Jenis Tanaman Toga dengan Khasiat Terbaik untuk Kesehatan (Wajib kamu Ketahui)

Untuk anda yang belum mengenal istilah tanaman toga, sebenarnya nama dari istilah ini merupakan singkatan dari tanaman obat keluarga. Seperti namanya jenis tanaman toga memang banyak digunakan sebagai salah satu alat untuk pengobatan alami.

Dimana nantinya anda bisa mengobati bahkan mencegah beberapa jenis penyakit yang mungkin saja menyerang tubuh anda nantinya.

Tidak semua orang mengetahui beragam jenis tanaman toga, sehingga untuk anda yang belum mengetahuinya tetapi ingin mengkonsumsi makanan tersebut, ada baiknya jika anda mengenal beberapa jenis dari tanaman toga.

Dengan mengetahui beberapa jenisnya, anda dapat mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan, seperti beberapa jenis obat yang dibutuhkan.

Jenis Tanaman Toga Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan

  1. Jenis Tanaman Toga Temulawak

temulawak
pixabay.com

Sejak kecil masyarakat Indonesia memang sudah mengenalkan beragam jenis tanaman, yang dapat digunakan sebagai obat sehingga diperkenalkan turun menurun.

Dengan demikian budaya untuk mengkonsumsi tumbuhan sebagai obat memang banyak digunakan, untuk anda yang saat ini ingin menemukan tumbuhan temulawak sebagai obat, anda bisa menemukannya dimana saja.

Sebagai salah satu obat, temulawak ternyata mampu untuk mengobati berbagai jenis penyakit, sehingga baik untuk anda yang ingin menikmati hidup sehat dari manfaat alami.

Zat kurkumin dari temulawak mampu untuk meningkatkan nafsu makan, sehingga asupan dalam tubuh mampu terjaga untuk menjaga kekebalan tubuh, agar terhindar dari beberapa penyakit seperti penyakit lambung.

  1. Jenis Tanaman Toga Belimbing

belimbing
pixabay.com

Buah belimbing yang saat ini banyak sekali digunakan sebagai cocok tanam, memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk menemukan buah ini juga tidaklah sulit, anda hanya perlu untuk menemukannya dipasaran, saat ini buah belimbing sangat baik untuk mengatasi penyakit atau gangguan pada ginjal, akan tetapi tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang diabetes dan kolesterol.

  1. Jenis Tanaman Toga Daun Seledri

daun seledri
tokopedia.com

Ketika anda mengunjungi beberapa warung makan atau restoran tradisional, mungkin banyak dari beberapa tempat tersebut yang menyediakan daun seledri, sebagai salah satu daun yang digunakan untuk lalapan.

Memang daun ini terkenal dengan fungsinya sebagai lalapan, serta rasanya pun sangat nikmat untuk dipadu padankan dengan berbagai jenis sambal pada beragam jenis hidangan.

Akan tetapi untuk anda yang belum mengetahuinya, bahwa daun ini juga memiliki beragam khasiat yang baik untuk tubuh anda.

Daun ini memang mudah untuk ditemukan, akan tetapi anda jangan pernah lupa dengan khasiatnya yang baik untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, beberapa diantaranya adalah asma, rematik, nyeri sendi, dan beragam jenis penyakit lainnya yang dapat disembuhkan.

Baca juga jenis-jenis tanaman obat.

  1. Jenis Tanaman Toga Daun Dewa

daun dewa
bantenekspose.com

Hampir sama seperti daun seledri yang sering digunakan sebagai salah satu lalapan, daun dewa memang belum seterkenal daun seledri.

Akan tetapi khasiat yang diberikan tidak kalah penting dengan daun lainnya, anda mungkin sering menjumpai daun ini di berbagai tempat yang menjual menu masakan, akan tetapi mungkin anda belum mengenal namannya, sehingga terdengar asing bagi telinga anda.

Saat ini mungkin banyak sekali masyarakat Indonesia, yang mulai mengolah daun yang satu ini dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah dijadikan sebagai lalapan atau bahan tumisan yang nikmat, bahkan rasnya juga tidak kalah dengan jenis tumisan lain, juga dipercaya sebagai daun yang kaya akan antioksidan, sehingga sangat baik untuk mencegah pertumbuhan penyakit seperti sel kanker.

  1. Jenis Tanaman Toga Daun Bayam Duri

daun bayam
pixabay.com

Tidak seperti bentuk daun pada umumnya, daun bayam duri memang memiliki penampilan yang sedikit berbeda dengan memiliki duri pada bagian tangkai daunnya, meskipun warna dari daun ini masih sama seperti daun bayam lainnya.

Pengobatan yang dapat dilakukan dengan menggunakan daun bayam ini diantaranya, demam, bisul, kencing tanah, gangguan produksi ASI, serta penyakit lainnya.

  1. Jenis Tanaman Toga Kangkung

kangkung
bukalapak.com

Sebagai salah satu tanaman yang banyak dikonsumsi sebagai tumisan, atau mungkin sebagai salah satu menu pada lalapan ketika makan. Kangkung ternyata juga memiliki khasiat bagi anda yang gemar untuk mengkonsumsinya.

Salah satu kegunaannya adalah insomnia yang membuat anda kesulitan untuk tidur, serta mampu untuk mengobati sakit kepala sebagai salah satu obat alternatif terbaik dan sehat.

  1. Jenis Tanaman Toga Daun Saga

daun saga
satuharapan.com

Tidak banyak yang tahu akan jenis dari tanaman obat yang satu ini, sebagai salah satu jenis tanaman yang biasanya tumbuh berjarak sekitar 1000 meter dari permukaan laut.

Ternyata untuk menemukannya juga tidaklah sulit, jika anda berkunjung ke beberapa daerah yang lokasinya dekat dengan pantai atau laut, anda akan menemukannya dengan mudah, sebagai tanaman dengan khasiat terbaik untuk kesehatan.

Ada ragam jenis manfaat yang bisa anda dapatkan dari tanaman ini, sebagai salah satu obat yang bisa digunakan sebagai obat alami tanpa adanya bahan kimia.

Untuk anda yang ingin mengkonsumsinya, ada baiknya jika mengkonsumsi hanya bagian daunnya saja, karena pada bagian buah terdapat racun yang sangat mematikan, sehingga dapat membahayakan anda ketika mengkonsumsinya.

  1. Daun Pepaya

daun pepaya
pixabay.com

Saat ini memang Indonesia terkenal akan rempahnya, sebagai salah satu negara penghasil rempah terbaik yang saat ini sudah banyak terjual di beberapa negara.

Untuk anda yang belum mengetahui manfaat dari daun pepaya, ternyata daun ini mampu untuk menjaga kesehatan anda dengan sangat baik, selain dari fungsinya sebagai salah satu lalapan terpopuler, serta sebagai salah satu menu makanan nikmat.

Untuk menemukan daun ini tentunya caranya tidaklah sulit, anda hanya perlu untuk mencari pohon pepaya yang masih bagus daunnya.

Kemudian anda bisa mengolahnya sebagai salah satu menu makanan atau dijadikan sebagai lalapan, selain itu juga daunnya memang berfungsi sebagai salah satu obat untuk mengatasi berbagai keluhan gangguan pencernaan, sehingga baik untuk memperlancarnya.

  1. Daun Sirih

daun pepaya
pixabay.com

Sebagai salah satu daun yang banyak tumbuh di berbagai tempat, ternyata daun sirih memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh anda.

Memang daun ini bukanlah jenis daun yang banyak digunakan sebagai lalapan, atau sekedar menu masakan pada masyarakat, akan tetapi daun ini memang terkenal akan khasiatnya sebagai salah satu daun dengan banyak manfaat untuk kesehatan bagi tubuh manusia.

Manfaat yang pertama adalah untuk membersihkan area organ kewanitaan, dimana mampu untuk membersihkan organ kewanitaan dari berbagai jenis bakteri serta keputihan.

Jenis tanaman toga yang satu ini juga bagus untuk mengatasi gangguan bau mulut, saat ini anda bisa menjadikan daun ini untuk mengatasi gangguan bau mulut dengan menjadikan air rebusannya sebagai obat kumur.

Baca juga jenis tanaman hias.

  1. Kumis Kucing

kumis kucing
pixabya.com

Saat ini memang kumis kucing sering kali dijadikan sebagai salah satu pengobatan alami, sebagai salah satu obat alternatif terpopuler di kalangan masyarakat.

Saat ini anda bisa menemukan tumbuhan kumis kucing ini dengan mudah, karena terkadang tanaman ini tumbuh dengan liar dimanapun, sehingga memudahkan anda untuk menemukannya atau untuk membelinya di pasaran.

Tanaman ini memang berfungsi untuk mengatasi berbagai keluhan, saat ini dipercaya untuk mengatasi gangguan pada saluran kencing.

Anda bisa mengkonsumsinya seperti meminum teh dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, tanaman ini memang dipercaya untuk mengatasi gangguan pada saluran kencing, seperti salah satunya adalah untuk mengatasi keluhan kencing batu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *