manfaat daun miana

Sejuta Manfaat Daun Miana bagi Kesehatan (Wajib kamu Ketahui)

Manfaat Daun Miana – Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan nama daun Miana ini, daun miana adalah tanaman yang memiliki nama latin Coleus Scutellariodes atau masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan nama Daun Iler.

Daun Miana ini sangat kaya akan manfaat atau Khasiat dan banyak digunakan oleh masyarakat sebagai tanaman hias karena bentuk dan warnanya yang sangat cantik.

Selain itu, Daun Miana juga memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Pertahanan tubuh kitapun akan selalu terjaga karena daun tersebut menyimpan kandungan yang berguna untuk menjaga kesehatan kita, seperti tanin, eugenol, dan masih banyak yang lainya.

Manfaat Daun Miana bagi Kesehatan

  • Manfaat Daun Miana untuk Menyembuhkan Luka

manfaat daun miana untuk menyembuhkan luka

Sumber : riauaktual.com

Ingat ya ini luka di tubuh ya bukan di hati hehehe, kita semua pasti pernah mengalam luka baik itu luka ringan maupun luka berat yah namanya musibah mana ada yang tahu.

Karena pada umumnya orang akan mengunakan obat merah atau bitadin untuk menyembuhkanya, tapi apakah kamu tahu bahwa Daun Miana pun juga bisa kita manfaatkan Sebagai sarana untuk mengobati luka.

Cara pengobatnya pun cukup simple, hanya dengan menumbuk daun tersebut dengan air lalu di tempelkan pada bagian kulit atau tubuh yang teluka.

Zat-zat yang ada di dalam Daun Miana akan membantu mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan luka.

  • Manfaat Daun Miana untuk Mengatasi Demam Tinggi

manfaat daun miana unutuk menurunkan demam

Sumber : hmstimes.com

Pada saat tubuh kita dalam kondisi yang tidak stabil dan sistem imun atau ION kita menurun, maka kita akan gampang sekali terserang demam yang dapat menyerang kita kapan saja.

Walupun penyakit ini bukan penyakit yang serius, namun jika kita biyarkan ini akan berkibat fatal terutama bagi anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih sangat rentang.

Dengan daun ini bisa anda manfaatkan sebagai obat sakit kepala, tubuh panas mengigil, dan tidak nafsu makan, insyaallah dengan khasiat daun ini bisa menyembuhkan penyakit yang cukup membuat anda tidak nyaman.

Dalam tempo waktu yang cepat daun ini di percaya dapat menyembuhkan atau meredamkan demam dengan skala tinggi.

Untuk meracik ramuanya cukup simple, rebus terlebih dahulu beberapa helai Daun Miana, kemudian saring ampasnya dan konsumsi sarinya secara teratur hingga suhu panas pada tubuh menurun.

Baca juga Manfaat Daun Mimba

  • Manfaat Daun Miana untuk Mengatasi Batuk

manfaat untuk mengobati batuk

Sumber : merdeka.com

ketika kita batuk ini sangat mengangu sekali terhadap aktifitas sehari-hari, batuk adalah salah satu penyakit yang gampang menular.

Untuk penyebabnya sendiri cukup banyak, bisa di karenakan karena pola makanya yang tidak di teratur, adanya infeksi di saluran pernafasan (ISPA) bahkan bisa sebagai tanda awal mula penyakit tertentu seperti (TBC, bronkitis, dan sebagainya).

Ada sebagian dari kita yang alergi akan obat-obatan, nah Daun Miana ini bisa kamu manfaatkan sebagai obat untuk menjegah atau mengatasi penyakit batuk.

Cara penyajianya sama seperti step di atas, hanya dengan meminum air rebusan dari Daun Miana, dan minumlah secara rutin untuk menghilangkan rasa gatal pada tengorokan dan  menghilangkan infeksinya.

  • Manfaat Daun Miana untuk Mengobati Ambeien

manfaat unutk mengobati ambeien

Sumber : wordpress.com

Ambeien atau biasa kita sebut wasir ini adalah kondisi dimana pembulu dara vena di sekitar anus atau dubur bengkak, gejala ini dapat muncul di dalam saluran yang menghubungkan usus besar dan usus halu (rektum).

Biasanya penyakit ambeini ini di sebabkan karena sering kelamaan mengejan saat BAB (buagn air besar).

Penyakit ini akan berdampak sangat besar jika tidak langsung segera di atasi, bahkan bisa berdampak melakukan tindakan operasi yang sangat serius.

Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan Daun Miana seperti biasanya yakni rebus sehelai Daun Miana dan meminumnya dengan di tambahkan sedikit kunyit, dan di konsumsi secara rutin samapai gangguan atau penyakit ambeien merasa membaik.

  • Manfaat Daun Miana untuk Mengatasi Konstipasi

manfaat untuk mengobati konstipasi

Sumber : blog.elevenia.co.id

Selain bisa membantu segala penyakit, Daun Miana ini juga di percaya mampu mengatasi gangguan konstipasi (gangguan sistem pencernaa pada manusia atau hewan yang mengalami sistem pengerasan tinja secara berlebih dan mengakibat sulit untuk membuang airt besar atau kecil).

Hal seperti ini bisa menjadi salah satu faktor munculnya peyakit pada usus besar.

Unutk mengantisipasi penyakit ini usahakan untuk rutin mengonsumsi makanan berserat agar sistem pencernaan kita lancar, dan bisa juga kita obati secara tradisional dengan air rebusan Danu Miana.

  • Manfaat Daun Miana untuk Mengatasi Diabetes

manfaat untuk penyakit diabetes

Sumber : medicalxpress.com

Penyakit ini adalah salah satu yang harus kita waspadai, Diabetes sendiri adalah penyakit yang bisa berangsung lama atau kronis serta bisa di tandai dengan kadar glukosa (gula) darah yang tidak normal atau biasa kita kenal darah tinggi.

Penyakit ini tidak pernah pandang bulu yang tua maupun yang muda, semua bisa mengalami penyakit ini apabila kita tidak mengatur pola kehidupan kita.

Apabila gaya kehidupan kita buruk maka tidak menutup kemungkinan kita akan terserang penyakit Diabetes ini, jika ada gejala sepeti di bawah ini :

  1. Cepat haus
  2. Sering buang air kecil
  3. Berat badan menurun
  4. Cepat lapar
  5. Sering terasa lelah dan lemah
  6. Pandangan kabur atu tidak fokus
  7. Pemulihan luka yang lama atau sering infeksi
  8. Warna kulit menjadi gelap

Jika adalah salah satu yang sudah mengalami gejala di atas lakukanlah penanganan sesegera mungkin.

Dan salah satu alternatif penanganan lainya yaitu dengan mengonsumsi air rebus Daun Miana, insyaallah dengan meminumnya secara teratur kadar gula darah akan turun secara berkala.

Baca juga Manfaat Daun Ciplukan

  • Mengatasi Tifus

mengobati gejala tifus

Sumber : jagad.id

Hampir setiap orang pasti pernah menderita demam yang sangat tinggi, atau biasa kita kenal ini adalah penyakit tifus.

Tifus adalah penyakit yang umumnya ditandai dengan demam tinggi (tifoid), demam tinggi ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang bernama Salmonella Typhi.

Dan salah satu gejala tifus yang sering di alami adalah demam tinggi, kehilangan nafsu makan dan sakit kepala yang terus menerus.

Bila ada sanak saudara kita yang mengalami gejala seperti di atas, sesegera mungkin untuk melakukan tindakan merawat atau mengobatinya.

Adapun pengobatan tradisional yang bisa mengobati tifus ya itu Daun Miana, daun ini sangat kaya akan manfaatnya terutama dengan sering mengonsumsi air rebusan daun tersebut.

Air rebusan ini dapat membantu membersihkan bakteri-bakteri yang ada di dalam usus sehingga membuat tubuh kita sehat seperti sediakala.

  • Mengatasi Sakit Perut / Mual

manfaat untuk perut sakit perut atau mual

Sumber : bincangsyariah.com

Mulas atau melilit atau sering kita kenal dengan sakit perut (Gastro Oesophageal Reflux) adalah rasa sakit atau nyeri yang hanya terjadi di bagian perut.

Umumnya penyakit ini disebabkan karena ukuran perut membesar dari dalam dan mengurangi ruang bebas di dalam perut, sehingga sipenderita mengalami sakit atau mulas yang berkepanjangan dan tubuh terasa lemas.

Nah Daun Miana ini merupakan obat alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengobati atau menjegah sakit perut tersebut.

Hanya dengan meminum air rebusan daun miana, inysaallah jika kamu rutin mengonsumsinya secara teratur yah minmal 1 hari sekali atau 3 hari sekali juga lebih bagus, maka secara perlahan rasa mual akan hilang.

  • Mengobati Bisulan

manfaat untuk penyakit bisulan

Sumber : kumparan.com

Penyakit ini biasanya sangat di benci sipenderitanya, karena selain membuat kita tidak nyama juga membuat kita malu di tambah rasanya yang begitu nut nut nut hehhe.

Bisul di sebabkan oleh bakteri Staphylococcus Aureus (biasanya ditemukan di kulit, hidung, dan tenggorokan), dan biasanya bisul juga akan menimbulkan rasa gatal yang sedikit mumbuat anda kesal.

Nah, kamu bisa coba mengobatinya dengan Daun Miana, cara ramuanya cukup mudah hanya dengan menumbuk beberapa daun dan tempelkan pada bagian kulit yang terkena bisul.

Lakukan dengan rutin setiap harinya agar si bisul cepat kempes dan tidak akan pernah menganggu kamu lagi.

Baca juga Manfaat Daun Kelor

  • Mengatasi Telat Datang Bulan (Haid)

telat menstrubasi atau haid

Sumber : alodokter.com

Batas telat haid selalu menjadi pertanyaan pada kaum wanita bahkan di takuti, pada umumnya, seorang wanita yang mempunyai siklus normal rata-rata akan datang bulan berkisar antara 21 hingga 35 hari.

jika hal tersebut terjadi kepada tubuh kita, biasanya kita akan mengalami pegal-pegal, capek, dan sakit kepala yang di sebabkan darah kotor yang tidak bisa keluar.

Salah satu obat-obatan herbal yang perlu anda coba adalah dengan mengonsumsi air rebusan Daun Miana, banyak sebagian dari masyarakat yang mempercayai bahwa daun ini mempunyai zat-zat yang dapat memperlancar siklus peredaran darah kotor atau haid.

Cukup dengan meminumnya satu hari sekali insyaallah proses terjadinya datang bulan ini akan kembali normal lagi.

Itu lah tadi 10 manfaat  Daun Miana untuk kesehatan kita, semoga bisa bermanfaat dan bisa kita manfaatkan di kemudian hari untuk orang lain dan khusus nya untuk diri kita sendiri, tapi tidak ada salah nya juga jika anda ingin ke dokter dan meminta resep atau obat khusus.

Baca juga Manfaat Daun Cincau

Leave a Reply