Manfaat Kayu Cendana bagi Kehidupan Manusia (yang Wajib kamu Ketahui)

Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya manfaat serta khasiat kayu cendana bagi kehidupan manusia. Mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah kayu cendana sudah bisa dikatan sangatlah langka pertumbuhanya, belum ditambah lagi adanya pemburu-pemburu liar yang sering menebang pohon sembarangan yang tentetunya akan semakin mengurangi jumlah dari kayu tersebut.

Apa sih yang membuat cendana itu sangat spesial? Karena banyak sekali manfaat serta khasiat dari kayu ini yang bisa kita ambil untuk kehidupan kita.

manfaat dari kayu cendana adalah
Sumber : dekoruma.com

Selain itu kayu ini pun mempunyai aroma yang sangat wangi sehingga membuatnya menjadi salah kayu yang menjadi pembicaraan serta menarik banyak orang karena memiliki karakterisktik yang berbeda dibandingkan dengan kayu yang lainya.

Pada dasarnya kayu cendana iu dibagi menjadi dua jenis yaitu cendana merah dan cendana putih. Namun kayu yang sering menghasilkan hasil yang maksimal yaitu kayu cendan putih.

Pohon ini bisa kita jumpai di seluruh hutan yang ada di Indonesia serta kawasan Asia tenggara. Pohon ini memiliki tekstur yang ringan serta memiliki bau yang sangat wangi, sehingga menjadikan harga jual dari pohon tersebut sangat tinggi.

Jadi wajar saja jika anda ingin memiliki perababotan atau benda hiasan lainya yang terbuat dari kayu cendana, pastinya anda akan merasa sedikit kesusahan dan  membutuh kan waktu yang cukup lama untuk mendapatkanya.

Namun sebelumnya kamu juga perlu tahu jenis-jenis kayu yang ada di Indonesia, yang tak kalah penting untuk anda ketahui.

Manfaat Kayu Cendana bagi Kehidupan Manusia

kayu cendana
Sumber : radarpekalongan.co.id

Sebagai salah satu produk yang dapat memenuhi kebutuhan ekspor, pohon cendana memiliki beragam manfaat bagi manusia, baik secara ekonomi maupun kesehatan. Beberapa bahkan menganggap bahwa cendana memiliki karakteristik sendiri.

Ada berbagai macam manfaat kayu cendana yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan manusia, diantaraya yaitu :

  1. Untuk Kecantikan
manfaat kayu cendana
Sumber : fimela.com

Selain digunakan untuk wewangian, kayu cendana juga memiliki manfaat serta khasiat untuk kecantikan, adapun manfaatnya yaitu untuk mencegah timbulnya jerawat, mengatasi minyak yang berlebih diwajah,  menghilangknan flek hitam di wajah, dan mengatis masalah komedo.

  1. Mengendalikan Depresi dan Stress
manfaat kayu cendana adalah
Sumber : dekoruma.com

Kayu cendana sangat bermanfaat untuk mengendalikan depresi maupun stress yang berlebih, hal tersebut disebabkan karena minyak cendana memiliki efek sebagai anti depresan untuk meminimalisir serta mengatasi depresi dan cemas.

  1. Sebagai Antiseptik
manfaat kayu cendana untuk wajah
Sumber : suara.com

Kayu cendana juga memiliki manfaat sebagai anti mikroba atau antiseptic, hal tersebut berarti bahwa kayu cendana bisa berkhasiat bagi ketahanan tubuh untuk menghalau bakteri maupun kuman penyebab penyakit.

  1. Bahan Baku Obat Herbal
manfaat kayu cendana untuk obat herbal
Sumber : merdeka.com

Manfaat kayu cendan berikutnya yaitu bisa dijadikan sebagai bahan baku dari obat-obatan herbal, umunya bagian pohon cendana yang diaplikasikan untuk obat herbal yaitu, diambil kulit kayu dan minyak pohon cendana tersebut.

Adapun khasiat obat tradisional pohon cendana yaitu, sabagai anti peradangan, bisa dijadikan pembersih saat menstrubasi dan mencegah terjadinya disentri.

Pengolahan bahan baku daun cendana pun sangalah mudah, dengan memblender kulit dari kayu cendan sampai halus lalu mengonsumsi air hasil dari saringan bubuk kayu cendana tadi.

  1. Sebagai Lambang Prestise
khasiat kayu cendana asli
Sumber : dekoruma.com

Tak bisa dipungkiri, melalui kualitas kayu tinggi beserta proses budidaya yang cukup sulit, maka wajar saja jika harga kayu cendana dibandrol dengan harga yang sangat tinggi.

Sehingga hal tersebut akan berakibat pada peralatan yang m enggunakan bahan baku kayu cendana. Harga kerjanian, meubel, harga peralatan dari kayu cendana menjadi lebih tinggi.

Hal tersebut menjadikan berbagai peralatan yang mengunakan bahan baku cendana berkesan mahal dan mewah, serta bisa meningkatkan prestise.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil
manfaat kayu cendana untuk kesehatan
Sumber : circlefarmtour.org

Minyak yang berasal dar pohon cendana pun dapat membantu melancarkan proses buang air kecil. Dimana minyak cendana bisa menekan rasa sakit ataupun nyeri saat melakukan ekskresi atau buang air kecil.

Dengan begitu, kayu cendana sangat berguna untuk penderita gangguan buang air kecil.

  1. Bahan Dasar Kerajinan Tangan
kerajinan tangan kayu cendana
Sumber : bukalapak.com

Disamping bahan dasar meubel atau furniture, kayu cendana pun dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerjinan tangan serta hiasan, diantaranya ukiran dan keris. Manfaat kayu cendana ini tentu membuat pohon cendana sangat diperlukan.

  1. Sebagai Bahan Parfum dan Wangi-Wangian.
minyak kayu cendana
Sumber : sekarkencana.com

Kayu cendana jua ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan parfum dan jenis wewangian yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti manfaat lengkuas.

Jenis kayu cendan putih merupakan jenis kayu cendana yang memiliki wangi-wangian yang baik dan dimanfaatkan sebagai :

  • Campuran parfum
  • Bahan pembuatan dupa
  • Aromaterapi
  • Dan juga seabagai balsam

Beberapa manfaat cendana memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Harga mahal di pasaran memang sangat sebanding dengan manfaatnya sendiri. Kayu ini memang cukup sulit ditemukan secara langsung karena semakin tipisnya hutan ditambah lambatnya pertumbuhan kayu juga merupakan salah satu faktornya. Terimakasih semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *