manfaat daun ketapang untuk ikan

√ Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Beserta Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Ketapang – Manfaat daun ketapang ini sudah cukup terkenal terutama di bidang budidaya ikan maupun ikan hias, karena manfaatnya sangat bagus untuk menjaga kebersihan air, untuk kesehatan ikan dan untuk meperindah sisik, terutama buat ikan hias seperti arwana, lohan, cupang dain lain-lain.

manfaat daun ketapang

Sumber : ikancupangku.com

Daun ketapang adalah daun yang sangat berguna sekali untuk penyembuhan atau pengobatan ikan, mengerti dan tahu bagaimana cara mengolah daun ketapang adalah suatu hal yang sangat penting. Terutama untuk pecinta ikan atau pembudidaya ikan.

Karena pembuatan daun ketapang yang tidak sesuai dengan prosedur akan mengakibatkan meracuni ikan anda,dan pastiny anda akan rugi besar.

Baca juga Manfaat Daun Kelor

Cara Mengelolah Daun Ketapang Sesuai Prosedur

cara mengelolah daun ketapang

Sumber : tokopedia.com

Unutk mengolahnya sebenarnya sangatlah mudah, dan ada satu yang harus anda ingat! Tidak boleh meletakan daun ketapang langsung ke soliter ikan.

  • Cari 5 sampai 10 daun ketapang yang sudah gugur dan berwana coklat, setelah itu bersihkan dengan air sampai kotoran yang menempel pada daun itu hilang.
  • Langkah selanjutnya rendam daun yang sudah di bersihkan tadi kurang lebih 10-20 menit.
  • Kemudian setelah direbus ikat dengan karet atau tali lainya dan letakkan pada ember, setelah itu cari kain bekas dan basahkan kain tersebut lalu di peras dan tutup ember supaya ember menjadi lembab. Biarkan daun terendam pada air yang ada di ember selama 1 hari 24 jam.
  • Setelah perendaham selama 1 hari 24 jam, lakukan pembilasan daun yang kita rendam tadi dengan air sampai bersih.
  • Kemudian jemur daun yang sudah kita bersihkan secara berjejer, pastikan daun benar-benar kering ya dan biasanya penjemuran di lakukan 1 sampai 2 hari, tergantung dengan situasi cuaca juga.
  • Setelah daun itu kering, sediakan ember yang besar da masukkan beberapa helai daun ketapang yang sudah kering. Dan isi air 5 sampai 6 liter saja ya. Diamkan 1 sampai 2 hari sampai air berubah warna menjadi merah kekunin-kuningan, nah berarti air itu sudah mengandung Zat Tannin dari daun ketapang.

Nah, itu tadi cari mengolah daun ketapang yang efektif dan benar  ya gaess, gampang kan heheheh!!

Selain itu manfaat daun ketapang kering juga sangat di butuhkan oleh beberapa ikan seperti ikan cupang, ikan arwana, ikan louhan, dan juga ikan guppy.

Baca juga Manfaat Daun Mimba

Manfaat Daun Ketapang Kering untuk Ikan

Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

daun ketapang untuk ikan cupang

Sumber : yukepo.com

Ketika kita ingin menaikan mutu dan kualitas ikan cupang yang baik, salah satunya adalah dengan mengunakan daun ketapang ini. Karena manfaat yang paling utama adalah sebagai obat alami penyembuhan yang sangat efektif.

Berikut manfaat daun ketapang bagi ikan cupang yaitu :

  1. Menurunkan pH Air

Bagi ikan cupang,  pH air berkisar 6,2 7 derajat celcius sangat lah penting untuk kehidupan yang baik dan teratur untuk si ikan. Dengan di tambahkanya air olahan daun ketapang ini bisa membuat pH air menjadi semakin tinggi dan juga stabil. (anda ingin tahu tentang PH air silahkan klik disini)

  1. Membantu melenyapkan jamur

Jamur adalah salah satu hama atau penyakit yang sangat mengangu untuk kesehatan ikan cupang, jika ikan cupang sampai terinfeksi jamur maka dengan cara air olahan daun ini bisa membantu proses penyembuhan ikan cupang dengan cepat.

  1. Mengobati luka setelah perkelahian / pemijahan

Perkelahian / peraduan antara ikan cupang akan sangat berdampak dengan luka dari yang biasa dan sampai kelevel yang sangat serius. Begitupun ketika pemijahan, ikan cupang jantan pasti akan melukai ikan cupang betina.

Dengan dauin ketapang ini luka pada ikan cupang bisa dengan cepat di sembuhan sebelum menimbulkan infeksi yang serius.

  1. Menyerap racun pada air

Pengunaan air yang tidak bersih akan membuat si ikan cupang terkena serangan penyakit, kemungkina hal ini lah yang menyebabkan ikan cupang sering mati secara mendadak.

Selain dengan pegunaan pendeteksi air beracun yang mengandung logam tidaklah mudah pastinya anda harus mengeluarkan uang yang lumayan dan juga harus memiliki peralatan yang sangat lengakap.

Air daun ketapang sangat bisa sekali anda manfaatkan untuk menurunkan kadar beracun pada air tersebut. Salah satu fungsi dari Zat Tannin adalah untuk menyerap kandungan logam dan zat beracun  pada air.

  1. Mengurangi stress dan mebuat sisik ikan semakin bersinar

Selain fungsi Tannin untuk menyerap racun pada air, Tannin ini juga akan membantu mengurangi rasa stress pada ikan cupang dan membuat sisik tampak terlihat bersih bersinar.

Selain itu, banyak juga testioni-testimoni yang mengatakan akan membuat ikan cupang menjadi lebih kuat, kekar dan tahan pukul karena penggunaan daun ketapang ini.

Jadi manfaat yang paling utama dari daun ketapang buat ikan cupang yaitu untuk penyembuhan, perawatan yang sehat, dan mendukung untuk memperkuat ikan cupang laga. ( berikut ciri-ciri cupang aduan yag berkualitas klik disini ya )

Baca juga Manfaat Daun Ciplukan

Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Arwana

manfaat daun ketapang untuk ikan arwana

Sumber : dictio.id

Dampak positif air daun ketapang untuk anakan ikan arwana super red.

  1. Bisa membuat kualitas air di dalam aquarium menjadi lebih bersih dan nyaman terutama bagi anakan arwana super red, karena air ini hampir sama dengan habitat aslinya yang sedikit asam
  2. Air dari daun ketapang mengandung Zat Tannin, yang bisa membantu anakan arwana super red terhindar dari segala serangn penyakit, bakteri, jamur dan parasit.
  3. Dengan air daun ketapang ini akan membuat anakan arwan lebih nafsu makan.
  4. Karena sifatnya yang alami, air ini dapat kita guakan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Selain itu ada juga dampak negatif yang bisa di timbulkan dengan mengunakan air daun ketapang, di antaranya yaitu :

  1. Yang pasti dengan dampak dari warna air daun ketapang yang berwarna coklat kehitam-hitama, akan membuat air dari aquarium tidak enak di pandang mata di bandingkan dengan air yang jernih.
  2. Daun ketapang harus rutin di ganti selama 3 minggu sekali, sehingga itu akan sedikit merepotkan kita untuk selalu menyediakan stok daun ketapang yang sudah kering.

Pada umunya setiap arwan memiliki karakter yang berbeda-beda dan setiap aquarium memiliki kualitas air yang berbeda-beda dan juga problem yang berbeda.

Akan tetapi mengunakan metodi daun ketapang ini adalah salah satu solusi yang patut anda coba, karena tidak akan menimbulkan efek yang berkepanjangan untuk ikan arwana itu sendiri.

Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Louhan

daun ketapang untuk ikan louhan

Sumber : bahasikan.com

Kecantikan dan keindahan ikan louhan adalah hal yang sangat utama untuk menigkat kan harga dan kualitas ikan louhan itu sendiri. Karena kualitas louhan yang tinggi itu tergantung dengan besar jenongnya, kecerahan pada kulit dan warna mutiara pada ikan tersebut.

(Klik disini untuk tahu jenis ikan louhan termahal di dunia).

Nah, anda tidak perlu cemas dan putus asa jika warna ikan yang tiba-tiba menjadi kusam atau pun tidak terlihat bersinar lagi.

Ada satu cara alami yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecerahan warna dan kulit pada ikan louhan yaitu dengan memberikan daun ketapang pada air aquarium. Selain itu manfaat yang di timbulkan dari daun ini pun banyak, di antaranya yaitu :

  1. Menigkatkan kecerahan pada warna dan kulit ikan louhan sehing ga menjadi seperti mutiara
  2. Mengurangin tingkat keasaman pada air yang mengakibatkan kekusamanpada kulit louhan
  3. Membantu menormalkan PH pada air menjadi lebih sempurna.

Ikan Guppy

daun ketapang untuk ikan guppy

Sumber : youtube.com

  1. Menurunkan dan meningkatkan PH air menjadi normal kembali
  2. Menjernikan air, maksudnya adalah ketika daun ketapang di rendam dengan air maka otomatis air akan berubah menjadi merah kecoklatan, nah dengan air itu semua kotoran, bakteri dan parasit yang ada di dalam air akan di bersihkan secara alami.
  3. Warna dan kualitas ikan guppy menjadi lebih tajam lagi, dan ini berlaku untuk jenis ikan lainya.
  4. Sebagai sarana pangan untuk udang hias.
  5. Terasa seperti berada di habitat aslinya.
  6. Unutk mencegah dari segala penyakit jamur dan Finroot yang akan menyerang ikan guppy.

Setelah kita simak manfaat di atas, hal ini sangat lah penting sekali dan bermanfaat bagi para peternak ikan hias terutama ikan guppy, karena dengan proses ini akan membuat ikan guppy anda menjadi lebih indah untuk di pandang dan pastinya akan sangat menguntungkan bagi para pedagan-pedagan ikan hias.

Ikan Nila

Khasiat daun ketapang untuk ikan nila

Sumber : jitunews.com

Ikan nila merupakan ikan yang hidup di air tawar, ikan yang satu ini sangat mudah sekali untuk di perkembang biakkan serta sangat mudah untuk di pasarkan dan paling sering di komsumsi sehari-harinya oleh masyarakat.

Namun selain itu untuk menjaga kualitas yang baik untuk bisa bersaing di perpasaran tidak lah mudah, apa lagi jika ikan anda tidak melakukan perawatan dengan baik dan benar.

Ada salah satu cara untuk perawatan ikan nila menjadi lebih mudah, tidak memakan biaya dan juga tidak ribet.

Yaitu cukup dengan merendam beberapa helai daun ketapang ke dalam kolam, yang akan membantu membersihkan kotaran dan mengatasi atau menyembuhkan segala penyakit pada iakn nila seperti :

  1. Penyakit kulit
  2. Penyakit pada insang
  3. Dan penyakit pada organ dalam

Baca Juga Manfaat Daun Miana

One Response

  1. hewan air info 10 July 2019

Leave a Reply