Manfaat Daun Mimba bagi kecantikan dan Kesehatan (Wajib kamu Ketahui)

Manfaat Daun Mimba – Daun mimba atau daun intaran mungkin bagi kalian terasa asing dengan daun ini, dalam bahasa inggris daun ini di sebut Neem Tree, karena tanaman ini memiliki berjuta-juta manfaat.

Bukan hanya daun yang bisa kita manfaatkan tapi keseluruhan dari pohon ini mulai dari kulit kayunya, biji, bunga, akar dan bahkan buahnya pun bisa kita gunakan sebagaia obat-obatan tradisional untuk kesehatan.

Apa saja sih manfaat daun ini? Yuk di simak dengan seksama.

Sekilas Tentang Tanaman Mimba

manfaat tanaman mimba

Sumber : kabartani.com

Tanaman ini memiliki nama latin Azadirachta indica adalah tanaman terna/perdu yang pertama kali di temukan di daerah Hindutani, tepatnya di Madhya Pradesh, India dan tanaman ini pun bisa kita temukan di Indonesia.

Mimba mulai tersebar di seluruh pelosok indonesia sejak tahun 1.500 dengan daerah penanaman utama di Pulau Jawa, dan seiring berjalanya waktu tanaman ini sudah tersebar hampir ke seluruh Indonesia.

Banyak orang yang memanfaat pohon / daun mimba ini untuk di jadikan ekstrak, minyak, atau di rebus untuk di minum airnya.

Bagian-bagian Pohon Mimba dan Segudang Fungsinya

manfaat pohon mimba

Sumber : kabartani.com

Daun mimba banyak di manfaatkan untuk pengobatan penyakit kusta, kelainann mata, mimisan, cacingan, sakit perut, kehilangan nafsu makan, penyakit jantung, demam tinggi, gejala maag, sakit gigi, dan juga penyakit hati.

Selain itu inti sari dari kulit kayunya bisa di manfaatkan untuk pengobatan malaria, nyeri, penyakit kulit, dan juga demam.

Kulit pohon mimba akan menghasilkan cairan dalam jumlah yang cukup besar dalam satu tahun sekali yang bisa kita manfaatkan sebagai minyak, dan cairan inilah yang sekarang di jadikan obat penyakit lambung di India.

Bunga dari pohon ini bisa kita manfaatkan untuk mengobati penyakit wasir (ambeien), cacingan, gangguan pada lambung, luka, dahak dan kusta.

Bahkan ranting pohonya pun bisa di manfaatkan untuk mengobati asma dan batuk, dan biji atau minyak bijinya bisa di manfaatkan sebagai obat kusta dan cacingan.

Hampir semua dari pohon ini mulai dari batang, akar dan buah bisa kita manfaatkan sebagai Face Tonic (cosmetic yang berguna untuk membersihkan dan melembabkan wajah atau dalam proses membatu kesehatan kulit anda).

Baca juga Manfaat Daun Ciplukan

Manfaat Daun Mimba untuk Kecantikan dan Kesehatan

1.  Manfaat Daun Mimba untuk Melembakan Kulit

manfaat masker daun mimba

Sumber : befitglitz.com

Kulit yang tidak sehat ataupun kering bisa membuat kit merasa tidak nyaman terutama bagi kaum wanita.

Nah daun mimba ini bisa kita gunakan sebagai masker untuk melembabkan kulit sehingga tidak mudah kusam atau kering.

Caranya cukup mudah cukup rebus beberapa daun mimba dan campurkan air rebusan dengan jeruk nipis, madu, youghurt dan susu kedelai jadi deh masker hehehe.

Masker ini bisa kita pakai secara rutin dalam tiga kali seminggu agar kulit kamu terlihat fresh kembali.

2. Manfaat Daun Mimba untuk Mengecilkan Pori-Pori Kulit

manfaat daun mimba untuk kulit

Sumber : breakingnewsmuslimah.blogspot.com

Pori-pori merupakan folikel rambut kecil di wajah, folikel ini mungkin akan tampak membesar ketika ada kotoran atau minyak yang tersumbat.

Selaini itu pori-pori juga akan menjadi lebih besar lagi jika kamu memencet komedo atau jerawat (yang juga akan membuat luka dan bekas pada kulit).

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa gunakan daun mimba sebagai masker wajah, semakin pori-pori itu kecil maka akan semakin kecil pula kemungkinan timbulnya  jerawat atau noda hitam pada wajah.

Sehingga akan membuat anda lebih PD, dan pastinya penampilan dan kesehatan pun akan lebih terjaga.

3. Manfaat Daun Mimba untuk Melembabkan Rambut

daun mimba melembabkan rambut

Selain untuk kecantika wajah, daun mimba juga bisa kita gunakan untuk memelihara kelembaban rambut agar terlihat tetap sehat.

Rambut bagaikan mahkota untuk kita dan tentunya akan membuat kita lebih percaya diri lagi dengan memiliki rambut yang sehat, memiliki rambut yang sehat terawat adalah hal yang sangat penting di antaranya yaitu dengan menjaga kelembaban rambut.

Resep racikanya pun cukup mudah, rebus daun mimba, madu dan tambahkan air secukupnya secara bersamaan dan di jadikan kondisioner atau shampo alami.

4. Manfaat Daun Mimba untuk Mengatasi Ketombe

mengatasi ketombe

Sumber : liputan6.com

Ketombe bisa kita sebut sindap atau kelemumur, dengan nama ilmiah Pityriasis Capitis, merupakan pengelupasan kulit mati yang berlebih di kulit kepala.

Karena sel-sel kulit yang mati akan terkelupas secara alami dan normalnya pengelupasan itu dalam jumlah yang sedikit.

Tentunya hal ini akan sangat mengangu pada kegiatan kamu, jika dengan shampo biasa saja tidak mempan, maka metode alami ini cocok untuk kamu dengan cara menjadikan daun mimba sebagai shampo alami.

Karena daun ini mengandung zat antifungsi dan antibakteri yang akan membantu anda untuk mengatasi ketombe.

5. Manfaat Daun Mimba untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

manfaat daun mimba untuk rambut

Sumber : hellosehat.com

Rambut rontok atau bahasa kerenya alopesia, sebagain orang pasti sudah pernah mengalami kerontokan rambut, namun kerontokan ini merupakan suatu hal yang normal jika kehilangan 100 helai rambut perharinya.

Namun jika berlebihan hal ini tentunya harus kita pertanyakan karena jika di biarkan akan menyebabkan kebotakan pada rambut.

Dengan mengunakan daun mimba ini akan membantu kamu untuk menambah nutrisi pada rambut sehingga pertumbuhan rambut akan terasa sehat dan menjadi lebih kuat.

Baca juga Manfaat Daun Cincau

6. Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan Mulut

memelihara kesehatan mulut

Sumber : tribunnews.com

Kandungan dalam daun ini juga bisa kita manfaatkan untuk memilihara kesehatan mulut dari segala masalah yang terjadi seperti bau mulut, nafas tidak segar, gusi berdara, dan plak.

Bau mulut ini biasanya terjadi ketika sedang mengalami mulut yang kekurangan air liur, sehingga bakteri akan lebih mudah berkembang.

Karena pada dasarnya mulut merupakan suatu yang sangat penting bagi kesehatan, untuk mengatisi agar tidak terjadi seperti ini coba anda bisa gunakan pasta gigi yang bahanya terbuat dari daun mimba.

7. Manfaat Daun Mimba untuk Memutihkan Gigi

manfaat pasta gigi daun miana

Sumber : hellosehat.om

Memilik gigi yang sehat dan putih itu pasti dambaan semua orang, karena sejatinya jika kita mempunyai gigi yang berwarna kuning tentunya akan membuat kita merasa kurang nyaman.

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk memutihkan atau menyehatkan gigi kita, salah satunya yaitu dengan cara mengunakan pasta gigi herbar dari daun mimba.

Adanya pasta gigi ini tentunya menjadi salah satu solusi untuk memutihkan gigi dengan biaya yang hemat, karena jika kita ke dokter gigi pastinya biaya yang kita keluarkan akan lebih mahal.

8. Manfaat Daun Mimba untuk Mengatasi Demam

manfaat untuk menghilangkan demam

Sumber : dream.co.id

Demam merupakan kondisi ketika suhu tubuh melebihi batas angka 38 derajat celsius, penyakit ini merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang mencoba melawan infeksi yang di sebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit.

Kebanykan orang ketika demam pasti akan merasa khawatir apa lagi kalau penderitanya anak-anak, sebagai salah satu solusinya anda bisa manfaatkan dengan cara tradisional yaitu dengan merebus daun mimba minimal 10 gram yang sudah di cuci hinga bersih.

Kemudian rebus dengan segelas air selama lima belas menit, tunggu hingga air rebusan menjadi dinggin dan minumlah secara teratur minimal satu hari sekali, hingga demamnya turun.

9. Manfaat Daun Mimba untuk Mengobati Masuk Angin

mengatasi masuk angin

Sumber : sehatunikmat.blogspot.com

Masuk angin adalah kondisi badan yang tidak stabil di karenakan berkumpulnya gas yang tidak menyeluruh ke dalam tubuh, dan di yakini menjadi penyakit yang nyata di dunia kedokteran.

Kita jangan pernah anggap sepele dengan penyakit ini, karena nanti bisa cukup merepotkan jika tidak ditangani secara langsung.

Untuk mengatasi masuk angin, bisa di coba pengobatan alternatif dengan merebus daun mimba yang sudah kering dan di tambah dengan jahe  hingga mendidih, lalu di saring dan di ambil airnya untuk kita minum.

Lakuan secara teratur ya gaess.

10. Antioksidan

antioksidan alami yang berasal dari makanan

Sumber : apotekeranda.com

Daun mimba merupaka tanaman yang memiliki atau mengandung antioksidan yang cukup tinggi, antioksidan adalah zat yang akan membantu tubuh kita dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat proses oksidasi molekul lain.

Dengan kita sering mengonsumsi daun mimba maka tubuh kita akan terasa lebih sehat dan  akan terhindar dari terjadinya proses oksidasi (radikal bebas) yang akan terjadi di dalam tubuh kita.

Baca juga Manfaat Daun Kecubung

11. Mengobati Malaria / Demam Berdarah (DBD)

penyakit malaria

Sumber : lalpathlabs.com

Penyakit malaria adalah penyakit yang di sebabkan oleh gigitan nyamuk dari manusia dan hewan lainya yang di picu oleh sekelompok parasit protozoa ( mikrooganisme bersel tunggal).

Jika seseorang terkena malaria maka biasanya orang itu akan mengalami demam tinggi, kelelahan, muntah, dan sakit kepala.

Tanpa kita ketahui daun mimba merupakan salah satu pengobatan yang sangat ampuh untuk mengatsi penyakit malaria, hal ini di karenakan daun mimba mempunyai senyawa gedunin yang sangat efektif untuk mengobati penyakit yang di sebabkan oleh nyamuk malaria (DBD).

Dan biasanya daun mimba ini akan di olah menjadi kapsul yang bisa anda dapatkan di apotik terdekat.

12. Antibakteri

daun mimba antibakteri

Sumber : sehateasy.com

Bakteri merupakan sekelompok organisme yang tidak mempuyai membran inti sel, sehinga termasuk kedalam domain prokariota dan berukuran mikroskopik atau sangata kecil.

Ada banyak bakteri yang bisa meniumbulkan penyakit yang akan menganggu kesehatan tubuh.

Untuk menjegahnya anda bisa gunakan khasiat daun mimba yang di jadikan obat herbal anti bakteri yang dapat mencegah infeksi dan mencegah bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh kita.

Pada tahun 2007, penelitian yang di lakukan oleh Zenenda di Ria Carolina menyatakan bahwa ekstrak etanol dari daun mimba dapat menghambat datang atau tumbuhnya bakteri Escherichia coli.

13. Antikanker

daun mimba antikkanker

Sumber : sindonews.com

Anker adalah penyakit yang di sebabkan oleh pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel tubuh yang akan berubah menjadi sel kanker, dalam perkembanganya, sel kanker ini akan dengan cepat menyebar ke suluruh tubuh lainya yang akan berakibat kematian.

Mungkin kanker biasa kita kenal dengan sebutan Tumor Ganas, salah satu usaha yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya yaitu dengan mengonsumsi ekstrak daun mimba yang memiliki sifat anti kanker yang akan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Tidak ada salahnya kita untuk mencoba alternatif bahan herbal alamai ini dengan biaya yang cukup terjangkau, karena kita tahu sendiri kalau operasi kanker ganas itu biayanya cukup mahal.

Apa Khasiat Daun Mimba

Banyak sekali penelitian bahkan ahli yang telah menjabarkan dan mengakui manfaat dari daun mimba bagi kesehatan dan untuk kesehatan, seperti yang sudah anda baca di atas.

Selain itu daun mimba juga sudah terbukti sejak jaman dulu kala akan khasiat dan manfaatnya yang sangat mujarab untuk kesehatan.

Tapi alangkah baiknya jika informasi ini anda konsultsikan terlebih dahulu dengan dokter dan para ahli lainya tentang manfaat daun mimba.

Baca juga Manfaat Daun Kelor

Leave a Reply