manfaat-ciplukan untuk kesehatan

√ Manfaat Daun Ciplukan Lengkap dengan Kandungan dan Efek Samping

Manfaat Daun Ciplukan – Anda yang lahir di era 90-an tentunya tak asing lagi dengan tanaman ciplukan atau ceplukan. Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan yang terkandung didalam daun maupun buahnya bahkan hampir seluruh bagian dari tanaman ciplukan ini bisa di manfaatkan.

manfaat daun dan buah ciplukan

Sumber : atmago.com

Tanaman ini juga memiliki bentuk buah yang antik dan unik ini, dan tanaman ini merupakan tanaman liar yang bisa kita temukan di negara tropis salah satunya yaitu Indonesai. Dari pada makin penasaran, yuk langsung simak pegertianya di bawah ini.

Mengenal Tanaman Ciplukan

tanaman ciplukan

Sumber : faktualnews.co

Ciplukan adalah tanam yang sangat jarang sekali di jamak oleh manusia, karena sifatnya yang sering tumbuh di kebun, persawahan, hingga di tengah-tengah hutan. Sehingga ciplukan ini bisa kita katakan sebagai tanaman yang liar.

Ceplukan atau biasa kita kenal dengan ciplukan merupakan tumbuhan yang mudah sekali untuk hidup terutama di tanah air kita Indonesia, dan beragam daerah pun mengenal tanaman ini dengan nama yang berbeda-beda.

Cecendet biasa di sebutkan oleh orang Sunda, kopok-kopokan biasa disebut oleh orang Bali, nyurnyuran biasa di sebut oleh orang madura, dan juga leletokan untuk orang Sulawesi Utara (minahasa).

Ciplukan sendiri memiliki buah yang sangat unik karena bunga atau buahnya di tutupi oleh kelopak daun yang menggembung.

Buahnya yang berwarna hijau dan akan berubah menjadi kekunin-kuningan ketika sudah matang, sebelum buahnya matang maka rasanyapun getir, tetapi ketika udah matang buah ini akan terasa manis ke asam-asaman dan buahnya berubah menjadi warna oranye kekuning-kuningan.

Dalam bahasa inggris buah ini disebut morel berry atau physalis, dan memilik nama latin Physalis angulata.

Buah ciplukan ini kabarnya sudah mulai masuk delam perpasaran swalayan terutama di Indonesia, jadi anda tidak perlu khawatir walaupun sekarang buah ini sudang jaran sekali kita temukan.

Namun harga yang di tawarkan di pasaran begitu fantastis, bisa mencapai nominal 500 ribu rupiah perkilonya. Yah wajar saja mungkin karena keberadaanya yang sudah susah untuk dicari membuat harganya selalu naik.

Bahkan seiring perkembangan zaman ciplukan ini sudah banyak kita temukan di jual beli online, dan hal ini sangat di manfaatkan sekali oleh pengusaha-pengusaha yang bergerak di bidangnya.

Dan negara lainpun sudah mulai membudidayakan ciplukan ini mulai dari Amerika selatan, Selandia Baru, dan Australia. Cuma yang membedekan ciplukan yang dibudidayakan oleh negara lain merupakan jenis ciplukan badak (Physalis peruviana) yang memiliki ukuran lebih besar.

Baca juga Manfaat Daun Kelor

Kandungan Daun dan Buah Ciplukan

kandungan buah dan daun ciplukan

Sumber : brilio.net

Orang yang tidak mengerti tentang ciplukan ini pasti akan mengira bahwa ciplukan hanyalah tanaman liar yang tidak memiliki manfaat apa-apa, tentunya ini menjadi salah satu faktor kenapa ciplukan di perjual belikan.

Di beberapa negara berkembang lainya, ciplukan di manfaatkan sebagai garnish untuk berbagai hidangan makanan. Selain itu, ciplukan juga banyak sekali di minati karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan ataupun obat-obatan herbal.

Kandungan senyawa yang berada di dalam tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan seperti saponin, flavonoid, polifenol (dalam bentuk tanin), kriptoxantin, alkaloid, vitamin C, asam stearat, asam sitrat, asam palmitat, asam fisalin dan malat.

Bahkan hampir semua bagian dari tanaman ini bisa kita manfaatkan mulai dari daun, buah, akar hingga batangnya pun bisa kita manfaatkan.

Efek Samping

efek samping ciplukan

Sumber : hallosehat.com

Dari beberapa penelitian yang sudah di lakukan oleh para ahli, keseluruhan dari tanaman ini belum di temukan efek samping yang membahayakan untuk kesehatan. Jadi anda tidak perlu akhawatir lagi untuk mengonsumsinya.

Ciplukan sudah terbukti mempunyai manfaat yang sangat penting untuk kesehatan. Bahkan dari keseluruhan dari tumbuhan ini memiliki manfaat yang cukup besar.

Jadi saran saya anda harus menanam ciplukan ini di sekitar halaman rumah, jadi anda tidak perlu khawatir akan kehabisan stok ciplukan ini, yang semakin lama semakin susah untuk kita cari dan haraganya yang melambung tinggi.

Baca juga Manfaat Daun Cincau

Manfaat Daun dan Buah Ciplukan untuk Kesehatan

1. Kaya akan Antioksidan

daun ciplukan antioksidan

Sumber : konilife.com

kandungan zat antioksidan yang terdapat di dalam tanaman ini sangat lah tinggi sehingga di manfaatkan sebagai obat alami dalam mengatasi beberapa penyakit yang menyebabkan kerusakan jaringan tubuh (kronis).

Kandungan senyawa (antioksidan) dalam buah ciplukan akan mengatasi segala macam penyakita yang akan masuk kedalam tubuh kita (radikal bebas).

Setelah di teliti oleh para ahli, persatuan antara zat karotrnoi dan ploifenol  yang terdapat dalam buah ciplukan, sangat ampuh sekali sebagai obat penghenti kanker (anti-kanker) dan juga akan membantu sistem kekebalan tubuh dari segara seragan penyakit.

2. Mempunyai Efek Anti Inflamasi

daun ciplukan anti-inflamasi

Sumber : slideshare.com

Bukan hanya buah saja yang bermanfaat, daunya pun bisa kita manfaatkan. Karena dalam daun ciplukan ini mengandung efek anti-inflamasi dan analgesik yang akan membantu menenangkan serta mempercepat proses penyembuhan.

Dan juga untuk membantu mengurangi peradangan yang di sebabkan oleh infeksi virus.

Banyak sekali masalah kesehatan peradangan seperti radang usus, radang paru-paru, radang tenggorokan, radang ginjal dan lain sebagainya dapat anda coba untuk menanganinya dengan memanfaatkan daun ciplukan.

Selain itu manfaat yang lain dari daun ciplukan ini yaitu mampu meningkatkan kesehatan jantung (aterosklerosis) dan menjegah penyakit jantung koroner.

3. Manfaat Daun Ciplukan untuk Kolesterol

daun ciplukan anti-kolesterol

Sumber : news.labsatu.com

Hipertensi dan penyakit jangtung juga bisa di sebabkan oleh kadar kolesterol yang selalu tinggi. Oleh karena itu bagi yang memilik kolesterol ya tinggi jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dengan cara olahraga yang teratur dan menjaga pola makan yang sehat. Agar kolesterol tidak semakin naik.

Apakah kali tahu, di dalam buah ciplukan ini memiliki zat oleat dan linoleat yang sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi / jahat (LDL) serta meningkatkan kadar kolesterol yang baik untuk tubuh kita (HDL).

Oleh karena itu bagi anda yang mempunyai kolesterol tinggi sangat wajib untuk mengonsumsinya.

4. Memperbaiki Sel-Sel Tubuh dan Proses Regenerasi

sel-sel tubuh

Sumber : garudaharga.id

Senyawa Withanolides termasuk kedalam golongan bioaktif steroid, adalah senyawa yang sangat jarang di miliki oleh tumbuhan manapun. Namun hebatnya senyawa ini terkandung di dalan buah ciplukan.

Ada apakah dengan senyawa Withanolides sehingga amat begitu spesial?

Karena di dalamnya mempunyai zat antioksidan dan bersifat anti-inflamasi atau sel kematian yang terprogram, sehingga dapat membantu menghilangkan sel-sel yang tidak dibutuhkan dan meminimalisir sel-sel yang berbahaya untuk tubuh seperti kanker.

Karena proses biologi tidak akan jalan jika tidak memiliki apoptosis (sel yang terprogram), sangat luar biasa ciplukan itu.

Baca juga Manfaat Daun Kecubung

5. Manfaat Daun Ciplukan untuk Anti-Kanker Payudara

manfaat daun ciplukan anti-kanker payudara

Sumber : obatkankerpayudaraterbaik.blogspot.com

Setelah sekian lama di lakukanya proses penelitian, akhirnya telah di temukan fakta, bahwa ekstrak daun ciplukan mempunyai efek sitotoksik yang mampu menginduksi kematian pada sel kanker payudara.

Dengan ini kita bisa menyimpulkan, bahwa ciplukan bisa menjadi salah satu obat alternatif untuk para penderita kanker payudara yang tentunya akan lebih aman, terjangkau, dan efektif.

6. Manfaat Daun Ciplukan untuk Penyakit Tuberkulosis

penyakit tuberkolosis

Sumber : grid.id

Setelah proses kian berlalu, akhrinya para penelitipun mendapatkan hasil yang cukup fantastis. Bahwa tanpa kita ketahui ternyat ekstak daun ciplukan bisa bermanfaat untuk pencegahan pertumbuhan Mycobacterium tuberculosis.

Sehingga hal ini bisa di manfaat dalam ilmu kedokteran untuk di jadi kan sebagain obat herbal tuberkulosis.

7. Menurunkan Gula Darah

gula darah diabetes

Sumber : kaskus.co.id

Kondisi yang sangat tinggi kadar gula darah (hiperglikemia), adalah kondisi dimana penyakit ini sangat umum di amalami oleh penderita penyakit diabetes.

Sebuah penelitian yang telah di lakukan menandakan bahwa daun ciplukan bisa menurunkan kadar gula darah menjadi normal kembali karena di dalamnya memiliki kandungan aktivitas anithiperglikemia. Dan tanaman ini bekerja secara cepat memengaruhi kerja hormon insulin.

selain itu bisa coba anda manfaatkan daun miana untuk alternatif alami lainya.

8. Sarana Alami Penambahan Darah

penambahan darah anemia

Sumber : merdeka.com

Banyak yang mempercayai bahwa tanaman ini sangat ampuh untuk mejadi obat alami penambah darah. Jika anda mengalami penyakit anemia yang mempunyai gejala sperti pusing, cepat lelah, sesak nafas, limbung, dan detak jantung yang tidak normal.

Maka segeralah anda meminum rebusan daun ciplukan yang berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat efektif.

9. Mengatasi Saluran Pernapasan

saluran pernapasan manusia

Sumber : malekbio.blogspot.com

Banyak sekali manfaat dari tanaman ini, salah satunya untuk mengatasi masalah saluran pernapasan. Dengan mengonsumsinya secara rutin air rebusan daun ciplukan ini dapat mencegah penyakit saluran pernapasan seperti asma, laringitis, paru-paru basah dan lain lain.

Selain itu juga kandungan anti-bakteri yang terdapat dalam tanaman ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya perkembanga bakteri yang menyebabkan tuberkulosis atau TBC.

10. Menghilangkan Rasa Nyeri Sendi dan Rematik

nyeri sendi dan rematik

Sumber : alodokter.com

Ciplukan ini juga dapat kita manfaatkan sebagai sarana untuk mengatasi nyeri sendi dan rematik. Dan untuk menggunakanya bukan di jadikan sebagai obat melainkan tumbuh beberapa helai daun ciplukan dan tambahkan sedikit kapurs sirih, dan kemudian balurkan ke bagian tubuh yang terasa nyeri untuk mengompresnya.

11. Obat Herbal Penyakit Kuning

penyakit kuning pada mata

Sumber : hallosehat.com

Penyakit kuning adalah keadaan dimana bagina kulit pada mata berubah menjadi warna kuning yang ditimbulkan karena kadar bilirubin dalam dara sedang naik tinggi.

Penyakit ini umumnya menyerangan anak-anak yang masih di bawah umur, bahkan bayi yang balu lahirpun bisa mengalami penyakit ini.

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam tanaman ini sperti fisalin, flavonoid, dan polifenol dapat membantu untuk mengatisi / mencegah penyakit kuning tersebut.

Baca juga Manfaat Herbalife

Nah itu dia tadi beberapa manfaat daun dan buah ciplukan yang sangat sering sekali di manfaatkan oleh masyakarakat untuk kesehatan. Selain itu dengan pengobatan alami ini pun pastinya akan lebih ekonomis dan meminimalisir resiko dan tidak ada efek samping yang di temukan dari pengunaan tanaman ini.

obat herbal daun ciplukan

Sumber : bukalapak.com

Tapi alangkah baiknya ketika anda menjalani pengobatan khusus, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang cara pengunaan yang baik dari daun ciplukan ini untuk di jadikan sebagai obat alami tambahan.

Hal ini harus penting anda tanyakan, karena betujuan untuk mencegah sesuatu hal-hal yang tidak kita inginkan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi bagi anda dan juga bisa kita manfaatkan untuk orang lain yang membutuhkan. Selamat mencoba!!

Leave a Reply