manfaat daun cincau untuk pengobatan

11+ Manfaat Daun Cincau Beserta Cara Mengolahnya (Lengkap)

Manfaat Daun cincau – Daun cincau Adalah tumbuhan yang tergolong dalam kategori tumbuhan Menispermaceae dan memiliki nama latin Cycleabarbata, yang memiliki banyak sekali manfaat atau khasiat untuk pengobatan dan kesehatan kita.

daun cincau

Sumber : manfaat.co.id

Tanaman ini mungkin biasa kita kenal dengan nama camcau / cincau, juju, tarawalu dan kepleng. Daun ini cukup bagus untuk kita komsumsi di sehari-harinya.

Karena mengandung banyak sekali kandungan zat kimia yang akan membantu menjaga kesehatan tubuh. di antaranya karbohidrat yang akan menyerap air dalam tubuh, zat lemak dan alkaloid siklein, kardioplegikum, dimetil dan tentradine, polifenol, saponoid dan flavonoida.

Secara tradisional, cincau di gunakan dan di manfaatkan sebagai obat penurusan panas, demam tinggi, panas dalam, sakit perut (mual/mules), diare / mencret, pencegah gangguan pencernaan. Dan hal ini sangat di percaya oleh masyarakat.

Bahkan para pakar ilmiyah telah meneliti bahwa cincau bisa menjadi salah satu obat sebagai antikanker.

Mengenal Daun Cincau

cincau hijua dan cincau hitam

Sumber : dapurbuasih.blogspot.com

Siapa sih yang ng kenal cincau? Pastinya hampir semua orang sudah mengenalnya. Ketika di siang hari dengan panasnya terik matarhari biasanya ada penjual cincau lewat yang akan menyegarkan tenggorokakn kita hmmmm.

Nama cincau sendiri sangat terkenal sekali di kalangan masyarakat Tionghoa di Asia Tengara, namun disana nama cincau biasa di sebut Hokkian sienchau (xiancao).

Cincau pada dasarnya adalah tumbuhan (mesona spp), yang menjadi bahan untuk pembuatan gel ini. Di negara kita Indonesia, ada dua jenis cincau yang sangat kaya akan manfaatnya yaitu Cincau Hitam dan Cincau Hijau.

  • Cincau Hitam

adalah jenis gel berwarna hitam kecoklat-coklatan yang biasanya di manfaatkan untuk pembuatan makanan pembersih mulut (dessert gel), dan cincau ini biasa di produksi di daerah Cina, Korea, serta negara-negara Asia Tenggara lainya.

  • Cincau Hijau

adalah gel yang serupa yang di dapatkan dari proses perendamana daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air.

Gel ini terbentuk karena adanya karbohidrat yang bisa menigkatkan molekul-molekul air. Dan cincau ini biasa di produksi oleh masyarakat bandung, Jawa Barat.

Baca juga Manfaat Daun Kelor

Cara Pengolahanya

cara pengolahan daun cincau

Sumber : youtube.com

Cara yang Pertama

  • Ambil beberapa helai daun cincau 10 – 15 daun.
  • Lalu di bersihkan dengan air bersih dan di peras dengan air yang sudah mendidih ¾ gelas.
  • Peras daun hingga benar-benar mengental
  • Daun yang sudah di peras, lalu air daun cincau di minum secara langsung jangan menuggu terlalu lama.
  • Rutin di konsumsi setiap 2 hari sekali, sebelum makan dan sebelum tidur.
  • Lakukan proses ini secara teratur, yang insyaallah akan membantu semua penyakit yang kamu alami dengan kehendak allah swt.

Cara yang Kedua

  • Cuci dan bilas sampai bersih, di rendam di dalam air terlebih dahulu, dan diremas-remas.
  • Tunggu sekitar 1 hari 24 jam sampai berbentuk agar. Yang bertujuan untuk memberikan pada hidrat arang yang akan menigkatkan molekul air.

Cara yang Ketiga

  • Daun bisa kita remas-remas atau kita hancurkan
  • Setelah itu lakukanlah perendaman atau boleh lakukan perebusan terlebih dahulu.
  • Berikan pengawet atau soda kue
  • dan jadilah cincau ager yang bisa anda konsumsi sehari-harinya.

Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan

manfaat daun cincau untuk pengobatan

Sumber : pertanianku.com

1. Obat Anti Inflamasi

Pada daun cincau mengandung zat yang cukup besar yaitu zat klorofil, zat ini akan membantu untuk meredakan peradangan yang terjadi akibat bakteri bahkan kuman yang ada di bagian tubuh kita.

Untuk  membuat daun ini menjadi obat anti inflamasi adalah ambil beberapa helai daun cincau lalu di tumbuk sampai halus dan di tambhkan sedikit garam kemudian di laburkan ke bagian yang sakit, rutin dilakukan selama 3 kali sehari.

2. Obat Demam

Di dalam daun ini mengandung zat saponin dan antioksidan yang berfungsi untuk menurunkan panas dan demam.

Cara untuk meraciknyapun cukup mudah rebuslah beberapa daun cincau, setelah itu lakukan penyaringan sebanyak 2 kali sehari dan kemudian minum lah air rebusan tersebut.

3. Obat Diabetes Mellitus

Selain mangandung zat, daun ini juga mempunyai kandungan senyawa bisbenzilsokuinolin dan klorofil  yang akan membantu dalam menetralisir kadar gula dalam darah.

Selain itu juga akan membantu proses perbaikan hormon insulin pankreas dalam menstabilkan kadar gula darah.nKonsumsilah daun rebusan ini secara teratur, dan minumlah 200 ml untuk 2 kali sehari.

4. Obat Radang Lambung

Daun cincau juga mengandung vitamain C dan manfaat antioksidan yang akan sangat membantu klorofil untuk mengobati radang lambung yang diderita oleh seseorang yang memiliki kelainana asam lambung.

Dan juga akan membantu membunuh bakteri yang akan menyebabkan penyakit pada lambung. Anda dapat mengunakan daun ini untuk mengobatinya, dengan cara konsumsi daun rebusan cincau selama 2 kali sehari.

5. Obat Penyakit Hipertensi

Senyawa S-S tetandrin juga sangat membantu untuk mengobati penyakit hipertensi, yang akan mengakibatkan pelebaran pembulu darah sehingga darah akan mengalir lebih lancar dari biasanya.

Dengan sistem peredaran darah yang lancar / normal, tentunya akan membantu tekanan darah yang tadinya tinggi dan akan menjadi normal kemabali, sebaiknya anda sering mengonsumsi daun cincau ini minimal 3x dalam seminggu

6. Obat Keracunan Akibat seafood

Makanan laut memang memiliki banyak sekali manfaat, namun tidak semua makanan laut baik untuk kita konsumsi sehari-hari. Seperti udang dan cumi itu merupakan salah satu seafood yang bisa menyebabkan keracunan jika kita terlalu sering memakanya.

Daun cincau ini bisa anda manfaatkan untuk obat keracun, caranyapun simple remaslah beberapa helai daun cincau dengan air hangat, hingga air yang yang di hasilkan berwarna hijau tua, kemudian tambahkan gula jawa untuk anda minum di sehari-harinya hingga badan berasa segar kembali.

7. Obat Sakit Tipes

Senyanwa yang terkandung di dalam daun cincau ini seperti tokoferol, mineral fosfor dan antioksidan, akan membantu untuk meningkatkan dan menambah sistem imunitas tubuh terutama bagi yang menderita penyakit tipes ini.

Tidak ada salahnya untuk mencoba daun cincau ini, dengan cara di rebus beberapa helai daun, dan konsumsilah secara rutin 3 x sehari.

Baca juga Manfaat Daun Kecubung

Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan Lainya

manfaat daun cincau hitam

Sumber : go-dok.com

  • Manfaat Daun Cincau untuk Mengatasi Masalah Otot

Dimetil kurin-1 dimetoidida, adalah senyawa yang dimiliki daun cincau yang berfungsi untuk mengatasi permasalahan otot yang kaku, kram, pegel dan nyeri.

Rebuslah daun cincau hingga mengental dan bisa anda jadikan sebagai salep yang akan membantu proses peregangan otot.

  • Manfaat Daun Cincau untuk Mencegah Kanker

Isokandrodendrin dan S-S tetandrin adalah senyawa yang dimiliki daun cincau yang berungsi untuk membunuh sel-sel tumor yang akan berakibat menjadi sel kanker.

Alangkah baiknya anda selalu mengonsumsi air rebusan daun cincau yang akan membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh kita.

  • Manfaat Daun Cincau untuk Mematikan Sel Tumor

Isokandrodendrin adalah senyawa yang dengan cepat akan mematikan sel-sel tumor yang akan menyerang sebagian dari tubuh kita seperti ginjal, lambung, dan hati.

Anda dapat memanfaat daun ini sebagai obat antikanker secara alami, dengan cara mengonsumsinya setiap 3x sehari. Dan untuk mengonsumsinya bisa dalam bentuk agar, air rebusan, atau serbuk sesuai dengan selera anda.

  • Manfaat Daun Cincau untuk Mengatasi Diare

Alkaloid dalah senyawa yang ada pada daun cincau yang mengandung vitamin C dan Vitamin B yang dapat membantu untuk mengatasi diare.

selain itu juga akan membantu membasmi semua kuman penyakit yang terdapat dalam makan dan meningkatkan sari makanan yang ada di dalam tubuh. Konsumsilah secara rutin sebanyak 3 kali sehari agar senyawa alkaloid ini bekerja secara maksimal.

  • Manfaat Daun Cincau untuk Pencegah Osteoporosis

magnesium, kalsium dan fosfor adalah kandungan mineral yang cukup tinggi yang di miliki oleh daun cincau ini, dan sangat bermanfaat untuk regenerasi sel-sel tulang  yang sudah kropos.

Kandungan ini akan memberikan nutrisi secara teratur kepada tulang-tulang kita yang sudah mulai rusak, oleh karena itu pentinnya untuk menjaga tulang dari keroposnya tulang (osteoporosis) dengan mengonsumsinya minimal seminggu 3 kali.

Semoga ilmu yang saya sampaikan bisa anda ambil hikmahnya dan di manfaatkan bagi anda yang sedang membutuhkan untuk pengobatan secara alami agar tidak terlalu memakan banyak biaya.

Baca juga Manfaat Daun Balakacida

One Response

  1. Barracuda 5 July 2019

Leave a Reply