ucapan ulang tahun

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa (Lengkap dengan Artinya)

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa – Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang terdiri dari Krama Alus maupun Krama lugu. Biasanya bahasa ini hanya digunakan oleh teman sebaya ataupun yang usianya seumuran. Sedangkan bahasa krama biasanya digunakan kepada orang yang lebih tua.

Apakah anda sudah pernah mendengar seseorang mengucapakan selamat ulang tahun dengan bahasa Jawa ?

Yah, ucapan ulang tahun memang biasanya menggunakan bahasa yang modern ataupun yang sedang tran. Apapun bahasa yang digunakan yang terpenting adalah makna dari ucapan tersebut tetapi alangkah lebih baiknya jika kita bisa membiasakan dan menggunakan bahasa daerah kita.

Melihat kondisi sekarang ini, masyarakat yang tidak paham dan tidak mau atau malu menggunakan bahasa Jawa merupakan kondisi yang memprihatinkan. Padahal dengan menggunakan bahasa daerah, akan menjauhkan kita dari adanya budaya luar yang masuk dan berkembang di lingkungan kita.

Baca juga Ucapan Ulang Tahun untuk Pacar

Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa jawa

ucapan ulang tahun bahasa jawa
santrialim.com

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa kata ataupun kalimat ucapan ulang tahun menggunakan bahasa jawa. Jika anda mau membiasakan menggunakan Bahasa Jawa, akan berdampak positif kedepannya bukan hanya sekedar mengucapakan tetapi paham akan kalimat yang diucapkan.

Baca juga Ucapan Ulang Tahun Bahasa Inggris

Anda ingin tahu, apa saja kalimat ucapan ulang tahun menggunakan bahasa Jawa beserta artinya. Yuk, simak berikut ini.

Slamet balen taun sahabatku, muga-muga kok dadi pribadi sing lueih becik menegaskan, luwih dewasa kan mbekti marang wong tua. Muga-muga kok bisa sukses dahulu kangarepe lan bisa sanuli ana neng dalan-NYA.

(Selamat ulang tahun sahabaku, semoga kau menjadi pribadi yang lebih baik lagi, lebih dewasa dan berbakti kepada orang tua. Semoga kau bisa sukses selalu kedepannya dan bisa selalu ada di jalan-NYA).

Aku ora nduwe bebungah mewah lan larang kanggonmu neng Dina sing spesial Iki. Aku Ming bisa ndoangakaken sing paling becik kanggonmu. Muga-muga kok sanuli kejahatan lain sanuli ana jero lindungan-NYA. Terusan dadi pribadi sing luwih becik menegaskan lan dalanke kabeh apa sing dadi kongkon-NYA.

(Aku tidak punya hadiah mewah dan mahal untukmu di hari yang spesial ini. Aku hanya bisa mendoakan yang terbaik untukmu. Semoga kau selalu terjaga dan selalu ada dalam lindungan-NYA. Teruslah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan jalankan semua apa yang menjadi perintah-NYA).

Slamet Dina lahir sahabatku doaku sanuli jawani Kowe. Aku buat ora nduwe bebungah mewah ning aku nduwe doa sing sanuli kupanjatkan kanggonmu kebecikanmu. Muga-muga diumurmu saiki kowe bisa luwih dewasa kan bisa ngguna kanggonmu wong liya. Kabeh sing paling becik kanggomu kawan.

(Selamat hari lahir sahabatku, doaku selalu menyertaimu. Aku memang tidak punya hadiah mewah tetapi aku punya doa yang selalu kupanjatkan untuk kebaikanmu. Semoga diumurmu sekarang kamu bisa lebih dewasa dan bisa bermanfaat bagi orang lain. Semua yang terbaik untukmu kawan.

Alloh Subhanallah Wata’la ndawakne umurmu saprene mesti amarga siji tujuan. Alhamdulillah, neng dina sing istimewa Iki kuucapkan slamet balen taun. Muga-muga kowe bisa luwih becik maneh lan bisa sukses donya lan akhirat. Aja kali kanggo terus nggawe becik, dirndia, kapan kan marang siapapun.

(Allah Subhanallah Wata’la memanjangkan umurmu sampai sekarang pasti karena satu tujuan. Alhamdulillah, di hari yang istimewa ini kuucapkan selamat ulang tahun. Semoga kamu bisa lebih baik lagi dan bisa sukses dunia dan akhirat. Jangan lupa untuk terus berbuat baik, dimana pun, kapanpun dan kepada siapapun.

Ora ana kara tembung becik kejaba doa. Ngono uga karo dina iki ora ana kado becik kejaba doa. Barakallah, muga-muga apa sing kowe cita-citakan terwujud lan dadia pribadi sing becik saka jero lan njabane. Sukses terus kawan kang njgarepe. Aamiiin.

(Tidak ada kata-kata terindah selain doa. Begitu juga dengan hari ini tidak ada kado terindah selain doa. Barakallah, semoga apa yang kamu cita-citakan terwujud dan jadilah pribadi yang baik dari dalam dan luarnya. Sukses terus kawan untuk kedepannya. Aamiiin).

Sugeng tanggap warsa sahabatku, Mugi-mugi gusti ingkang kinasih nyembadani punopo ingkang dados gegayuhanipun, tansah paringan wilujeng.

(Selamat ulang tahun sahabatku, semoga Alloh Subhanahu Wata’ala mengabulkan apa yang jadi keinginanmu dan selalu memberikan kesehatan untukmu).

Sugeng ambal warsa. Mugi-mugi dadio pribading ingkang luwih becik lan diparingi panjang yuswa ingkang barokah. Mugi tansah pinaringan sehat lan diparingi keberkahan deneng gusti Alloh. Aamiiin.

(Selamat ulang tahun. semoga bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan diberikan panjang umur serta barokah. Semoga diberikan kesehatan dan diberikan keberkahan oleh Alloh Subhanahu Wata’ala. Aamiiin).

Sugeng tanggap warsa dumateng kancaku. Mugi gusti Alloh midangetaken pandonga kowe lan paringaken ketentraman ing uripmu. Mugi-mugi tansah pinaringan berkahing pangeran lan rezeki ingkang murwat.

(Selamat ulang tahun untuk sahabatku. Semoga Alloh Subhanahu Wata’ala mendengarkan dan mengabulkan doamu dan memberikan ketentraman dalam hidupmu. Semoga senantiasa diberikan berkah oleh Alloh dan rezeki yang mudah dan halal).

Kulo badhe ngaturaken sugeng tanggap warsa kagem anakku. Mugi-mugi Gusti Alloh kinasih saged nyembadani punopo ingkang dados gegayuhanipun. Mugi-mugi ditebihna ing sambekala lan diparingipun rahmatipun gusti Alloh. Aamiiiin.

(Saya ingin mengucapakan selamat ulang tahun untuk anakku. Semoga Alloh Subhanau Wata’ala mengabulkan apa yang menjadi doamu dan menjadi keinginanmu. Semoga dijauhkan dari mara bahaya dan di kasi rahmat oleh Alloh Subhanahu Wata’ala. Aamiiin.

Sugeng ambal warsa. Mugi-mugi sehat sejahtera dan sukses lahir batinnya. Mugi-mugi dipun pertemukaken kalih widadari kayangan kangge urip bareng. Mugio tansah bahagio mulyo.

(Selamat tambah umur. Semoga selalu sehat sejahtera dan sukses lahir dan batinnya. Semoga bisa dipertemukan dengan bidadadri kayangan untuk bisa menjadi pendamping hidup. Semoga bisa terus bahagia).

Berikut merupakan beberapa kalimat ucapan ulang tahun menggunakan bahasa jawa yang bisa anda ucapkan untuk keluarga, sahabat maupun saudara. Semoga dengan ucapan yang baik dan makna yang baik senantiasa mempererat hubungan kekeluargaan dan bermanfaat yang lain kedepannya.

Baca juga Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab

Makna Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa

Ucapan ultah bahasa jawa
titikdua.net

Ucapan ulang tahun bahasa jawa juga mempunyai tata krama atau unggah unggu dalam bahasa penyampaianya yang merupakan suatu hal penting untuk berbicara kepada orang yang lebih tua atau kepada orang yang dihormati dan hal seperti ini sudah menjadi adat istiadat bagi orang jawa.

Hal semacam ini merupakan salah satu bentuk sopan santun kita terhadap orang yang kita hormati, yang harus sama-sama kita lestarikan dimata nasional dan kanca internasional.

Nah sampai disini pastinya kalian sudah tahu cara dan contoh ucapan bahasa jawa yang baik dan benar. Kalian tidak perlu lagi ragu-ragu dalam mengucapkanya karena kalian sudah tahu unggah unggu basa atau tata aturan jawa yang santun dan sopan.

Baca juga Ucapan Ulang tahun untuk Sahabat

Penutup

ucapan ulang tahun
tokopedia.com

Mencintai dan mengamalkan bahasa daerah merupakan kewajiban sebagai kita masyarakat yang ada di dalamnya. Dimulai dari hal yang sederhana yaitu gunakan untuk mengucapkan kalimat ulang tahun. Jika anda sudah terbiasa menggunakannya maka akan banyak manfaat yang bisa anda dapatkan.

Ucapan ulang tahun yang penuh makna dan diucapkan secara tulus dan ikhlas, Insyaa Allah akan diijabah doanya oleh Allah Subahanahu Wata’ala. Kado terindah yang diinginkan pasti bukan hanya barang-barang yang mewah dan mahal tetapi juga hal yang sederhana tetapi akan dikabulkan dan akan mengalahkan semua apa yang dipunya.

Sekian, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagia anda yang sedang mencari referensi ucapan ulang tahun dengan bahasa jawa. Jangan lupa untuk terus menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekiar dan setiapharinya. Terimakasih.

Leave a Reply