11+ Kuliner Asli Pontianak (yang Sangat Terkenal)

Kuliner Pontianak – Pontianak adalah Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki banyak sekali beragam aneka makanan kuliner asli pontianak yang sangat lezat.

Selain itu! Kuliner pontianak memiliki ciri khas yang di kenal oleh berbagai parawisatawan akan rasanya yang enak dan harganya yang sangat murah. Selain itu keuniakan juga terdapat pada rasa yang sangat berbeda dibandingkan makanan khas lainya.

kuliner pontianak merupakan kuliner yang terbaik, sehingga sangat wajib sekali untuk dikunjungi dan wajib dicoba. Dan juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menikmati liburan bersama keluarga dengan harga yang sangat terjangkau.

15 Kuliner Pontianak Terfavorit

kuliner pontianak
Sumber : pergidulu.com
  • Durian Pontianak

kuliner khas pontianak
Sumber : liputan6.com

Walaupun durian bukan asli pontianak, namun disekitar kota banyak sekali yang menanam pohon ini. Dan kota pontianak di manfaatkan untuk sentral penjualan durian.

Jika kalian ingin mencicipinya datanglah kepasar sentral atau pasar mawar, tepatnya di Jl. Wolter Monginsidi, Darat Sekip, Pontianak Kota.

Di pasar tersebut banyak sekali durian yang bisa kita cicipi mulai dari durian Balai Karangan, pahuman, capkala bahkai sampai dari malaysia pun ada lho!! Harganyapun berfariasi mulai dari 10.000 perbuahnya.

  • Kue Pengkang

kuliner di pontianak
Sumber : wisatapontianak.com

Kue pengkang terbuat buat dari beras ketan yang di dalamnya diisi dengan udang ebi. Cara pembuatanya yang sangat khas yaitu dengan membakar ketan di atas bara api.

Belum lagi di tambah dengan sambel kerang yang khas pula akan membuat kalian semakin menikmati kelezatan dari kue yang satu ini. Jadi wajar saja jika kue pengkang ini selalu menjadi buruan para wisatawan maupun warga lokal.

Yuk dari pada makin penasaran langsung saja mampir ke Jl. Raya Peniti Luar, Siantan, Pontianak. Harga per kuenya hanya 5.000 saja lho!! Murah kan. Warung ini buka setiap harinya mulai pukul 09.00 sampai 23.00.

  • Bubur Gunting (Lek Tau Suan)

kuliner pontianak jalan gajah mada
Sumber : cookpad.com

Bubur gunting atau lek tau suan merupakan makan khas yang terkenal di pontianak maupun di singkawan. Bubur ini sendiri terbuat dari olahan bubur kacang hijau manis, dengan cakue yang lembut ditambah dengan crispy yang sangat renyah.

Karena keenakanya yang khas makan ini juga bis kita jumpai di Singapura dan daratan Tiongkok. Di pontianak sendiri, banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan makan ini di sepanjang Jalan Gajah Mada.

Dengan harga yang sangat merakyat yaitu 5.000 saja, kalian sudah bisa menikmati satu porsi bubur yang gurih ini.

  • Bubur Paddas Pak Ngah

kuliner pontianak 2018
Sumber : liputan6.com

Kuliner yang satu ini merupak makanan asli Melayu Sambas. Namun seiring berjalanya waktu makanan ini menjadi sangat populer di pontianak karena rasanya yang sangat nikmat.

Kolaborasi antara bubur nasi + kangkung, kecambah, kacang panjang, jagun muda, daun katak kesum, daun kencur, ikan teri, daging ayam, dan kacang tanah goreng menjadikan kuliner ini memiliki rasa yang lezat yang unik.

Pokokonya anda wajib banget deh untuk mencicipi kuliner yang satu ini, bertepatan di Jl. Komyos Sudarso, Sungai Jawi Luar, Pontianak Barat. Dan buka hampir setia hari mulai jam 08.00 sampai 22.00 menjelang malam.

Harganyapun cukup merakyat yaitu 7.000 hingga 9.000 perporsinya.

  • Mie Tiaw Apollo

kuliner di pontianak 2018
Sumber : pontianak.tribunnews.com

Mie Tiaw Apollo memiliki rasa yang sangat lezat karena memiliki toping yang sangat berlimpah, seperti suwiran daging sapi, jeroan, dan masih banyak yang lainya. Porsinyapun cukup lumayan banyak lho!!

Selain itu Kuliner ini merupakan salah satu kuliner legendaris pontianak karena berdiri sejak tahun 1968 dan dijadikan sebagai ikon kuliner di pontianak.

Warung ini buka setiap hari mulai jam 14.30 sampai 01.00 malam. bertepatan di Jl. Patimura No.63, Darat Sekip, Pontianak. Dan hanya dengan 27.000 anda sudah bisa menyantap Mie Tiaw Apollo yang sangat wuueennaakk.

  • Burung Punai Goreng

kuliner pontianak halal
Sumber : merahputih.com

Mungkin sebagian dari kalian masih asing dengan burung yang satu ini, namun di pontianak sendiri nama burung ini sangat terkenal karena dijadikan sebagai makanan khas asli pontianak.

Bagi anda yang masih penasaran denga rasanya yang lezat dan gurih, silahkan datang langsung ke Resto Pondok Pengkang di Jl. Raya Peniti, Peniti Luar, Siantan, Pontianak.

Anda hanya mengeluarkan uang 10.000 saja untuk bisa menyantap 1 porsi burung punai goreng ini, yang hampir setiap hari buka mulai jam 09.00 sampai 23.00.

  • Bubur Ikan Ahian

kuliner kota pontianak
Sumber : lifestyle.okezone.com

Kuliner khas yang satu ini merupakan makanan asli Tionghoa yang di racik dengan kuah kaldu ikan, kemudian disajikan dengan potongan-potongan irisan ikan yang akan menambahkan kelezatan dari bubur ikan ahian ini.

Bubur yang satu ini sangatlah berbeda dengan bubur pada umunya, karena bubur ini mengunakan olahan ikan kakap merah atau putih, daun selada atau sawi kriting, dan minyak bawang putih.

Dari pada penasaran, yu!! Dateng langsung aja ke Jl. WR Supratman No. A3/27, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan. Warung ini buka hampir setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 14.00.

Harga yang ditawarkanpun sepadan dengan apa yang kita makan yaitu seharga 35.000 perporsinya.

  • Bakmi Kepiting Oukie (non halal)

kuliner pontianak murah
Sumber : trevelingyuk.com

Tekstur mie yang lembut dan juga toping yang terbuat dari irisan daging ikan kecil-kecil, udang, kulit babi dan juga daging kepiting  akan membuat Bakmi Kepiting Oukie menjadi makin nikmat dan lezat.

Selain itu dengan ciri khas diatas juga menjadikan bakmi ini memiliki daya tarik tersendiri di kalangan wisatawan. Ukuran porsinyapun cukup besar, jadi pas sekali buat anda jika ingin menikmatinya bersama keluarga.

Anda bisa menikmati satu porsinya bakmi ini dengan kisaran harga 50.000 saja loh!! Wah cukup murah ya.

Pastinya sudah ng sabar bukan untuk menikmati makan khas yang satu ini, silahkan anda bisa datang langsung ke Jl. Tanjung Pura No. 256, Benua Melayu Laut, Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

Dan warung bakmi ini buka setiap hari rabu sampai minggu, mulai dari jam 06.00 sampai 18.00 menjelang sore.

  • Es Lidah Buaya

kuliner pontianak yang terkenal
Sumber : memasak.id

Ketika berkunjung ke Pontianak apalagi di siang hari, es lidah buaya menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mendinginkan tenggorokan serta bisa juga untuk mengusir panas dalam.

Di pontianak banyak sekali pedagan kaki lima yang menjual es lidah buaya, namun yang ramai akan pembelinya yaitu di Komplek Agrobisnis Lidah Buaya tepatnya berada di Jl. Budi Utomo No. 03, Siatan tengah, Pontianak Utara.

Selain itu Komplek Agrobisnis juga menyediakan tempat yang bernuansa asri dan sejuk dimana kebun-kebun dipadati dengan puluhan lidah buaya yang berukaran besar.

Harganyapun berfariasi mulai dari 5.000 sampai 10.000 rupiah saja lho!! Warung Komplek Agrobisnis buka hampir setiap hari mulai dari jam 08.00 sampai 16.00 menjelang sore.

  • Che Hun tiau

kuliner wajib pontianak
Sumber : pontianak.tribunnews.com

Berburu kuliner ke pontianak tidak lengkap rasanya jika anda belum mencicipi Es Che Hun Tiaw asli kota khatulistiwa ini atau biasa di kenal dengan es sagu gunting.

Es yang satu ini disajikan dengan campuran dari adonan tepung beras yang dipotong seperti mie, ketan hitam, kacang merah dan bongko yang akan membuat rasanya begitu menyegarkan tenggorokan.

Jika kalian penasaran dengan kesegaranya datang langsung ke Jl. WR Supratman, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan. Harganyapun sangat murah yaitu 5.000 rupiah saja anda sudah bisa menikmatinya.

Warung ini buka setiap harinya mulai dari jam 09.00 sampai 16.00 menjelang sore.

  • Es Krim Angi

wisata kuliner kota pontianak
Sumber : gotravelly.com

Homemade ice cream atau biasa dikenal dengan es petrus karen letaknya yang berada pas di belakang kompleks sekolah st petrus. Merupakan kuiner yang lagi booming di saat ini.

Selain tekstur eskrim yang sangat lembut, penyajianyapun cukup unik yaitu dengan menaruhkan es krim di dalam batok kelapa. Dengan campuran cincau, mutiara, kacang merah serta rumput laut akan membuat es krim ini semakin lezat.

Jika kalian ingin mencobanya datang saja ke Jl. Karel Satsuit Tubun No. 08, Akcaya, Pontianak Selatan. Buka setai hari mulai jam 08.00 sampai 17.00. Dengan uang 10.000 sampai 25.000 kalian sudah biasa mencicipi satu porsi es krim ini.

  • Kopi Asiang

wisata kuliner pontianak 2017
Sumber : travel.tempo.co

Ngopi apa ngopi diem-diem bae. Bagi anda para pecinta kopi, ketika berkunjung ke pontianak wajib sekali untuk mecicipi Kopi Asiang ini. Kopi sangatlah terkenal karena cita rasa dan aroma kopinya sangatlah khas.

Selain itu penyajianya pun sangat unik, pemiliknya koh asiang saat membuatnya bahkan tidak memakai baju dan hanya memakai celan pendek.

Saking terkenalnya kopi ini, wajar saja kalian harus rela antri hanya demi secangkir kopi heheh, di tambah lagi harganya yang murah yaitu 7.000 akan semakin membuatnya dipadati oleh pembeli.

Yuk langsung saja datang ke Jl. Merapi, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan. Dan warung ini buka mulai dari jam 4 pagi sampai jam 15.00 sore.

  • Chai Kwe / Choi Pan A Hin

wisata kuliner pontianak 2018
Sumber : idntimes.com

Sekilas kue ini mirip dengan gyoza dari Jepang, namun yang membedakanya yaitu kue ini memiliki isi yang sangat bervariasi mulai dari kucai, bengkuang, talas dan juga rebung. Di tambah dengan khas dari sambalnya yang sangat enak nian.

Makanan khas yang satu ini cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh keluarga dirumah lho!! Dengan harga per kue 1.000 akan membuat semakin banyak yang memburunya.

Yuk keburu kehabisan langsung datang ke Jl. Siam, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan. Buka hampir setiap hari mulai dari jam 10.00 siang sampai 22.00.

  • Kue Bingke Al Fajar

kue bingke pontianak
Sumber : wisatakulinerpontianak.wordpress.com

Kue basah yang satu ini juga bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga dirumah lho!! Namun banyak juga yang langsung menyantapnya di tempat.

Selain itu kue ini juga memiliki banyak sekali varian rasa, yang tentu akan membuat kalian semakin bingung untuk memilikihnya. Karena setiap kue memiliki tekstur yang yang lembut dan empuk. Dan akan membuat anda semakin terpesona heheh.

Dari pda ngiler yuk cobain langsung ke Jl. Adi Sucipto No.8, sungai Bangkong, Pontianak Kota, yang buka hampir setiap harinya mulai dari jam 08.00 sampai 21.00. Harganyapun relatif murah yaitu 10.000 saja.

  • Pisang Goreng Srikaya

pisang goreng srikaya pontianak
Sumber : suara.com

Warung kopi suka hati menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi untuk mendapatkan rasa yang sangat khas dari pisang goreng asli pontianak.

Selain itu pisang goreng pontianak juga memiliki rasa yang manis dan tekstur yang sangat lembut dan renyah. Dan juga memiliki banyak varian rasa yang akan menambahkan daya tarik tersendiri.

Yuk buruan sebelum kehabisan, langsung saja datang ke TKP di Sikap Darat Jl. Tanjung Pura No.17, Benua Melayu Laut, Pontianak barat. Dan buka setiap hari muali dari jam 06.00 sampai 17.00 menjelang sore.

Hargan perpisangnya hanya 2.000 saja lho!! Jangan lupa juga menikmati pisang goreng srikaya ini dengan secangkir kopi hitam yang akan membuatnya semakin terasa enak nian.

Baca juga yuk wisata kuliner khas bogor Disini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *