Cara Ternak Ayam Bangkok (Super, Berkualitas dan Sukses)

Ternak Ayam Bangkok – Siapa sih yang tidak kenal dengan ayam bangkok, ayam jenis ini merupakan ayam yang cukup populer di Indonesia untuk dijadikan sebagai budidaya ayam dan terutama di dunia sambung ayam. Namun bisa kita hitung berapa orang yang mencoba usaha ternak ayam bangkok asli.

berternak ayam bangkok
Sumber : kingroosterfarm.blogspot.com

Ayam bangkok sebenernya berasal dari negara Bangkok dan Thailand, yang perlu anda perhatikan bahwa ayam bangkok tidak sama seperti ayam jawa. Yang membedakan adalah tubuh ayam bangkok lebih kekar, kokoh dan perkasa. Di bandingakan dengan ayam jawa pada umumnya.

Sejatinya, ayam bangkok kerap digunakan untuk di jadikan sebagai ayam petarung atau koleksi para pecinta ayam. Selain itu ada juga yang suka dengan dagin ayam bangkok sehingga di jadikan sebagai ayam potong, ada juga yang memanfaatkan situasi ini untuk berternak ayam bangkok.

Namun usaha berternak ayam bangkok jangan pernah di pandang sebelah mata karena tanpa kita ketahui dari usaha seperti ini bisa memberikan keuntungan yang sangat luar biasa.

Karena jika kita ahli dalam bidang berternak, pastinya akan membuahkan hasil ayam-ayam aduan yang berkualitas sangat baik dan pastinya akan banyak sekali dicari oleh para pecinta sambung ayam.

Yang namanya hobi itu susah, rela mengeluarkan uang jutaan bahkan ratusan juta rupiah hanya untuk memiliki satu ekor ayam bangkok yang berkualitas. Yang pastinya hal ini akan sangat menguntungkan bagi para peternak ayam bangkok.

Cara Ternak Ayam Bangkok Berkualitas

1. Memilih bibit unggul berkualitas

bibit ayam bangkok kualitas super
Sumber : ayamaduan.co.id

Memilih untuk berternak ayam bangkok adalah salah satu pilihan yang tepat. Hal yang paling mendasar adalah memilih bibit unggul berkualitas. Karena ayam bangkok yang banyak dicari para pecinta ayam adalah ayam yang berkualitas super.

Dan untuk mempunyai anakan yang berkualitas kita juga perlu bibitan yang berkualitas pula. Namun untuk milih bibit yang berkualitas tentunya tidaklah mudah, dan berikut adalah ciri-cirinya

  • Untuk jantan memilik kepala membentuk seperti buah pinang
  • Untuk betina memiliki kepala membentuk seperti kepala ular
  • Dan pastinya memiliki fisik yang sehat
  • Carilah indukan yang sering menang dalam kejuaraan sambung ayam karena faktor keturunan sangatlah mepengaruhi

2. Siapkan kandang umbaran

kandang umbaran ayam bangkok
Sumber : ayamjagoperak.com

Tentunya memiliki kandang umbaran adalah salah satu faktor untuk membentuk anakan yang berkualitas dan juga perkawinan akan dinilai lebih bagus dibandingkan dengan kandang dogdogkan.

Setelah betina bertelur lakukanlah step di bawah ini

  • Siapkan kandang khusus untuk meletakan telur
  • Biarkan indukan aslinya yang mengerami hingga menetas secara sendirinya
  • Pisahkan bibit ayam bangkok dari indukanya
  • Rawatlah bibit ayam bangkok dengan baik untuk menghasilkan ayam yang berkualitas dalam pertarungan.

3. Perhatikan kebersihan kandang

kebersihan kandang ayam bangkok
Sumber : caraayam.com

Bersihnya kandang tentunya untuk mencegah bergai macam penyakit masuk kepada ayam kita, terutama untuk anakan yang masih rawan terhadap penyakit.

Dan yang pasti menjadi salah satu faktor utama untuk proses terjadinya ayam yang berkualitas yaitu dengan tubuh yang sehat.

Cara pembersihan kandang yang baik yaitu

  • Bersihkanlah kandang minimal 2 X dalam sehari
  • Membersihkan secara keseluruhan dari mulai kotoran ayam dan juga wadah pakan harus sangat di perhatikan sehingga makanan yang kita berikan tetap steril.
  • Bikinlah kandang berbentuk petakan jika mempunyai ayam yang sudah banyak.

4. Berikan tempat untuk bertengger

tempat bertengger ayam bangkok
Sumber : gambar-kandang.com

Setiap kandang ayam lebih bagusnya di kasih tempat untuk bertengger, karena ayam bangkok sangat suka sekali jika bertengger di atas ketinggian.

Buatlah tengger perpetaknya dengan ukuran 50 cm khusus ayam ayang baru berumur 3 bulan, agar ayam lebih leluasa.

5. Setiap kandang wajib di berikan tempat makan dam minum

tempat makan dan minum ayam bangkok
Sumber : tokocendolism.com

Setiap kandang usahakan ada tempat makan dan minumnya, karena ini juga salah satu faktor untuk menjadikan ayam yang berkualitas. Inggat jangan tanggung-tanggung dalam berternak jika ingin menghasilkan ayam yang berkualitas, pemberian makanpun tidak boleh sembarang harus ada aturanya

Untuk ayam berusia 0 sampai 3 bulan berilah pakan seperti

  • Berikan asupan makanan yang bergizi yang dapat membantu memperkuat tulangan ayam menjadi lebih kokoh
  • Berikanlah voor yang cocok untuk perkembanganya seperti voor 592
  • Bisa juga di kasihkan voor kering atau voor basah sesuai dengan selera ayam

Untuk ayam bangkok usia 6 bulan ke atas

  • Jangan terlalu sering dikasih asupan makan berbentuk voor
  • Berikankanlah pakanan yang memiliki tekstur yang lebih keras seperti jagung, beras merah, bekatul kedelai dan lain lain. Karena pada tahap ini ayam sudah mulai memasuki masa dewasanya.
  • Dan disarankan untuk memberikan racikan atau variasi pada makan sehingga saupan gizi yang masuk ke dalam tubuh akan lebih banyak
  • Sehingga akan menimbulkan ayam bangkok yang sehat, kokoh, dan juga berkualitas tentunya

6. Pemberian makan yang benar dan teratur

cara memberi makan ayam bangkok
Sumber : omkicau.com

Berilah asupan makanan yang benar dan teratur seperti di atas, karena tentunya asupan makaanan yang masuk ke dalam tubuh ayam akan sangat berpengaruh terhadapa masa depan ayam tersbut.

Mau jadi ayam yang berkualitas apa mau jadi ayam yang biasa-biasa saja yang tidak memiliki harga apapun.

7. Harus kawin secara alami

ayam bangkok kawin alami
Sumber : youtube.com

Untuk mengawinkan iduk ayam bangkok biasanya akan terjadi secara alami, yaitu sang induk dan pecantan melakukan perkwina dengan sendirinya tanpa campurtangan dari sang pemiliknya.

Biasanya satu jantan ayam bangkok mampu mengawani induk betina hingga 4 sampai 7 ekor, agar menghasilkan bibit yang berkualitas perkawinan ayam bangkok jangan di lakukan dengan saudara sekandung atau sesam induk.

Melainkan dengan keturunan kedua dan seterusnya agar menghasilkan keturunan yang bagus dan berkualitas.

Pada dasarnya kunci kesuksesan dalam budidaya ayam bangkok terletak pada ke uletan dan kesabaran dalm perawatan, terutama selalu menjaga kebersihan kandang pasalnya penyakit sangat mudah sekali menyerang unggas yang di pelihara ditempat yang kotor.

Apa lagi cuaca yang sedang tidak mentu saat ini menyebabkan ayam rentang terhadap serangan penyakit, dan salah satu kendala dalam berternak ini adalah penyakit.

Ayam jantan bangkok saip dijual saat  berusia 7 bulan, satu ekor ayam bangkok di jual dengan harga antara 2 juta hingga 2,5 juta rupiah tergantung bodi ayam dan keperkasaanya di medan laga. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan menambahkan ilmu pengetahuan anda, selamat mencoba!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *