doa-panjang-umur

10 Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab (Lengkap dengan Artinya)

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab – Ucapan ulang tahun merupakan ucapan yang wajib dan sering kita dengar dan lihat.  Bahasa yang digunakanpun bukan lagi bahasa pada umumnya tetapi bahasa asing seperti bahasa Arab dan juga bahasa inggris.

Apapun bahasanya yang terpenting adalah makna dari ucapan terse but yang pasti baik dan bermakna.

Manfaat Ucapan Ulang Tahun

Ucapan-Selamat-Ulang-Tahun-Bahasa-Arab
goodminds.com

Sekarang ini bahasa Arab juga menjadi salah satu bahasa pilihan khususnya bagi anak muda. Anak muda sekarang ini lebih menginginkan ucapan ulang tahun yang berbasis Islami dan memiliki makna yang baik. 

Banyaknya bahasa yang digunaka akan menambah kosak kata dan wawasan kita.

Baca juga Ucapan Ulang Tahun untuk Pacar

Manfaat yang didapat jika kita mengucapkan kalimat ulang tahun akan mempererat dan menjalin silaturahmi yang erat. Selain itu bisa juga menambah keharmonian di keluarga maupun bersama sahabat.

Ucapan ulang tahun memang hal yang sederhana namun maknanya dalam dan doanya lebih baik dari hadiah apapun.

Hari ulang tahun memang identik dengan hadih yang mewah dan perayaan serta pesta. Namun,  banyak orang yang melupakan hal sederhana yaitu doa.

Doa mmerupakan sebuah harapan yang diinginkan oleh banyak orang dan apabila dikabulkan akan lebih baik dari hadiah apapun yang mewah dan mahal.

Baca juga Ucapan Ulang Tahun untuk Sahabat

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab Terlengkap

ucapan-ultah-bahasa-arab-3
pixabay.com

Berikut ini beberapa contoh ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahasa Arab beserta artinya. Yuk, simak berikut ini.

Eid milad saeid. namal ‘an yakun eumurik alan wafi almustaqbal daymana yatamatae bialsihat wasuhulat fi kl shy’. Kuna shkhsana ‘afdal waistamara fi fiel alkhayr li’ayi shakhs.

(Selamat ulang tahun. Semoga diumurmu sekarang dan kedepannya selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala hal. Jadilah pribadi yang lebih baik lagi dan teruslah berbuat baik kepada siapapun).

Eid milad saeid namal dayimaan ‘an tuetaa alsalamat walsalam fi alhayati. Namal ‘an takun hayatah ‘akthar niematan wayasriha mueishatah. Alnajah fi almustaqbal ‘aydaan fi alwusul ‘iilaa almathal aleulya watashil jmye shuuwnih.

(Selamat hari lahir kawan. Semoga selalu diberikan keselamatan dan ketentraman dalam hidup. Semoga hidupnya semakin berkah dan dimudahkan rezekinya. Sukses juga kedepannya dalam menggapai cita-cita dan dipermudah segala urusannya).

Fi hadha alyawm alkhasi balnsbt li , ‘awadu ‘an ‘aqul kalimat min sadiqin. alhamd lilah , laqad ‘aetak allah aleumr hataa alana. namal ‘an takun ‘afdal watastamiru fi alnajah fi almustaqbal fi klin min hayat alealam walakhirati. muasalat almudii qudumaan litusbih matieaan li’awamir Allah Subhanallah Wata’la.

(Di hari yang spesial untukmi ini,  aku ingin mengucapkan sepatah kata kawan. Alhamdulillah,  Alloh telah memberimu umur sampai sekarang. Semoga kau bisa lebih baik lagi dan sukses terus untuk kedepannya baik di kehidupan dunia maupun akhirat. Teruslah berproses untuk menjadi pribadi yang taat akan perintah Allah Subhanallah Wata’la).

‘Ajaeal sadiqak yawmak alan litastamira fi amtananik lilbarikat alty manahaha allah lika. La tansaa nafsak waistamar fi tahsin nafsak litakun ‘afdal walaibtiead ean al’aemal alty yahzuruha Alloh Subhanallah Wata’ala). Muasalat alqiam bieamal jayid wamuasalat alnajah limustaqbalik.

(Kawan jadikan harimu sekarang untuk terus bersyukur atas nikmat yang Alloh berikan padamu. Jangan lupa diri dan teruslah perbaiki dirimu menjadi lebih baik lagi serta jauhi perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Alloh Subhanallah Wata’ala. Teruslah berbuat baik dan sukses terus untuk masa depanmu).

Ainqash al’arz talama la tazal tatah lak alfursat lilqiam bidhalik. eid milad saeid , hal ymkn ‘an tahsul daymana ealaa alsihat walsalamat walsalam fi alhayati. Kun shkhsana la yuhibu alkibria’ waistamara fi fiel alkhayr ‘aynama kan wala’ayi shukhs.

(Ukirlah kebikan selama kamu masih diberikan kesempatan untuk melakukannya. Selamat ulang tahun,  semoga kau selalu diberikan kesehatan,  keselamatan dan ketentraman dalam hidup. Jadilah pribadi yang tidak suka berbangga diri dan teruslah berbuat baik dimanapun,  kapanpun dan kepada siapapun).

Alyawm hu yawm khas lika. eadat sayakun hunak aihtifalat wahuflat mae ‘asdqayik. Lkn la tns ‘an tastamira fi ‘an takun wathiqat min nafsak wa’an takun shkhsana ‘afdal. namal ‘an tahsul ealaa kl suhulat warahat ‘aemaliha. Aamiiin

(Hari ini merupakan hari yang spesial untukmu.  Biasanya akan ada perayaan dan juga pesta dengan temanmu. Tapi jangan lupa untuk terus muhasabah diri dan jadilah pribadi yang lebih baik lagi. Semoga diberikan kemudahan dan dilancarkan segala urusannya. Aamiiin).

sadiqiun la yamlik hadiatan fakhiratan wamuklifatan. ‘astatie ‘an ‘adeuk faqat fi hadha alyawm alkhasi. namal ‘an tahsul daymana ealaa alsihat , wasakabat maeishatah wanafadhat kl shuuwnih. thuma almudiu qudumaan litusbih shakhsaan ‘afdal ..

(Kawan aku tidak punya kado mewah dan mahal. Aku hanya bisa mendoakanmu di hari yang istimewa ini. Semoga kau senantiasa diberikan kesehatan, dimurahkan rezekinya dan dilancarkan segala urusannya. Teruslah berproses menjadi pribadi yang lebih baik lagi..)

‘ajmal alkalimat la yumkin altahaduth biha min alqalb bisdqa. alyawm ‘aqdam alsalat , amul ‘an tahsul daymana ealaa alsihat walsalamati. tusbih shakhsaan ‘afdal. namal ‘ana allah yamnah alsalat watalab sadiquk. Aamiiin

(Kata-kata yang terindah hanya bisa diucapkan dari hati dengan ikhlas. Hari ini kupanjatkan doa,  semoga kau selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Jadilah pribadi yanh lebih baik lagi. Semoga Alloh mengabulkan doa dan permintaanmu kawan. Aamiiin)

‘aeaz ‘asdiqayiyun eid milad saeid , ‘atamanaa ‘an tahsul daymana ealaa alsihat wa’an taetani bikafat al’umur. namal ‘an tatima muajahatuk sryeana bitadlil hayatik watusbih shkhsana qwyana lays min alsahl altakhalus minh fi mahabi alriyha. alnajah hu dayimaan ‘asdqa’.

(Sahabat terbaiku.  Selamat ulang tahun semoga engkau selalu diberikan kesehatan dan dipermudab dalam segala urusan. Semoga engkau cepat dipertemukan dengan pendaming hidupmu dan jadilah orang kuat yang tidak mudah goyang diterpa angin. Sukses selalu kawan).

balnsbt lk ya habibati alhabibati. alhamd lilah , nashkur allah daymana ealaa alaimtinan. ya bunaya , ‘atamanaa ‘an tusbih tflaan mkhlsana lilaba’ wal’umhat watawasal mutabaeat ‘ahlamik. mutabaeat ‘ahlamik wanatamanaa lak altawfiq dayimaan.

(Untukmu buah hatiku tercinta. Alhamdulillah, rasa syukur senantiasa kita haturkan kepada Alloh. Nak,  semoga kau menjadi anak yang berbakti kepada orang tua dan kejar terus cita-citamu. Kejarlah impianmu dan semoga sukses selalu).

Masyarakat Indonesia khususnya sekarang ini banyak yang belajar bahasa Arab baik anak muda maupun orang tua. Karena mereka sadar bahasa Arab merupakan bahasa yang wajib di pelajari karena kita tahu di umat Islam khususnya dalam Al-Qur’an menggunakan bahasa Arab.

Ucapan ulang tahun merupakan rasa syukur dan doa kita untuk seseorang yang sedang bertambah umurnya. Doa merupakan senjata yang terbaik dan jika kita mengucapkan serta meminta dengan tulus dan ikhlas Ini Syaa Allah akan dikabulkan oleh Alloh Subhanallah Wata’ala.

Baca juga Ucapan Ulang Tahun untuk Anak

Doa Ulang Tahun Islami dengan Bahasa Arab

doa-panjang-umur
penuliscilik.com

Berikut dibawah ini beberapa do’a yang sering dipanjatkan ketika ada seseorang yang berulang tahun, baik untuk diri kita pribadi maupun untuk orang lain

Baca juga Ucapan Ulang Tahun untuk Suami

Doa Panjang Umur dan Murah Rezeki

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

ALLAHUMMA THOWWIL UMUURONA, WA SHOHHIH AJSAADANA, WA NAWWIR QULUUBANA, WA SABBIT IIMAANANAA WA AHSIN A’MAALANAA, WA WASSI’ ARZAQONAA, WA ILAL KHOIRI QORRIBNAA WA ‘ANISY-SYARRI AB’IDNAA, WAQDHI KHAWAA-IJANA FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIRATI INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI-IN QODIIRUN

Artinya : Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA’DAL MAUTI

Artinya : Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Doa Meminta Kemuliaan dalam Keluarga

رَبَّنَاهَبْلَنَامِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

RABBANAA HABLANAA MIN AZWAAJINAA WAZURRIYYATINA QURRATA A’YUNIN WAJ’ALNA LIL MUTTAQIINA IMAAMAN.

Artinya : Ya Tuhan kami, anugerahkanlah bagi kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa
(QS. Al-Furqon : 74)

Doa Mohon Keselamatan dan Kesejateraan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN ‘INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA’DAL MAUTI

Artinya : Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Doa Meminta Anak yang Sholeh

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

ROBBI HABLII MINASH SHOOLIHIIN

Artinya : Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

ROBBI HAB LII MIN LADUNKA DZURRIYYATAN THOYYIBATAN, INNAKA SAMII’UD DU’AA.

Artinya : Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa (QS. Ali Imron: 38).

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

ROBII AWZI’NII AN ASY-KURO NI’MATAKALLATII AN’AMTA ‘ALAYYA WA ‘ALA WALIDAYYA WA AN A’MALA SHOOLIHAN TARDHOOH, WA ASH-LIHLII FII DZURRIYATII, INNI TUBTU WA INNI MINAL MUSLIMIIN.

Artinya : Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri (QS. Al Ahqof: 15)

Doa Mohon di Bukakan Pintu Rezki yang Halal

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

AL-HAMDU LILLAAHIL LADZII ROZAQONII HAADZA MIN GHAIRI HAULIN MINNII WA LAA QUWWATIN, ALLOOHUMMA BAARIK FIIHI

Artinya : Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku.

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA AN TARZUQONII RIZQON HALAALAN WAASI’AN THOYYIBAN MIN GHAIRI TA’ABIN WALA MASYAQQATIN WALAA DLOIRIN WALAA NASHABIN INNAKA ‘A-LAA KULLI SYAI-IN QODIIR

Artinya : Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi ucapan dan doa ulang tahun menggunakan bahasa Arab. Sekian, terimakasih.

Leave a Reply