manfaat kayu secang

√ Sejuta Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan yang bikin Cengang

Manfaat Kayu Secang – Banyak sekali jenis-jenis kayu yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu kayu secang atau sepang, pada umunya sering digunakan masyarakat sebagai minuman wedang yang menghangatkan. Selain untuk menghangatkan ternyata tanpa kita ketahui, khasiat dari kayu secang juga bisa di manfaatkan sebagai obat keshatan tubuh.

Makin penasaran dong pastinya, yuk pelajari ulusan dibawah ini.

Mengenal Tanaman Secang

manfaat kayu secang untuk kesehatan

Sumber : doktersehat.com

Tanaman seccang (Caesalpinia sappan) adalah perdu sekelompok suku polong-polongan (fabacae) yang kerpa dimanfaatkan kulit dan kayunya (empulur) untuk dijadikan sebagai produk perdagan rempah-rempah.

Asal usul tanaman ini tidak diketahui secara jelas, tetapi telah lama dibudidayakan di India, Asia Tenggara, Malesia, hingga Pasifik, terutama sebagai penghasil pewarna serta bahan obat tradisional.

Tanaman secang merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki ranting yang ditumbuhi dengan duri-duri yang melengkung kebawah dan juga memiliki daun yang berukuran kecil atau perdu.

Sekilas tanaman ini memiliki kemiripan dengan petai cina yang memilki warna yang sama yaitu hijau, namun yang membedakan diantara keduanya yaitu tanaman ini memilliki bungga berwarna kuning atau orange laksana mahkota yang berada di pucuknya.

Selain itu, buah secang juga memiliki warna yang kecoklatan ketika buahnya sudah mulai matang.

Baca juga » Manfaat Kayu Manis

Khasiat dan Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh

manfaat kayu secang

Sumber : hellosehat.com

Kadungan utama dari kayu secang adalah Brazilin, meruapakn zat warna merah / sappan, asam tanat, dan asam galat, diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti, diabetes, penyakit kulit, diare, dan juga disentri.

Berikut ini adalah manfaat potensial dari kayu secang untuk kesehatan tubuh, sebagaimana dikutip dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Shrishailappa Badami dan rekan-rekannya di J.S.S. College of Pharmacy.

Antioksidan

Zat antioksidan yang terdapat pada kayu secang akan membatu menangkal terjadinya radikal bebas pada sistem metabolisme tubuh.

Setelah melakukan beberapa uji fitokimia menandakan bahwa kayu secang mempunyai senyawa kimia seperti alkaloid, flavonoid, dan saponin yang berpeperan penting sebagai penangkal terjadinya radikal bebas.

Selain itu ada pula yang menyatakan bahwa ekstak kayu secang juga mempunyai trepenoid yang tinggi. Aktivitas yang cukup tinggi dari ekstak kayu secang disebabkan karena adanya kandungan terpenoid, yaitu monoterpen dan diterpen.

Antiinflamasi

Kayu Secang mengandung senyawa anti-inflamasi yang berperan dalam menghilangkan pembengkakan dan peradangan pada kulit. Menggunakan ramuan kayu secang juga cukup aman jika langsung menyentuh kulit karena merupakan bahan alami.

Karena itu, tanaman ini dapat digunakan sebagai obat antiinflamasi alami yang menggantikan krim kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Antibakteri

Antibakteri merupakan suatu senyawa yang dalam konsentrasi kecil mampu menghambat bahkan membunuh proses kehidupan suatu mikroorganisme.

Kayu secang mengandung senyawa zat tanin yang mempunyai sifat antibakteri serta akan membantu dalam proses kehidupan suati mikroorganisme. Selain itu senyawa zat tanin juga bermanfaat untuk menghentikan pendarahan, dan memperbaiki dinding usus yang rusak akibat virus atau bakteri.

Anti-tumor

Ketika seorang mendengat tumor, pasti terbenak dipkiran dia ini adalah penyakit yang bisa mengakibatkan si penderita mengakibatkan kematian. Namun tidak semuanya tumor itu mematikan karena tumor sendiri tergolong menjadi dua maca yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Tumor merupakan salah satu penyakit yang disebabkan akibat pertumbuhan jaringan sel pada tubuh yang tidak teratur.

Nah salah satu manfaaat dari kayu sencang yang sangat efektif yaitu memiliki sifat antitumor, yang di peroleh dari ekstrak air batang kayu secang dengan tambahan etanol 50% dilaporkan menghambat perkembangan sel tumor pada tikus percobaan.

Baca juga » Manfaat Kayu Ular

Anti-virus

Infeksi bakteri biasanya terjadi karena adanya problem kesehatan yang diakibatkan oleh adanya bakteri yang akan menyerang seluruh bagian organ tubuh. Gelajala yang dialami biasanya akan mengakibatkan Demam, batuk, hingga peradangan seperti nyeri.

Salah satu manfaat dari kayu secang yang telah diteliti oleh para ahli yaitu mampu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh untuk membasmi berbagai jenis bakteri yang ada pada tubuh.

Ekstrak air dari kayu secang diyakini sangat berpotensi untuk melawan segala jenis bakteri yang ditambahkan dengan etanol sebanyak 95% untuk dijadikan sebagai pelarut minyak esensial.

Immunostimulant

Immunostimulant atau mungkin biasa kita kenal dengan Immunostimulator merupakan zat seperti obat-obatan serta nutrisi yang akan mesntimulasi sistem kekebalan tubuh serta membantu dan meningkatkan aktivitas komponen-komponenya. Seperti penyebab terjadinya stimulasi koloni makrofag granulosit.

Lagi-lagi ekstrak dari kayu secang mampu dijadikan sebagai penambah nutrisi yang akan membantu sistem kekebalan tubuh serta meningkatkanya.

Antiradang serta Merangsang Sistem Imun

Sekian banyaknya obat-obat herbal yang telah dilakukan tes uji coba, kayu secang menjadi salah satu obat alami yang seccara efektif dapat mencegah terjadinya aktivitas hyaluronidase yang meruapakan protein yang dibuat secara genetik untuk menyebabkan peradangan.

Selain itu kayu secang juga bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan zat brazilin di dalamnya.

Menurunkan Gula Darah serta Menjaga Kesehatan Hati

Dalam sebuah penelitian, ekstrak kayu secang dapat meningkatkan metabolisme glukosa pada tikus dengan hipoglikemia. Hipoglikemia adalah suatu kondisi ketika kadar gula dalam tubuh di bawah normal. Selain itu, senyawa brazilin juga dipercaya melindungi dan menjaga fungsi hati agar tetap sehat.

Manfaat Kayu Secang untuk Diet

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal pastinya merupakan impian dari semua orang, terutama pada wanita.

Kayu secang dipercaya mampu menurunkan berat badan secara efektif, dibandingkan dengan mengonsumsi protein serta kalori yang seimbang, karena kayu seccang bisa membatasi kenaikan gula darah, yang efeknya akan menghasilkan penurunan berat badan.

Cukup mengonsumsi ekstark air dari kayu secang sekali dalam sehari, caranya yaitu

  • Sediakan secukupnya min. 1 jari kayu secang.
  • Cuci sampai bersih, dan dipotong kecil-kecil
  • Rebuslah dengan takaran 3 gelas air bersih hingga hasilnya menjadi 1 gelas.
  • Setelah itu tunggu hingga air menjadi dingin atau hanggat.
  • Lakukan penyaringan min. 2x penyaringan.
  • Tambahkan madu agar menambahkan citras rasa dari kayu secang, oke ramuan sudah siap untuk diminum.

Baca juga » Manfaat Kayu Stigi

Manfaat Kayu Secang untuk Mata

Manfaat dari air rebusan kayu secang juga sangat efektif mengatisi penyakit mata yang terkena infeksi. Caranya yaitu

  • Sediakan secukupnya min. 1 jari kayu secang.
  • Cuci sampai bersih, dan dipotong kecil-kecil
  • Rebuslah dengan takaran 3 gelas air bersih hingga hasilnya menjadi 1 gelas.
  • Setelah itu tunggu hingga air menjadi dingin atau hanggat.
  • Lakukan penyaringan min. 2x penyaringan.
  • Setelah semua proses diatas selesai, celup ata teteskan air rebusan kayu secang pada bagian mata yang sakit dengan berkedip.

Konsumsila air rebusan dari kayu secang 2x dalam sehari setelah bangun tidur dan sebelum tidur, hingga rasa sakit pada mata hilang. Namun hal ini tidak boleh dilakukan oleh anak yang usianya masih dibawah 5 tahun, terutamanya pada bayi.

Manfaat Kayu Secang untuk Kulit

Salah satu manfaat kayu secang yang cukup populer yaitu untuk merawat atau meremajakan kesehatan kulit, hal ini pun diperkuat oleh pakar herbal IPB yaitu Irmanida Batubara yang menyatakan bahwa tanaman yang kayunya bisa dimanfaatkan sebagai bahan rempah-rempah ini ternyata menyimpan banyak sekali manfaat terutama untuk kecantikan kulit maupun penyakit pada kulit.

Untuk membuat ramuanya cukup mudah yaitu cukup sediakan air rebusan darik kayu secang lalu basuhlah pada bagian tubuh ata kulit yang mengalamai masalah.

Manfaat Kayu Secang untuk Asam Lambung

Kayu secang biasa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai teh kayu manis yang bersifat menenangkan, terkhusus untuk menenangkan sistem pencernaan. Sehingga secara efektif mampu menurunkan kenaikan asam lambung yang berlebih.

Serta dapat menurunkan keluhan seperti gasthritis, acid reflux serta infeksi bakteri. Selain itu kayu seccang juga akan membantu merileksasikan otot pada area eksofagus sehingga rasa pegal-pegal pada otot dapat di kendalikan.

Manfaat Kayu Secang untuk Wajah

Kayu secang memiliki senyawa kandungan anti bakteri yang sangat efektis untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat pada kulit, terutama kulit wajah. Jerawat akan sangat menganggu peforma kita ditambah lagi akan menimbulkan rasa sakit, bahkan rasa sakit yang paling hebat adalah iritasi yang dapat menyebar ke permukaan kulit lainnya.

Nah, itulah tadi nenerapa manfaat kayu secang yang memiliki khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply