11+ Manfaat Kayu Ular Papua untuk Obat Kesehatan

Kayu Ular Papua – Banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa kita ambil dari kayu ular papua untuk pengobatan dan kesehatan. Seperti khasiat kayu ular papua, khasiat kayu ular untuk wajah, khasiat kayu ular untuk kejantanan pria, khasiat kayu ular untuk pria dan wanita dan  lain sebainya.

kayu ular
Sumber : jabarnews.com

Di dalam artikel ini saya akan membahas tentang manfaat kayu ular untuk pengobatan dan kesehetan yang sangat bermanfaat sekali bagi tubuh kita.

Kayu Ular

manfaat kayu ular papua
Sumber : tokopedia.com

Kayu ular adalah jenis tanaman yang tumbuh di daerah papua sehingga kayunya biasanya dikenal dengan kayu ular papua. Kayu yang memiliki nama latin Strychons Lucida ini merupakan kayu yang banyak sekali dimanfaatkan sebagain obat-obatan tradisional.

Dimanakah Kayu Ular Tumbuh

kayu ular dari papua
Sumber : youtube.com

Tanaman yang satu ini hanya bisa kita temukan di daerah pegunugan papua yang memiliki ketinggian 100 samapai 300 MDPL atau bisa juga kita temukan di daerah pinggiran sungai.

Pohon ini bisa dikatan cukup besar karena memiliki ukuran berdiameter 30 cm. Selain itu tanaman yang satu ini biasanya hidup secara berkelompok.

Kandungan Kayu Ular

manfaat kayu ular untuk kejantanan pria
Sumber : kayuular.blogspot.com

Kayu ular memiliki kandungan yang sangat jarang dimiliki oleh kayu-kayu pada umumnya yang di dalamnya memiliki sifat antioksidan seperti, tannin, alkaloid, steroid, dan alkaloida.

Karena banyaknya kandungan yang terdapat di dalam kayu ular tersebut, sehingga hal ini di manfaatkan oleh para ahli herbal untuk menjadikanya sebagai obat tradisional yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Manfaat Kayu Ular Untuk Pengobatan dan Kesehatan

manfaat kayu ular untuk penyakit
Sumber : manfaat.id

Ada banyak sekali manfaat kayu ular yang dapat mengobati segala macam penyakit, di antaranya yaitu :

1. Mengatasi Penyakit Diabetes

Zat saponin yang terdapat di dalam kayu ular ini ternyata bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga, sangat bagus sekali untuk di konsumsi bagi yang menderita penyakit diabetes ini.

Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, anda hanya cukup meminum air rebusan dari kayu ular ini setiap harinya secara rutin.

2. Anti-Kanker

Kanker mungkin terdengar sangat menyeramkan sebagai salah satu penyakit yang bisa menimbulkan kematian. Namun tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan khasiat dari kayu ular.

Karena kayu ini memiliki zat alkaloida yang bersifat antioksidan yang dapat mengatasi terjadinya radikal bebas dan pertumbuhan sel-sel kanker pada tubuh.

3. Menghilangkan Demam

Zat tanin dan galat yang berada di dalam kayu ular tersebut akan membantu menurunkan demam pada tubuh. Selain itu, zat tanin dan galat juga memiliki kandungan yang memiliki sifar anti radang.

Yang mana akan membantu untuk mencegah terkenanya infeksi pada organ-organ bagian dalam pada tubuh manusia.

4. Mengobati Sakit Perut

Sakit perut biasanya terjadi karena rasa nyeri yang muncul akibat asam lambung, yang akan berakibat timbulnya rasa terbakar atau terinfeksi (peradangan).

Zat yang bersifat anti radang yang dimiliki oleh kayu ular ini akan membantu untuk menurunkan asam lambung pada perut, dengan cara minumlah air rebusan daun ular secara rutin setiap harinya.

5. Mencegah Kista

Kista adalah tumor jinak yang terbungkus oleh selaput atau jaringan yang di dalamnya berisi cairan kental, seperti nanah atau darah yang dapat tumbuh di mana saja.

