Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Manfaat Buah Naga untuk Bayi (Gambar, Pengertian, dan Efek samping)

Tak banyak orang tahu tentang manfaat buah naga, apa lagi untuk para ibu yang sedang mempunyai anak kecil atau bayi. Bahwa sanya buah naga memiliki banyak sekali manfaatnya untuk bayi yang akan sangat membantu dalam proses pertubuhan dan kesehatan si kecil.

Bila mengkonsumsi buah naga secara teratur maka akan sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Buah naga merah memiliki kandungan gizi yang berguna untuk membantu tumbuh kembang si kecil.

Diantara kandungan nutrisi tersebut diantaranya yaitu lemak, protein, vitamin, serat, mineral, kalsium, karoten posfor dan riboflavin.

Buah yang satu ini bisa langsung di berikan pada bayai sebagai MPASI. Tidak perlu diolah terlebih dahulu sebab teksturnya lembut sehingga lebih mudah untuk ditelan dan dicerna.

Manfaat Buah Naga Merah untuk Bayi

Manfaat Buah Naga untuk Bayi

cnnindonesia.com

Jika buah hati anda tidak suka mengkonsumsi buah secara langsung, maka anda bisa mengenalkan buah naga yang diolah menjadi pudding yang lezat atau bahkan jus buah naga yang segar.

Meningkatkan Sistem Imun

Meningkatkan Sistem Imun

caraobati.com

Dengan mengkonsumsi buah naga maka akan meningkatkan sistem imun si kecil sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang bisa membahayakan tumbuh kembangnya si bayi.

Meningkatkan Kinerja Otak

Meningkatkan Kinerja Otak

solusisehatku.com

Selain itu buah naga juga berkhasiat dalam meningkatkan kinerja otak sehingga si kecil tumbuh menjadi seorang anak dengan IQ yang bagus.

Bersifat Antioksidan

antioksidan

hellosehat.com

Vitamin c pada buah naga akan berperan penting sebagai antioksidan untuk mengkal radikal bebas. Berikan buah naga sesuai dengan kreasi anda sehingga si kecil tidak akan mudah merasa bosan.

Mengandung Protein

protein

hsph.harvard.edu

Buah naga juga mengandung protein yang cukup tinggi, yang berfungsi dalam proses metabolisme tubuh si bayi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

suara.com

Salah satu manfaat dari buah naga yang tak kalah penting yaitu burguna untuk menjaga kesehatan jantung si kecil, jika di konsumsinya secara teratur maka akan membuat si kecil kesayangan anda semakin sehat.

Mengandung Karotin

Mengandung Karotin

myhealt-forlife.blogspot.com

Buah naga juga mengandung karotin yang berperan sangat penting untuk menguatkan otak dan menjaga kesehatan mata si kecil.

Kaya akan Vitamin C

Kaya akan Vitamin C

tribunnews.com

Vitamin C pada buah naga sangatlah berperan penting untuk kesehatan dan perkembangan tulang, otot dan gigi si kecil.

Selain itu vitamin C juga sangat berperan untuk membantu perkembangan pembulu darah si kecil yang sedang dalam proses penumbuhan.

Di tambah lagi vitamin C juga mempunyai peran yang yang sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari segala penyakit.

Manfaat Buah Naga untuk Menambahkan Tinggi SeratTinggi Serat

hellosehat.comBuah naga memiliki serat yang cukup tinggi yang akan membantu sistem pencernaan yang sehat. Sehingga dengan sistem pencernaan yang sehat akan membantu mencegah terjadinya penyakit sembelit.

Khasiat serat dalam buah naga juga berfungsi menjaga keseimbangan kadar gula darah serta membantu si bayi untuk meningkatkan berat badan yang sehat.

Membuat Tulang menjadi Kuat

Membuat Tulang menjadi Kuat

hellosehat.com

Pada buah naga terkandung mineral senyawa flavanoid dan fenolik lainya yang akan membantu membentuk tulang si kecil menjadi lebih kuat. Dan salah satunya melindunginya dari penyakit arthritis di masa tua.

Mengandung Vitamin A

Mengandung Vitamin A

dictio.id

Vitamin A yang tedapat dalam buah naga sangatlah tinggi, sehingga hal ini akan sangat membantu pada kesehatan kulit dan mata si kecil. Vitamin A juga sangat bagus untuk mencegah si kecil terkena dari segala serangan infeksi.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga Kesehatan Ginjal

brilicious.brilio.net

Buah naga memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racu dari dalam tubuh (detoksifikasi) dengan sangat baik, sehingga akan membantu si kecil terhindar dari segala jenis racun.

Khasiat dari buah naga untuk ginjal yaitu akan membantu menjaga kebersihan dan kesehatan ginjal dari segala elemen racun serta menjaga saluran kemih tetap sehat.

Manfaat Buah Naga untuk Menenangkan Saraf

Menenangkan Saraf

hellosehat.com

Potassium yang terkandung di dalam buah naga akan membantu menjaga kesehatan jantung serta mampu menenangkan saraf pada si kecil. Dalam proses pertumbuhan, hal ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil serta terhindar dari lemak yang berlebih.

Cara Memberi MPASI Buah Naga pada Bayi

Cara Memberi MPASI Buah Naga pada Bayi

globalchin.org

Buah naga di sini berfungsi sebagai selingan makanan pendamping ASI, oleh karena itu kadar pemberiannya juga harus diatur sesuai kebutuhan.

Untuk membiasakan bayi dalam mengkonsumsi MPASI buah, sebaiknya di permulaan cukup berikan 1 kali makan dalam sehari di pagi hari sekitar jam 09.00.

Pemberian MPASI sebaiknya dilakukan setelah bayi berusia 6 bulan dengan sebab saluran pencernaan bayi baru dirasa kuat di usia tersebut.

Setiap bayi pun memiliki kecenderungan masing-masing. Ada yang suka dengan MPASI cair, MPASI kental maupun MPASI dari buah-buahan.

Nah, sebagai Ibu harus teliti dalam memilih MPASI yang tepat untuk anak. Efek samping bila tidak cocok dengan MPASI yang diberikan bayi akan muntah hingga mencret.

Namun jangan khawatir karena efek tersebut tak akan berasa pada buah naga maupun pisang karena keduanya sangat sesuai dengan system pencernaan bayi.

Bilamana dirasa berefek, itupun tak akan berlanjut lama. Mungkin dikarenakan sistem percernaan pada usus bayi belum mampu menerimanya untuk saat ini. Tetapi bisa untuk beberapa bulan ke depan.

Efek Samping dari Buah Naga

Efek samping dari mengkonsumsi buah naga merah untuk bayi sejauh ini tidak ditemukan adanya efek sampih dari buah tersebut, justru buah ini sangat ideal dalam menunjang pertumbuhan dan menjaga kesehatan si kecil.

Disamping buah naga, untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Selamat mencoba buah naga merah untuk si buah hati anda, semoga bermanfaat bagi si buah hati!! amin…

Leave a Reply