6 Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk Kesehatan (Wajib kamu Ketahui)

Terkadang untuk hidup sehat membutuhkan ide kreatif agar dapat membuat anda tetap memiliki kondisi yang terjaga, dengan demikian menggunakan jenis tanaman obat sebagai salah satu alat penyembuhan, merupakan cara yang paling efektif dan banyak dilakukan.

Banyak sekali alasan mengapa beberapa orang lebih memilih melakukan pengobatan dengan tanaman obat, dibandingkan dengan bahan obat kimia.

jenis tanaman obat
fimela.com

Saat ini ada banyak sekali tanaman obat-obatan yang berkhasiat tinggi, sehingga baik untuk anda yang ingin menjaga kesehatan.

Mencegah penyakit memang lebih baik dibandingkan mengobatinya, sehingga ketika anda mengkonsumsi beberapa ramuan dari tanaman obat ini, maka kondisi tubuh anda dapat selalu prima di setiap harinya bahkan terhindar dari beberapa penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

  1. Jenis Tanaman Obat Temulawak

temulawak
hellosehat.com

Salah satu tanaman obat yang saat ini mulai populer di kalangan masyarakat adalah temulawak, sebagai salah satu jenis tanaman obat yang sudah dipakai sejak lama.

Tanaman ini dipercaya memiliki banyak kandungan yang berguna bagi tubuh, salah satunya adalah zat kurkumin yang saat ini berfungsi untuk menambah nafsu makan, dengan tambahan dari zat temulawak di dalamnya yang sangat baik.

Tanaman ini juga baik untuk anda yang ingin memiliki fungsi hati yang cukup sehat, bahkan saat ini untuk anda yang sering sakit mungkin mengkonsumsi tanaman ini dapat membantu anda, untuk menaikan daya tahan tubuh untuk menjadi lebih kuat.

Khasiat dari tanaman ini sudah dipercaya sejak lama, sehingga sampai saat ini kebanyakan masyarakat di Asia banyak mengkonsumsinya sebagai obat.

  1. Jenis Tanaman Obat Kumis Kucing

kumis kucing
doktersehat.com

Banyak sekali orang yang telah mengenal kumis kucing, sebagai salah satu jenis tanaman yang memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan.

Bahkan untuk menemukannya saja cukup mudah, terutama untuk anda yang saat ini tinggal di daerah yang subur, sehingga cukup mudah untuk menemukan tanaman ini yang biasanya tumbuh liar, atau mungkin dijual oleh beberapa penduduk yang membudidayakannya.

Ada banyak sekali khasiat yang terkandung dari sebuah tanaman kumis kucing, yang sampai saat ini khasiatnya masih banyak dipercaya oleh orang Indonesia, dengan tradisinya untuk mengkonsumsi obat-obatan dengan jenis alami dan tradisional.

Saat ini temulawak berkhasiat untuk memperlancar buang air kecil, cocok untuk anda yang saat ini memiliki keluhan kencing batu untuk mengkonsumsinya.

  1. Jenis Tanaman Obat Daun Sirih

daun sirih
indonesia.go.id

Saat ini daun sirih memang banyak digunakan untuk beragam kegunaan, yang salah satunya adalah berfungsi untuk menjaga kesehatan bagi kaum wanita.

Untuk saat ini air rebusan daun sirih memang bagus untuk menjaga atau merawat, organ kewanitaan yang berfungsi untuk mengurangi keputihan serta menghilangkan kuman, sehingga nantinya organ dalam kewanitaan anda dapat selalu terjaga.

Selain untuk mengurangi kuman pada organ kewanitaan, ternyata daun sirih juga berfungsi untuk mengurangi kuman dan kotoran pada mulut.

Sehingga nantinya bau mulut yang anda keluhkan saat ini dapat hilang sedikit demi sedikit, juga daun ini berfungsi untuk anda yang saat ini mengalami keluhan mimisan, agar dapat mengurangi aliran darah yang terus saja mengalir saat ini.

  1. Jenis Tanaman Obat Daun Dewa

daun dewa
malangtoday.net

Jika anda sering berkunjung ke beberapa warung makan pecel, mungkin anda sering menemukan jenis daun ini sebagai salah satu lalapan.

Atau mungkin daun ini juga sering dijadikan sebagai salah satu bahan tumisan, untuk beragam jenis masakan yang saat ini banyak dibuat oleh masyarakat Indonesia, juga berguna untuk mengurangi pertumbuhan sel kanker, dengan zat antioksidan didalamnya.

  1. Jenis Tanaman Obat Jahe

jahe
hellosehat.com

Untuk anda yang saat ini sering meminum jahe, mungkin anda sudah mengetahui khasiat dari tumbuhan ini yang banyak tumbuh subur di beberapa daerah di Indonesia.

Saat ini tanaman jahe memang memiliki fungsi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, gingseng yang terkandung dalam jahe mampu untuk mempertahankan daya tahan tubuh, bahkan telah lama dipercaya oleh masyarakat Asia.

Anda bisa menemukan tanaman jahe dimanapun selama masih berada di negeri ini, saat ini banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari tanaman jahe.

Selain dapat digunakan sebagai salah satu alat yang mampu membuat tubuh menjadi lebih hangat, tanaman jahe juga dipercaya mampu membuat anda sembuh dari sakit tenggorokan ketika anda meminum air rebusannya.

  1. Jenis Tanaman Obat Lidah Buaya

lidah buaya
pixabay.com

Tanaman yang satu ini juga memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, sebagai salah satu jenis tanaman yang memiliki kandungan vitamin C.

Tentunya tanaman ini juga berfungsi sebagai salah satu tanaman yang kaya akan zat antioksidan untuk mencegah kanker, juga fungsinya untuk mengobati salah satu keluhan pencernaan, seperti salah satunya adalah susah untuk buang air besar.

Baca juga jenis-jenis tanaman hias.

Cara Membuat Ramuan dari Tanaman Obat

  1. Pembuatan obat temulawak

Untuk anda yang saat ini memiliki minat dalam mengkonsumsi temulawak, maka ada baiknya mengikuti beberapa cara berikut ini.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang mudah untuk mengkonsumsi temulawak, beberapa diantaranya adalah merebus temulawak, memarutnya, bahkan mencampurkannya dengan bahan makanan, sebagai asupan gizi yang baik untuk tubuh anda dan keluarga.

Jika anda ingin merebusnya, mungkin anda bisa merebusnya dengan tambahan madu untuk memberikan sedikit rasa yang manis dengan pemanis alami.

Setelah direbus anda bisa langsung mengkonsumsinya, dengan meminum air rebusan dari temulawak tersebut, atau mungkin anda bisa memasukan temulawak ini sebagai campuran pada sebuah menu masakan berkuah, agar mudah dikonsumsi.

  1. Pengolahan tanaman kumis kucing

Untuk anda yang saat ini berminat untuk mengkonsumsi kumis kucing, maka anda dapat melakukannya dengan cara yang mudah tanpa waktu yang lama.

Untuk mengkonsumsinya anda hanya perlu mengeringkan tanaman kumis kucing ini, yang nantinya mungkin bisa anda rebus atau campurkan dengan air panas, caranya sama saja seperti meminum teh dengan menambahkan gula untuk perasanya.

  1. Cara mengolah daun sirih

Daun sirih ini merupakan jenis tanaman obat yang populer, saat ini sudah banyak orang yang mengkonsumsinya dengan berbagai cara.

Untuk anda yang ingin merawat organ dalam wanita, anda bisa mencobanya dengan merebus air ini yang digunakan sebagai minuman, atau untuk obat bau mulut anda bisa menggunakannya sebagai obat kumur, dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

  1. Pengolahan daun dewa

Untuk mengolah daun dewa, tentunya cara yang dilakukan juga tidak sesulit yang dibayangkan sebagai salah satu olahan yang banyak diminati masyarakat.

Untuk anda yang ingin merasakan khasiatnya serta mengkonsumsinya anda bisa menggunakan daun ini sebagai lalapan, atau mungkin anda bisa menggunakannya sebagai salah satu tumisan dengan aneka ragam bumbu sederhana.

  1. Pembuatan jahe sebagai obat

Untuk anda yang saat ini ingin mengkonsumsi tumbuhan jahe, tentunya untuk mengolah tanaman ini cukup mudah dilakukan.

Dengan cara yang sederhana anda sudah bisa mengkonsumsi salah satu jenis tanaman obat ini, dengan cara merebusnya sehingga nantinya air yang terkandung pada rebusan dapat anda minum, dengan menambahkan sedikit madu.

Baca juga jenis tanaman buah.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *