

Konon,bunga anggrek ini merupakan ungkapan rasa sayang seseorang, symbol keindahan dan kemewahan selama ratusan tahun silam. Pesona yang dimiliki bunga anggrek ini menjadikannya sebagai bunga nasional Negara Singapura dan Thailand.

  • Bunga Kamboja

bunga kamboja

pixabay.com

Bunga Kamboja ini ditemukan oleh seorang botanis yaitu Charles Plumier yang berasal dari Perancis. Nama penemunya ini menjadikan bunga kamboja memiliki nama latin Plumeria.

Bunga kamboja juga mengandung manfaat sebagai tanaman obat karena memiliki sejumlah senyawa yang berkhasiat. Manfaat dari bunga kamboja antara lain untuk meredakan demam, mengurangi rasa sakit dan mengatasi radang.

Di Indonesia sendiri, bunga kamboja ini sering ditemukan tumbuh di tempat keramat, misalnya di pemakaman, atau tempat untuk sebagian orang yang menjalankan ritual-ritual tertentu.

Meskipun demikian, bunga kamboja ini termasuk dalam daftar tanaman hias bunga karena memilki keindahan yang tak bisa ditampik.

  • Bunga Kembang Sepatu

bunga sepatu

pixabay.com

Warna merah yang cantik dengan kelopaknya yang besar, bunga kembang sepatu menjadi tanaman hias di karangan rumah. Tanaman ini berasal dari Asia Timur, daerah beriklim tropis seperti Indonesia ini.

Warna yang dimiliki bunga kembang sepatu ini tidak hanya merah, ada juga warna lain seperti warna kuning, orenye, merah tua, merah jambu, dan putih. Di Malaysia sendiri bunga kembang sepatu ini dikenal dengan bunga raya, dan menjadi bunga nasional Negara Malaysia.

Baca juga » jenis tanaman obat.

  • Bunga Lily

bunga lily

pixabay.com

Lily atau Lilium, nama yang memikat tentunya. Bunga ini sudah terkenal sejak zaman Yunani kuno, kelopaknya yang menarik dan memiliki aroma yang sangat wangi.

Bunga ini termasuk bunga musim panas, dan akan memperindah halaman depan atau belakang rumah jika ditanam dalam pot. Terdapat lebih kurang 100 jenis bunga lily di dunia ini. Ciri khas dari bunga ini yaitu memiliki warna yang lembut/soft.

  • Bunga Matahari

bunga matahari

pixabay.com

Bunga matahari ini sudah banyak dikenal, teksturnya yang mirip dengan matahari dan mengikuti gerak matahari. Bunga ini memiliki ukuran yang besar, dan tentunya juga kaya akan manfaat untuk manusia.

Bunga ini sangat cantik jika di tanam di pekarangan rumah, sebab itulah bunga ini termasuk tanaman hias yang terkenal di Indonesia.

  • Bunga Tulip

bunga tulip

pixabay.com

Sering kita melihat bunga tulip ini berada dalam lukisan, dan sekilas kita akan mengira bahawa bunga ini berasal dari Belanda, tapi ternyata bunga tulip ini berasal dari Negara Turki atau tepatnya ditemukan pada masa pemerintahan kekhilafahan Turki Utsmani.

Penyebaran bunga ini sangat cepat, justru membuat bunga ini identic sebagai bunga ciri khas Negara Eropa, lebih tepatnya Belanda.

  • Bunga Melati

bunga melati

pixabay.com

Bunga melati ini diklasifikasikan sebagai tumbuhan bunga perdu yang termasuk dalam tanaman hias bunga. Pembudidayaan bunga ini di Indonesia sudah cukup lama.

Bahkan salah satu jenis bunga ini dijadikan sebagai symbol nasional atau “puspa bangsa” yang berwarna putih yang dilambangkan sebagai kesucian, kemurahan, dan mempunyai kekuatan kuat dengan berbagai tradisi dan suku di Indonesia.

Bunga melati dikenal dengan aroma wanginya yang sangat khas. Skitar 200 spesies bunga melati tumbuh di daerah tropis dan hangat seperti di Australia, Oseania, Indonesia, dan Eurasia.

  • Bunga Kenanga

bunga kenanga

berita360.com

Bunga ini mempunyai nama latin Cananga odorata. Bunga ini memiliki aroma yang sangat wangi, orang-orang terdahulu biasa menjadikan bunga ini sebagai minyak wangi atau sebagai bahan campuran minyak rambut.

Bunga kenanga ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, dan bunga ini sering ditanam di pekarangan rumah.

  • Bunga Asoka

bunga asoka

pixabay.com

Bunga asoka merupakan bunga yang selalu dikaitkan dengan rasa cinta dan kesucian. Bagi kepercayaan Hindu, bunga yang cantik dan unik ini dianggap sebagai bunga yang suci.

Di Indonesia sendiri bunga asoka ini ditanam dengan tujuan sebagai penghijauanatau hanya sebagai tanaman hias.

Baca juga » Jenis Tanaman Toga

Jenis Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun ini merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki keindahan pada daunnya. Di Indonesia, banyak sekali penyuka tanaman hias daun ini. Berikut beberapa tanaman hias daun yang popular di Indonesia.

  • Palem Kuning

palem kuning

tokopedia.com

Palem kuning merupakan salah satu tanaman hias daun yang cantik. Tanaman ini termasuk tanaman yang tahan panas matahari, dan tanaman ini termasuk dalam suku pinang-pinangan. Tanaman ini berasal dari Madagaskar, dan sekarang sudah sangat mudah ditemui di Indonesia.

Jika Anda memiliki halaman rumah yang luas, tanaman palem kuning ini sangat cocok untuk menghias halaman rumah Anda.

  • Zamia

daun zamia

wikipedia.com

Tanaman hias yang satu ini termasuk tanaman gurun karena memang berasal dari gurun. Tanaman ini mampu bertahan hidup terhadap udara kering pada suhu 30-35 derajat celcius.

Untuk membudidayakan tanaman zamia ini bisa menggunakan tunas akarnya yang ditanam dalam pot. Tanaman hias daun ini bisa bertahan hidup lebih dari lima tahun.

  • Aglaonema

Daun Aglaonema

pixabay.com

Tanaman hias ynag satu ini sering dikenal dengan nama sri rejeki. Tanaman ini tergolong dalam suku talas-talasan. Tanaman ini sudah dibudidayakan dengan dikembangkan memiliki warna yang cantik, bentuk dan ukurannya yang menarik, sehingga digolongkan sebagai tanaman hias.

Tanaman ini hidup di hutan hujan tropis dengan intensitas penyinaran yang cukup rendah dan kelembaban yang tinggi.

  • Kuping Gajah

tanaman kuping gajah

dekoruma.com

Anthurium Crystallinum atau kuping gajah. Tanaman ini banyak sekali ditanam dengan tujuan menmperindah halaman rumah atau untuk menghiasi ruangan.

Bentuk daun dari tanaman ini sangat menarik yaitu membentuk seperti jantung, lebar, sehingga disebut dnegan kuping gajah.

  • Spider Plant

tanaman Spider Plant

mynet.com

Menariknya tanaman hias ini adalah ketika batangnya menyentuh tanah, maka tanaman ini akan mengakar atau merambat.

Tanaman hias ini digolongkan sebagai tanaman hias gantung, dan tanaman ini memiliki kemampuan menyerap racun-racun berbahaya yang mencemari lingkungan rumah Anda.

  • Siklok

Tanaman-Hias-Daun-siklok

dekoruma.com

Tanaman ini snagat mudah kita jumpai di halaman rumah-rumah orang. Bentuk tanaman hias ini menyerupai pedang dengan warna kuning-kekuningan di daerah sisinya dan warna hijau di bagian tengah.

Tanaman hias daun ini tahan terhadap sinar matahari seharian, Anda hanya perlu menyiramnya setiap pagi dan sore serta memberinya pupuk beberapa minggu sekali.

Baca juga » Jenis Tanaman Buah

Jenis Tanaman Hias Buah

Beerikutnya, akan kami bahas mengenai tanaman hias buah.

  • Cabai Pelangi

cabai pelangi

jualo.com

Cabai pelangi ini mungkin masih terdengar asing, cabai yang memiliki warna lebih dari satu macam. Tumbuhan ini berasal dari Amenrika Selatan, ada juga yang mengatakan tanaman ini berasal dari Brazil.

Sebagai tanaman hias yang unik dan menarik, budidaya cabai pelangi ini sangat besar untuk memenuhi permintaan konsumen.

  • Nanas Medusa

nanas medusa

pohonbuahnursery.com

Nanas medusa atau dikenal sebagai nanas mahkota. Keunikan dari nanas medusa ini terlihat dari penampilannya yang menghasilkan buah nanas yang snagat mini dan menonjol dari semua sisi buah nanas yang utama. Keunikan yang dimilikinya inilah yang membuat tanaman ini tergolong tanaman hias.

  • Lemon

tanaman hias buah lemon

tokopedia.com

Buah lemon biasanya terkenal dengan lemon import yang berasal dari Australia. Ciri dari buah lemon import ini terlihat dari penampilan buahnya yang lonjong dan berwarna kuning yang cukup cerah.

Aromanya yang harum dan kulitnya sedikit lebih tebal jika disbanding dengan jeruk lokal.Untuk masalah rasa sama dengan lemon pada umumnya yang meiliki rasa asam.

  • Buah Naga

tanaman hias buah naga

dekoruma.com

Buah naga ini sangat familiar. Rasanya yang enak, empuk, dan menyegarkan. Buah naga ini tidak pernah kehabisan peminat, tanaman hias buah ini sangat menarik jika ditanam di pekarangan rumah.

Awalnya, tanaman ini dibawa oleh orang Perancis dan Guyana ke Vietnam padatahun 1870, dan dipercaya oleh orang China tanaman hias buah ini sebagai buah pembawa berkah.

Baca juga jenis tanaman buah.

Jenis Tanaman Hias Batang

Umumnya, tanaman hias batang ini memang sengaja ditanam untuk memperindah pekaragan. Selain itu, banyak kreasi dari tanaman hias batang yang lain. Berikut beberapa jenis tanman hias batang.

  • Jenis Taaman Hias Bambu Kuning

tanaman hias bambu kuning

javalandscape.com

Bambu kuning merupakan salah satu tanaman hias yang unik karena bentuknya yang mini. Bambu kuning memiliki ruas batang yang cukup kecil, ramping, dan tumbuhnya tidak terlalu besar sehingga menjadi daftartanaman hias.

Bambu kuning ini bisa digunakan sebagai background atau latar belakang yang bagus, karena itu sebaiknya ditanam secara berkelompok agar terlihat rimbun dan cantik.

  • Jenis Tanaman Hias Palem Bambu

tanaman hias palem bambu

picswe.com

Tanaman ini tidak termasuk dalam jenis tanaman bamboo-bambuan. Hanya namanya saja palem bamboo. Tanaman ini sering dibudidayakan dan banyak dijual di daerah Bandung Barat.

Tanaman ini banyak mengandung manfaat seperti membersihkan udara yang tidak sehat. Tanaman ini sering diletakkan di beberapa kantor dan bioskop agar terlihat sejuk dan indah.

  • Jenis Tanaman Hias Bambu Air

tanaman hias bambu air

ilmubudidaya.com

Tanaman ini termasuk tanaman yang hidup di darat tapi dengan genangan air. Bambu air ini ada beberapa macam seperti bambu air hijau, banbu air belang hijau putih, atau sering disebut bamboo air kuning.

Tanaman ini hanya memiliki tinggi 3 meter saja, batangnya hijau dan segar dengan ukuran diameter yang kecil. Sehingga bisa dijadikan sebagai tanaman hias.

Baca juga » Jenis Tanaman Bonsai

Jenis Tanaman Hias Akar

  • Jenis Tanaman Hias Bonsai

tanaman hias bonsai

pixabay.com

Tanaman bonsai salah satu tanaman hias akar yang ditanam dalam pot untuk mengkerdilkan dari ukurannya dari yang asli. Istilah nama tanaman ini diambil dari seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman di pot yang dangkal.

Bonsai merupakan hasil pelafalan bahasa Jepang yaitu penzai, seni ini sudah mencakup semua hal perawatan termasuk memotong, pemangkasan, dan membuat akar bonsai meyebar di atas batu.

  • Jenis Tanaman Hias Beringin

jenis tanaman hias beringin

bibitonline.com

Beringin ini sudah tidak asing lagi, karena sering kita jumpai di di hutan atau di pinggir jalan dalam ukuran besar. Tetapi beringin ini bisa ditanam dalam pot seningga menjadi tanaman hias yang cantik dan indah.

Tanaman ini mengandung banyak khasiat diantaranya, mengatasi rematik, disentri, demam, dan penyakit lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa jenis tanaman hias yang sangat indah sekali, bagaimana apakah kalian sudah tertarik untuk menanamnya dirumah!!

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply