Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan (yang Wajib kamu Ketahui)

Manfaat Daun Kelor – Daun kelor dikenal sebagai salah satu daun favorit yang digunakan untuk berbagai jenis masakan dan tergolong dalam jenis sayuran karena khasiatnya yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

Saat ini sudah banyak yang membuat olahan makanan, minuman, ataupun bubuk suplemen dari daun kelor. Selain untuk kesehatan tubuh, daun kelor juga dapat menjaga kecantikan kulit. Apa saja manfaat daun kelor? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun kelor
Sumber ; makassar.terkini.id

1. Manfaat Daun Kelor untuk Mengobati Kanker

Hasil penelitian dalam jurnal Oncology Letters, manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh salah satunya yaitu mengobati kanker. Kanker payudara, kanker paru, hingga kanker kulit dapat disembuhkan dengan daun kelor yang sudah diekstrak, telah larut dalam air.

Mengapa bisa? Karena daun kelor ini kaya akan antioksidan, karotenoid, protein dan senyawa lainnya yang bisa menagkal pertumbuhan sel kanker.

2. Manfaat Daun Kelor untuk Menyehatkan Mata

Mungkin sedikit terdengar aneh, karena yang kita ketahui kesehatan mata didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, tomat atau papaya.

Ternyata daun kelor yang berwarna hijau itu mengandung vitamin A yang sangat banyak. Bahkan disebutkan bahwa kandungan vitamin A pada daun kelor lebih tinggi dari jumlah vitamin A pada wortel.

3. Menurunkan Kadar Gula

Dari hasil penelitian yang dilakukan di India (Mumbai), mengatakan bahwa hasil daun kelor yang telah diolah menjadi the atau sayur mampu menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan.

Hal ini dapat terjadi karena akibat dari pemberian obat glibenclamide yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pancreas. Hal ini menjadikan orang India banyak yang menggunakan daun kelor untuk menurunkan kadar gula.

4. Mengobati Cacingan

Obat tradisional daun kelor dibua dengan cara merebus daun kelor bersamaan dengan daun cabai dan meniran. Kemudia air hasil rebusan tersebut diminumkan kepada anak penderita cacingan untuk mengurangi infeksi cacing, terutama cacing kremi dan pita.

5. Menjaga Fungsi Otak

Daun kelor ternyata mempunyai khasiat untuk menjaga mood dan pikiran agar tetap stabil. Daun kelor memiliki fungsi sebagai neurotransmitter dan senyawa tiroid untuk menjaga kestabilan psikis.

Mengonsumsi daun kelor secara teratur akan memeperkecil seseorang mengalami depresi terkait kondisi mood dan psikis.

6. Menyehatkan Pencernaan

Sakit maag, atau bermasalah dalam percernaan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi daun kelor secara rutin. Daun kelor memiliki funsi sebagai anti-inflamasi, yang akan membuat tubuh semakin membaik dari masalah maag dan percernaan secara signifikan.

7. Gizi untuk Ibu Menyusui

Mengonsumsi daun kelor sangat dianjurkan untuk ibu yang sedang menyusui agar gizi bayi terpenuhi dan tetap terjaga. Selain itu, daun kelor juga sangat baik untuk perempuan yang datang bulan dan mengalami anemia.

karena kandungan zat besi daun kelor sangat tinggi sehingga mampu memulihkan gejala kurang darah. Akan tetapi daun kelor ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah

manfaat daun kelor untuk kecantikan
Sumber : ciungtips.com

1. Manfaat Daun Kelor untuk Mencerahkan Kulit

Ternyata kandungan vitamin yang terdapat dalam daun kelor bisa mencerahkan kulit. Daun kelor bisa digunakan sebagai masker. Selain dapat mencerahkan kulit, masker daun kelor juga dapat membantu mengikis binti-bintik hitam serta bekas jerawat.

2. Manfaat Daun Kelor untuk Mengatasi Kerutan

Semakin bertambah usia, laki-laki dan perempuan pasti akan mengalami kerutan di wajah. Tetapi, kadang masalah kerutan ini datang lebih awal atau penuaan dini, tentu saja hal in sangat mengkhawatirkan terutama bagi kaum hawa.

Tetapi jangan panik, Anda bisa mengatasi penuaan dini dengan menggunakan masker daun kelor dicampur dengan madu agar kulit tidak kering dan terhindar dari kerutan.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Dalam tubuh kita ini, banyak sekali sel kulit mati, tidak hanya pada bagian wajah saja, terdapat juga di bagian anggota tubuh yang lain misalnya bagian punggung, leher, kaki, perut, tanga, dan anggota tubuh lainnya.

Sel kulit mati ini akan menimbulkan efek jerawat, bintik-bintik hitam, gatal pada wajah dan anggota tubuh yang lain.

Untuk mengatasinya dapat menggunakan scrub yang terbuat dari daun kelor, Anda juga bisa meraciknya sendiri menggunakan bubuk daun kelor.

Anda hanya perlu menambahkan garam scrub, yogurt atau susu, dan madu ke dalamnya, gunakan secara rutin sebagai scrub atau luluran untuk hasil yang maksimal.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Masalah kecantikan yang snagat mengganggu bagi pria maupun wanita selain jerawat yaitu kulit berminyak. Kulit yang berminyak akan menimbulkan masalah kulit yang lain misalnya berjerawat.

Berdsarkan riset, jerawat dapat diatasi dengan menggunakan asupan yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Nah, daun kelor terbukti dapat menjadi salah satu daun yang berguna untuk kesehatan kulit berminyak.

Anda juga bisa menambahkan buah alpukat pada masker daun kelor untuk hasil yang maksimal.

5. Mengatasi Flek Hitam

Polusi udara sangat berbahaya untuk kulit dan akan menimbulkan berbagai gangguan pada kulit wajah salah satunya yaitu flek hitam. Flek wajah tentunya akan membuat penampilan kurang menarik dan percaya diri pun berkurang. Tapi tenang saja, flek hitam dapat diatasi dengan menggunakan daun kelor.

Caranya pun mudah, tidak jauh berbeda dari mengatasi masalah jerawat, Anda bisa membuat masker daun kelor yang dicampur dengan bahan lain seperti kunyit dan temulawak, yang berkhasiat untuk menghilangkan flek hitam. Untuk hasil yang maksimal anda dapat mengonsumsinya.

6. Menjaga Kecantikan Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh terluar manusia, inilah yang menyebabkan seringkali terancam bakteri, kuman yang dapat masuk melalui kulit.

Untuk menjaga kesehatan dan mencegah ancaman ini, kulit membutuhkan antioksidan yang berfungsi menjaga kulit supaya tidak kering, kusam, dan kotor seperti berjerawat.

Nah, daun kelor ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi, cara menggunakannya pun snagat mudah, cukup dengan mengonsumsinya sebagai sayur, atau bisa juga dengan menumbuk daun kelor menjadi cream dan dicampur dengan madu.

7. Menyehatkan Rambut

Bagi perempuan, rambut adalah salah satu mahkota yang terlihat. Rambut yang hitam, lebat, dan lembut menjadi dambaan setiap orang. Ternyata manfaat lain dari daun kelor jua bisa untuk menyehatkan rambut.

Dengan menggunakan daun kelor sebagai shampoo, rambut Anda akan terhindar dari rontok, kotor, ketombe, dan bau. Daun kelor juga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

8. Melembutkan Bibir

Dan kelor memiliki sifat menghidrasi yang dapat membantu melembabkan bibir. Untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah, oleskanlah minyak daun kelor sebelum tidur.

Saat ini sudah banyak produk perawatan bibir yang menggunakan daun kelor. Yang lebih menarik, selain dapat melembabkan bibir, minyak daun kelor ini mampu menjaga kelembutan bibir pula.

9. Mengecilkan Pori-pori

Daun kelor juga mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit yang dapat membuat kulit lebih kencang dan cerah. Hal ini akan membantu mengencangkan kulit dan akhirnya menyebabkan penyusutan pori-pori besar pada kulit.

Itulah beberapa manfaat, khasiat serta faedah daun kelor dalam menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan tubuh. Semoga bermanfaat.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *