manfaat kayu manis

11+ Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan (Wajib kamu Ketahui)

Manfaat Kayu Manis – Sunguh luar biasa banyak sekali khasiat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan yang harus kamu ketahui, kayu manis termasuk kedalam tanaman Genus Cinnanomun.

Pada zaman mesir kuno tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman obat dan bahkan hampir diangap sebagai obat yang mujarab.

Dokter pada abad pertengahan juga sering mengunakan kayu ini sebagai obat radang tengorokan, batuk dan radang persendian. Tidak hanya itu kulit dari batang kayu ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu pembalseman.

manfaat kayu manis untuk kesehatan

Sumber : hellosehat.com

Persebaran tanaman kayu manis cukup luas karena bisa tumbuh dinegara asalnya yaitu Karibia, Amerika selatan, dan juga di Asia tengara. Di Indonesia tanaman kayu ini sangat mudah ditemukan terutama di hutan Sumatera.

Meskipun cukup mudah ditemukan, kayu sehat ini dianggap sebagai salah satu kekayaan alam yang berharga dan bahkan sangat diburu. Pada zaman penjajahan, secara fisik batang kayu manis tidak jauh berbeda dengan batang tanaman pada umumnya.

Hanya saja kulit batagnya lebih tebal, kemudian kulit batang ini dikerok lalu dijemur hingga kering, sehingga berbentuk seperti gulungan berwarna coklat kemerahan, pada era modern saat ini pengunaan kulit batang kayu manis sudah berkurang.

Banyak masyarakat yang berlalih keobat-obatan dokter karena dinilai lebih manjur, alhasil kayu manis hanya dijadikan bumbu pelengkap masakan. Padahal batang kayu manis memiliki manfaat dan khasiat yang sangat besar untuk kesehatan dan kecantikan.

Kegunaan dan Manfaat Kayu Manis

manfaat kayu manis

Sumber : cairofood.id

Sebelum kalian memahami manfaat kayu manis untuk kesehatan, terdapat beberapa hal yang sangat penting yang harus diperhatikan. Walaupun kayu manis banyak sekali dimanfaatkan untuk bahan pengobatan, namun manfaat kayu manis ini masih menjadi pro kotra dikalangan para ilmuan.

Sehingga masih banyak proses penelitian yang berkelanjutan terkait khasiat dari kayu manis tersebut. Aroma yang ditimbulakan dari kulit batang kayu manispun sangat khas, rasanya sedikit manis, pedas serta kelat.

Apabila pengamatan dilakukan dengan makroskopik, bagian pada kulit akan berwujud gelondongan, sedikit melinting memanjang serta memiliki jarak sampai 1 meter beserta tebal kulit 1 mm hingga 3 mm.

Berikut beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan dan keccantikan adalah sebagai berikut.

Baca juga ┬╗ Manfaat Kayu Secang

Mengontrol Gula Darah

Manfaat batang kayu manis yang pertama adalah untuk mengontrol gula darah, hal ini dikarenakan karena kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengatsi serta mengontrol tingkat kadar gula darah.

Namun selain itu, kayu manis juga dapat memperlancar proses pencernaan sesudah makan dan mendukung tingkat perbaikan respon insulin terhadap pasien diabetes tipe 2.

Dengan mengonsumsi satu gram kayu manis dipercaya dapat menerunkan tingkat gula darah, tigliserida, kolesterol buruk serta kolesterol total pada pasien penderita diabetes.

Menyembuhkan Borok atau Bisul

Batang kayu manis mengandung senyanwa yang mampu melawan hakalori yang patogen penyebab borok atau bisul. Selain itu antioksidan didalamnya juga mampu mempercepat pertumbuhan borok atau bisul.

Manfaat kayu Manis sebagai Sumber Nutrisi

Batang kayu manis juga mengandung serat, kalsium dan zat besi meskipun dalam jumlah yang kecil. Meskipun begitu kayu manis mampu mencukupi kebutuhan keseharian anda jika dikomsumsinya dalam takaran yang pas.

Menyuburkan Kandungan

Kulit batang kayu manis mengandung senyawa Cinnamaldehyde yaitu senyawa yang mampu meningkatkan progesteron dan testoteron. Sehingga dengan sifat senyawa tersebut, kayu manis dapat membantu menyeimbangkan hormon reproduksi pada wanita menjadi lebih sehat dan subur.

Manfaat Kayu Manis untuk Memperlancar Haid

Selain bisa menyeimbangkan hormon reproduksi, batang kayu manis pula bisa memperlancar siklus haid secara efektif, serta hal tersebut berlaku untuk membantu mepercepat peluruhan darah haid.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kulit batang kayu manis dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah tanpa menurunkan kadar kolesterol yang baik (HDL).

Karena kayu manis mengandung senyawa kalsium, serat dan kaya akan mineral seperti mangan yang sangat bagus untuk kesehatan pencernaan, usus,  serta melindungi penyakit jantung dan kolesterol.

Kemampuan kayu manis untuk menurunkan lemak juga semakin mempercapat fungsinya sebagai penurun kadar kolesterol. Selain itu kalsium dan serat pada kayu ini juga akan membantu membaski garam yang berlebih pada tubuh.

Bukan hanya itu manfaat kayu manis juga dapat mengobati konstipasi yang disebabkan oleh kandugan seratnya.

Meringankan Sakit pada Penderita Arthritis atau Rematik

Penelitian yang dilakukan oleh Department of Internal Medicine Universiti menunjukan bahwa kayu manis dapat meredakan arthritis atau rasa nyeri sendi akibat rematik. Selain itu kayu manis juga dapat meredakan sitokin yang dapat menyebabkan rematik (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis).

Menangani Masalah Neurodegenerative

Journal university of texas menyebutkan bahwa ekstark kayu manis dapat menangani masalah neorodegeneratif, termasuk Alzheimer parkinson, multiple sclerosis, tumor otak dan meningitis.Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung sitokinin dalam jumlah yang cukup.

Manfaat Kayu Manis untuk Menangani HIV

Manfaat batang kayu manis yang sangat berperan penting dan jarang sekali orang mengetahuinya yaitu mampu melawan virus HIV, Journal university of texas juga mengatakan bahwa ekstrak dari kayu ini sangat ampuh untuk HIV 1 dan HIV 2 masing-masing adalah ekstrak batang kayu manis.

Menyehatkan Jantung

Karena mampu merununkan kadar kolesterol kayu manis juga dapat mencegah terjadinya jantung korener. Tidak hanya itu sifat anti implamasi pada tanaman ini juga sangat efektif untuk mencegah infeksi dan kerusakan pada pembulu darah jantung.

Manfaat Kayu Manis sebagai Antiinfeksi

Manfaat kayu manis yang lainya yaitu untuk mencegah terjadinya infeksi. Hal ini di sebabkan karena kayu manis mempunyia elemen anti infeksi natural. Setelah melakukan berbagai penelitian, kayu manis sudah teruji sangat efesien menghilankan bakteri H. Pylori yang bisa mengakibatkan sakit maag dan segala macam penyakit lainya yang disebabkan oleh faktor bakteri.

Meningkatkan Fungsi Otak

Mancium aroma bau kayu manis dapat dipercaya akan menambahkan tingkat aktivitas otak. Selain itu juga aroma dari kayu manis akan sangat membantu dalam proses kognitif seseorang dan menambah meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kecpatan dalam bekerja.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat kayu manis yang lainya adalah untuk mencegah atau mengurangi proliferasi sel kanker dalm tubuh. Bukan hanya itu kayu manis bisa kita jadikan sebagai rempah yang dapat menyembuhkan atau mengatasi sel kanker seara cepat.

Hal ini pun sempat dijadikan sebuah penelitian di University of Texas Universiti dan semua menyatakan kebenaranya.

Manfaat Kayu Manis untuk Menghangatkan

Kayu manis juga sangat sering digunakan dalam pengobatan tradisional China yang bermanfaat untuk penyakit demam atau influenza. Hal tersebut di karenakan kayu manis memiliki zat yang dapat membantu menghangatkan tubuh terasa lebih hangat dan nyaman.

Mencegah Pengumpalan Darah

Minyak dari kayu manis juga ternyata dapat membantu mencegah terjadinya darah yang meggumpal (Cinnamaldehyde). Kayu manis juga mengandung ayam lemak Arachidonic yang dapat mengeluarkan asam lemak anti peradangan.

Sehingga dapat membantu mengurangi penyakit radang dan penggumpalan darah.

Menyeimbangkan Kadar pada Hormon

Kayu manis mempunyai kandungan alami yaitu Cinnamaldehyde yang dapat membantu dalam hal menyeimbangkan dan meningkatkan hormon progeteron, selain itu juga dapat mengurangi hormon testosteron pada wanita.

Manfaat Kayu Manis sebagai Antimikroba

Kepopuleran dari manfaat kayu manis yang sangat efektif yaitu untuk mencegah terjadinya pertumbuhan jamur dan bakteri, salah satunya yaitu jenis Candida. Candida merupakan mikroorganisme yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada mulut, vagina dan usus, yang bisa menimbulkan penyakit pada kulit dan membran mukus.

Dengan mengonsumsi kayu manis infeksi candida pada tubuh akan segera cepat teratasi, dan peran ini juga di dukung dengan adanya kandungan Cinnamaldehyde yang terdapat pada minyak kayu manis.

Meningkatkan Sensitivitas Hormon Insulin

Kromium dan polifenal merupakan kandungan dari kayu manis yang terbukti dapat menambahkan sensitivitas kepada hormon insulin, karena senyawa-senyawa tersebut mempunyai efek yang sama dengan persinyalan insulin dan juga kontrol glukosa.

Semakin bertambahnya sensitivitas kepada insulin di dalam tubuh seseorang, semakin berkurang pula jumlah insulin yang dibutuhkan oleh orang tersebut untuk menciptakan gula darah menjadi stabil.

Dengan bertambahnya sensitivitas kepada hormon insulin, resiko terjadinya penyakit tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, dan koloesterol bisa diminimalisir.

Menjaga Kondisisi Sel Saraf

Kematian sel saraf adalah salah satu faktor terjadinya berbagai penyakit saraf, seperti prnyakit Huntington, Alzheimer, Parkinson, dan semacamnya.

Semua penyakit neurodegeneratif ini berhubungan erat dengan terjadinya kerusakan sel-sel saraf dan akan berdampak pada pengendalian gerak, pengolahan informasi sensorik, serta pengambilam dalam memori.

Baik untuk Jantung

Sebuh penelitian telah menyatakan, bahwa mengkonsumsi makan yang kaya akan empah-rempah seperti kayu manis dan juga kunyit, akan dengan cepat mengurangi efek buruk dari makan yang berlemak. Sehinga kayu manis dipercaya menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Infeksi Bakteri dan Jamur

zat Cinnamaldehyde yang tekandung didalam kayu manis akan sangat membantu untuk melawan berbagai macam infeksi seperti bakteri ataupun jamur. Contohnya saja minyak dair kayu manis sudah sangat terbukti secara efektif dapat mengobati infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh jamur.

Selain itu efek dari antimikroba dari kayu ini juga sangat membantu untuk mengurangi bau mulut dan mencegah terjadinya kerusakan pada gigi.

Mengatasi Alzheimer

Salah satu manfaat kayu manis yang sangat berperan penting dalam kesehatan yaitu kemampuanya yang sangat cepat mengatasi Alzheimer. Karena kayu manis juga mempunyai kandungan anti oksidan seperti polifenol yang cukup tinggi, yang akan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Antioksidan juga sangat dipercaya sangat efektif untuk penyakit Alzheimer. Selain kandungan antioksidan yang tinggi,  kandungan yang lainya juga dapat dipercaya dapat menghambat terjadinya penumpukan protein pada otak, yang merupakan fakto yang paling utama terjadinya Alzheimer.

Manfaat Kayu Manis sebagai Antioksidan

Polifenol adalah kandungan yang terdapat pada kayu manis yang memiliki antioksidan yang cukup tinggi, yang akan membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat terjadinya radikal bebas pada tubuh.

Selain itu plifenol dalam kayu manis juga dapat membantu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh yang lain seperti mengurangi tanda-tanda penuaan, menjaga kulit dari radiasi sinar UV, mencegah inflamasi, dena juga menjaga kesehatan otak.

Demikanlah manfaat kayu manis yang sangat penting untuk kesehatan kita, meskipun kayu manis sangat bermanfaat untuk menunggang kesehatan tubuh, namun kalian juga harus mengetahui berapa jumlah takaran yang cocok dan pas untuk tubuh.

Meskipun tidak ada aturan tentang takaran yang sesuai, namun biasanya dalam sehari kita tidak boleh untuk mengonsumsi kayu manis lebih dari 2 sendok ataupun 5 gram.

Leave a Reply