Zat anti radang yang di miliki kayu ular akan bermanfaat untuk mencairkan gupalan darah atau nanah yang kotor dan mengeluarkanya. Konsumsilah air rebusan dari kayu ular secara rutin agar dapat mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

6. Menurunkan Darah tinggi

Sifat antioksidan dan anti radang yang terdapat di dalam kayu ular tersebut akan membantu mencairan gumpalan darah kotar dalam tubuh, melancarkan aliran darah dan mencegah / mengatasi peradangan.

Jika sirkulasi atau tekanan darah normal, maka resiko terjadinya tekanan darah tinggi (hipertensi) akan menurun.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Selian itu manfaat dari kayu ular juga dapat mereduksi konsentrasi kadar gula dalam darah. Karena sifat antioksidan yang terdapat di dalam kayu ular akan berperan penting untuk mencegah terjadinya radikal bebas.

Sehingga tubuh akan terhindar dari segala macam penyakit salah satunya yaitu jantung. Oleh sebab itu kayu ular sangat dipercaya untuk mengobati dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

8. Membantu Membersihkan Darah Kotor

Jika anda memiliki luka yang bernanah dan membisul atau mungkin peradangan, cobalah untuk mengonsumsi ari rebusan dari kayu ular ini. Karena di dalamnya mengandung zat yang akan membantu mebersihkan darah yang kotor.

Sehingga dengan cepat akan menstimuluskan nanah atau darah kotor untuk segera di keluarkan.

9. Mengatasi Penyakit Wasir

Kandungan zat yang bersifat anti radang ini banyak sekali akan manfaatnya, salah satunya yaitu untuk mengatasi penyakit wasir. Dengan cara mengonsumsi air rebusan dari kayu ular secara rutin setiap harinya.

karena daun ini memiliki sifat antioksidan dan anti radang yang akan membantu mempercepat mengerluarkan darah kotor yang berada di dalam tubuh. Sehingga penyakit wasir akan segera terastasi dengan cepat.

10. Menambah Nafsu makan

Semua orang pasti pernah mengalami tidak nafsu makan, walapun makanan yang di hidangkan cukup enak. Biasanya penurusan nafsu makan ini terjadi akibat banyaknya masalah yang di hadapi atau mungkin karena setres yang berlebihan.

Nah dengan kandungan yang berada di dalam kayu ulara ini, bisa menambahkan nafsu makan sehingga kondisi perut selalu terstimulus secara baik dan juga syaraf otak akan bekerja dengan lebih maksimal.

11. Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout merupak sejenis penyakit sandi yang di sebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Dengan mengonsukmsi kandungan yang berada dalam kayu ular ini akan membantu menormalkan tekanan darah ke dalam kondisi normal.

12. Mengatasi Gejala stroke

Hipertensi adalah salah satu masalah yang berkaitan sangat kuat dengan gejala storke yang di sebabkan oleh aliran darah dan jantung.

Zat kalkin yang terdapat dalam kayu ular ini dapat membantu untuk melancarkan aliran darah sehingga akan mencegah terjadinya stroke.

13. Mengatasi Rematik

Rematik merupakan penyakit yang di sebabkan oleh aliran darah yang tidak normal, yang dapat menimbulkan nyeri atau pegal-pegal pada gerak sendi tertentu.

Masalah rematik ini bisa terasi dengan mongonsumsi air rebusan dari kayu ular ini, karena di dalamnya tredapat zat galat dan tanin yang dapat melancarkan aliran darah menjadi normal kembali.

14. Mengatasi Paru-Paru Basah

Mungkin paru-paru basah terkesan penyakit yang ringan namun hal ini bisa menjadi suatu hal yang sangat serius yang berakibat membahayakan nyawa sipenderita.

Dan salah satu penyebab paru-paru basah adalah terjadinya peradangan pada organ paru-paru, paru-paru basah bisa kita cegah mulai dari sekarang, dengan cara mengonsumsi air rebusan dari kayu ular ini.

Karena kandungan zat glakin dan tanin akan sangat efektif untuk mencegah terjadinya peradagan pada organ paru-paru.

15. Memperbaiki Saraf Otak

Dengan ekstrak air rebusan kayu ular ini akan sangat membantu untuk mengatasi kerusakan pada saraf. Hal seperti ini perah dikatan oleh Dr. Nelly C. Sugiarso APT, salah seorang dokter sekaligus herbalis dari Yogyakarta.

Beliau mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi ramuan herbal kayu ular, maka akan mengatasi gangguan atau kerusakan pada saraf.

16. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Alkaloid adalah salah satu kandungan kayu ular yang memiliki sifat basa, anti radang serta antioksidan. Yang sangat berguna sekali di dalam dunia medis terutama dalam hal membantu meningkatkan atau menjaga kekebalan tubuh (metabolisme tubuh).

Sehingga dengan mengkonsumsinya, tubuh kita akan terasa bugar, segar dan sehat setiap saat.

17. Melancarkan Buang Air Kecil

Kandungan zat galat dan tanin akan sangat membantu untuk melancarkan proses pengeluaran air seni secara normal. Dan pada saat itu juga kandungan ini akan mengeluarkan racu-racun yang terdapat di dalam tubuh kita (proses detox).

Manfaat Kayu Ular untuk Pengobatan Lainya Yaitu

  • Untuk mencegah keputihan
  • Untuk penyakit ginjal
  • Untuk penyakit mata
  • Untuk mengatasi maag
  • Untuk penyakit malaria
  • Untuk penyakit lambung

Cara Membuat Ramuan Herbal dari Kayu Ular

khasiat kayu ular kesehatan
Sumber : rejekinomplok.net

Mungkin sebagaian dari anda belum tahu bagaimana cara membuat ramuan herbal ini, ada banyak sekali cara untuk mengkonsumsinya mulai dari merbusnya atau boleh juga disedu atau direndam saja dengan air panas.

Berikut di bawah ini adalah cara membuat ramuan herbal dari kayu ular, yang insayaallah kita akan mendapatkan berbagai manfaat dan khasiatnya.

  • Carilah irisan/serbuk/serpihan dari kayu ular.
  • Masukan irisan tersebut kedalam suatu wadah atau gelas sesuai dengan kebutuhan.
  • Tuangkan air panas yang sudah mendidih ke dalam suatu wadah tadi yang sudah berisi irisan dari kayu ular.
  • Diamkan beberapa menit hingga airnya berubah warna menjadi kuning tua dan suhu gelas sudah dalam kondisi yang hangat.
  • Nahh jadilah ramuan kayu ular sudah siap di minum, jangan lupa baca bismillah hehe.
  • Oh,ya kayu ular yang tadi anda cari bisa anda gunakan berulang-ulang untuk membuat ramuan herbal ini. Sampai kading pahitnya sudah berkurang.

Untuk ukuran kayu ular batangan bisa anda belah atau potong-potong menjadi beberapa potongan sebesar jari tangan, setelah itu rebus 4 sampai 6 potong dengan takaran 2 gelas air dan tungu hingga mendidih.

Hasil ramuan dari kayu ini bisa kita minum setelah itu tunggulah air menjadi hangat atau dingin, barulah hasil ramuan dari kayu ular ini bisa kita minum.

Harga Kayu Ular Papua

khasiat kayu ular papua harga
Sumber : penteresst.eu

Kayu ular Bubuk berisi 100 gram = IDR. 60.000 per bungkus

Kayu ular Bubuk berisi 250 gram = IDR. 70.000 per bungkus

Kayu ular Bubuk berisi 500 gram = IDR. 90.000 per bungkus

Kayu ular Bubuk berisi 1 kg = IDR. 150.000 per bungkus

Baca juga khasiat dari bambu pethuk disini

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *