Kuliner Legendaris Khas Semarang (Terpopuler)

Kuliner Khasa Ssemarang – Apakah anda tahu Semarang adalah salah satu pusat kuliner yang ternama di Indonesia? Di tahun 2015, Semarang di tetapkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan oleh Kementerian Pariwisata.

Dayatarik wisatawan itu sendiri terletak di makanan khas dengan cita rasa yang sudah tidak diragukan lagi, wisata kuliner adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat berlibur bersama keluarga.

Kuliner Semarang termasuk kuliner yang melegendaris, karena kuliner ini sudah ada sejak lama, ini lah yang menjadi salah satu faktor datangya parawisatawan ke semarang.

Bukan hanya itu, kuliner legendaris ini juga memiliki kelezatan yang sulit ditemukan di tempat lain, Pengen ya heheh? Berikut adalah daftar wisata kuliner legendaris yang banyak diburu parawisatawan.

Kuliner Khas semarang Terpopuler

1.Mie Siang Kie

sumber : tribunnews.com

Mie Siang Kie terletak di Gang Lombok No. 10, kawasan Pecinan Semarang. Walaupun tempatnya sederhana, Mie Siang Kie ini selau ramai dipadati oleh parawisatawan maupun warga lokal.

Kedai ini sudah ada sejak zaman Belanda lho, menu bakmi yang menjadi andalan dan terfavorit para wisatawan adalah mie Pangsit Godok (rebus).

Seporsi mie pangsit ini berisi mie dengan potongan ayam, telur dadar suwir, kekian (sejenis dim sum), dan di tambah lagi dengan semangkuk kuah kaldu yang begitu lezat akan membuat anda semakin cinta dengan mie ini.

Untuk soal rasa tak perlu diragukan lagi! Bertahan selama puluhan tahun membuat cita rasa Mie Siang Kie ini menajdi khalalan thoyiban heheh.

2. Kampung Laut

kampung laut yang indah
Sumber : tribunnews.com

Bagi anda pecinta makanan laut, Kampung Laut inilah tempat yang pas untuk parawisatawan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Satu porsi makanan laut ini cukup besar, sehingga pas untuk anda yang ingin makan bersama keluarga atau teman-teman, sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Tak heran jika parawisatawan selalu berkunjung kembali, di karenakan hidangan laut yang segar dan lezat itulah yang membuat ketagihana parawisatawan.

Kampung ini berada di Jl. Anjasmoro, Tawang Mas, berkonsep pedesaan dengan banyak saung bambu yang dibangun di atas air.

Membuat Kampung Laut selalu ramai dikunjungi parawisatawan maupun warga lokal yang ingin menyantap hidangan laut dengan suasana yang unik.

Anda yang ingin membawa anak-anak jangan khawatir, karena tempat makan ini lengkap akan fasilitas, taman bermain untuk anak-anak dan tempat memancing ikan.

3. Restoran Pesta Keboen

restoran pesta keboen
Sumber : semarangarea.com

Restoran Pesta Keboen sendiri menawarkan aneka ragam menu Khas Indonesia dan belanda seperti Nasi Pecel, Lumpia Gudeg, Sup Kacang Merah, Nasi uduk Betawi, Leker (semacam semprong), macartoni Schote, dan masih banyak yang lainya.

Yang unik nya lagi setiap pengunjung akan di sugukan dengan jamu beras kencur dan kripik atau kerupuk singkong.

Selain itu tempat makan ini juga berada di sebuah rumah ruko kuno peninggalan zaman Belanda yang di modifikasi sedemikian mungkin menjadi restoran yang unik.

Alamatnya terletak di Jalan Veteran No. 29, dan ada suasana berbeda dari tempat ini ketika anda memasuki reuangan, kita seakan kembali di zaman Belanda tempo dulu.

Berbagai barang zaman peningalan belanda ada di setiap sudut ruangan, di tambah lagi restoran ini menyuguhkan live music juga lho! Makin nikmat dah makanya heheh.

4. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

gulai kambing lezat
Sumber : tribunnews.com

Ketika anda kesemarang mencari tempat makanan daging kambing yang lezat, anda tidak perlu bingung mampirlah ke Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar.

Bagi anda pecinta daging kambing, coba cicipin dulu ke warung tenda gulai kambing Bustaman ini, yang sudah ada sejak tahun 1969.

Bertahun-tahun warung ini berdiri yang pastinya untuk soal rasa sudah tidak bisa di ragukan lagi, pastinya enakk to.

lokasinya terletak di kawasan Kota lama, tepatnya di belakang cagar budaya Gereja Blenduk.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar memiliki porsi mengenyangkan pas jika anda mengajak keluarga untuk mencicipi makana khas ini.

Dengan potongan jeroan dan daging yang sangat empuk, bumbu gulai meresap hingga ke daging-daging, di tambah lagi dengan gulai yang sangat gurih akan menambah selera makan anda tentunya.

Agar lebih afdhol lagi, anda wajib menyantap kuliner legendaris khas di Semarang yang satu ini dengan bawang merah mentah dan perasan jeruk nipis.

5. Ayam goreng Pakne Heksa

udang pakne hekasa
Sumber : youtube.com

Ayama Goreng yang satu ini memang berbeda dengan ayam goreng pada umum nya, di semarang banyak penjual ayam goreng tapi yang paling enak ya Ayam Goreng Pakne Heksa ini.

Selain rasanya ayam goreng yang enak dan murah, tekstur ayamnya pun lembut dan memiliki rasa gurih yang khas.

Di tambah lagi dengan bumbu rempah-rempah yang lezat, pastinya akan membuat parawisatawan semakin ketagihan dan kecanduan.

Bukan cuma menu ayam goreng aja yang ada di sini, tersedia pula menu lain seperti nasi bebek, udang, lele dan bururng dara goreng, rasanyapun tak kalah saing dengan restoran lainya lho!

Sambal yang langsung disajikan di atas cobek (sambal dadakan) ini lah yang menjadi ciri khas dari warung Pakne Hasan.

Tak sabar ingin mencicipinya, sabar dulu dong? Kamu bisa dateng langsung ke war ung Pakne Heksa di Taman Kuliner Ventura, Jalan Ki Mangunsarkoro No 15.

“baca juga 7 Kuliner Bandung terpopuler”

6. Bakmi Jawa Pak Ateng

bakmie jawa pak ateng
Sumber : idntimes.com

Bakmi Jawa Pak ateng ini memeliki cita rasa yang sangat enak dan berbeda dari tempat lainya, jadi tak heran jika anda ingin mencicipi satu porsi bakmi ini anda harus rela berkorban menuggu giliran tempat duduk yang setiap detik selalu penuh.

Yang membedakan bakmi Jawa Pak Ateng dengan bakmi lainya yaitu kuah kaldu ayam kampung yang di lengkapi dengan daging ayam kampung suwir, telur, dan sayuran segar, akan membuat anda ketagihan untuk makan di bakmi ini.

Selain itu bakmi ini juga termasuk salah satu kuliner legendaris semarang, yang cukup di mininati oleh parawisatawan.

Cara pembuatanya pun cukup unik dengan cara yang masih mengunakan atas anglo (tungkul) tradisional dengan bahan bakar arang.

Dari pada penasaran langsung aja yuk, datang ke Bakmi Jawa Pak Ateng di Jalan Ki Mangunsarkoro, Karangkidul.

7. Kampoeng Semawis

kampung semawis semarang
Sumber : liputan6.com

Ketika di semarang anda tidak akan kehabisan kuliner khas semarang ini, dari siang hingga malam, selalu ada pilihan untuk di coba.

Ng bakalan ketahan deh pokok ya heheh, kali ini anda harus mencoba aneka jajanan pasar maupun makan tradisional khas pasar malam Kampoeng Semawis.

Pasar malam ini buka setiap hari jum’at – minggu mulai jam 18:00, di sini kamu akan menemukan banyak jajanan dan makanan yang beraneka ragam dengan harga murah meriah pastinya.

Kampoeng Semawis berada di Jl. Semawis, Kawana Pacitan, di sepanjang jalan ini banyak kios-kios pedagan kaki lima yang menjula lumpia, siomai, martabak manis, bakmi jawa, nasi pecel, kebab, churros, cahkwe, wedang ronde, es teler, dan masih banyak lainya.

Ketika berwisata rasanyapun tak lengkap jika tidak bersama keluarga atupun teman-teman, jadi jangan lupa ajak sekalian keluarga dan teman kamu biyar makin seru ya!

8. Babat Gongso Pak Karmin Mberok

babat gonso pak karmin
Sumber : Bukalapak.com

Warung Babat Gongso Pak Karmin adalah salah satu kuliner legendaris di semarang, tak heran jika cita rasa babat yang ditumis mengunakan bumbu khas dan kecap (babat gongso), tidak akan pernah merubah rasanya yang lezat sejak awal buka tahun 1971.

Bertepatan di warung sederhana ini lah pak Karmin merintis karirnya dari awal tahun hingga sekarang ini, selain itu Babat Gongso pak karmin juga empuk dan tidak berbau.

Jika kamu penasaran dengan rasanya, dateng saja ke warung pak karmin terletak tak jauh dari Jembatan Berok, tepatnya di jalan Pemuda.

Selain Babat Gongso, warung ini juga menyediakan nasi goreng babat yang pastinya sudah tidak bisa di ragukan lagi pasti wuueennaakk.

Meski warungnya terlihat sederhana, warung ini setiap detiknya selalu ramai dengan pembeli.

9. Nasi Gandul Pak Memed

nasi gundul pak memed
Sumber : tribunnews.com

Nasi Gandul Pak Memed meruapak kuliner yang unik di semarang, terletak di Jalan Dr. Cipto 12A, untuk satu porsi nasi gandul berisi nasi yang di siram kuah kecoklatan, lalu di tambah daging, jeroan sapi, dan terlur ayam kampung.

Yang menjadi ciri khas dan keunikan dari nasi gandul ini yaitu cara penyajianya mengunakan daun pisan dan di makan menggunakan seru (sendok dari daun pisang).

Di tambah dengan bumbu kuah kaldu yang lezat, akan membuat iman anda goyang hehe.

Selama puluhan tahun nasi Gandul Pak Memed beridiri, membuat rasanya yang khas tidak perlu di ragukan lagi.

10. Bebek Goreng Pak Thori

bebek goreng pak thori
Sumber : tribunnews.com

Ingin makan bebek di semarang? Jangan lupa mampir ke bebek goreng paling enak di semarang, Bebek Goreng Pak Thori.

Dengan cita rasa bumbun yang khas lezatnya, tekstur bebe goreng yang empuk, kelezatan bebek goreng akan semakin mantabss saat di tambahkan sambal dan nasi hangat.

Selain bebek goreng, warung sederhana ini juga menyajikan menu lain seperti ayam goreng, ayam bakar, dan lele goreng dengan sambal dan nasi bisa di pilih sesuai selera,  yaitu sambel hijau untuk rasa sangat pedas dan sambel merah untuk yang sedang.

Biyar tidak makin penasaran dengan rasanya yang lezat, Bebek Goreng Pak Thori berada di Jalan Raya Gunung Pati KM 15.

 

Nah itu dia beberapa makan khas legendaris semarang yang masih langeng kenikmatanya sampai saat ini.

Selain rasanya yang selalu di hati ini, harganya pun terbilang cukup murah lho gaes.

Wajib sekali anda coba saat anda berkunjung ke semarang, ng bakalan nyesel deh saya jamin rasanya 1000 % lezat.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *